Sukses

Lifestyle

Tingkatkan Literasi Digital Melalui Aplikasi yang Bermanfaat

Fimela.com, Jakarta Literasi memainkan peran penting dalam kehidupan manusia. Keterampilan ini membantu seseorang untuk dapat memahami, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan tepat. Menurut National Institute for Literacy, literasi merupakan kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga, dan masyarakat.

Kemajuan era digital yang begitu pesat memberikan berbagai dampak bagi kehidupan. Digitalisasi sangat terasa pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam era digital saat ini, literasi juga mencakup literasi digital. Dilansir dari laman learning.com, literasi digital mencakup keterampilan yang diperlukan untuk menggunakan teknologi secara aman, efektif, dan bertanggung jawab.

Ketika teknologi semakin menonjol dalam kehidupan sehari-hari, literasi digital menjadi semakin penting untuk dimasukkan sebagai keterampilan hidup mendasar yang diajarkan dalam pendidikan. Tidak hanya itu, inovasi teknologi juga mengubah cara pembelajaran di masyarakat. Dengan deminikian, saat ini diperlukan keterampilan yang berorientasi teknologi.

Manfaat Literasi Digital

Literasi digital telah membawa banyak manfaat dalam kehidupan. Literasi digital dapat menambah wawasan individu dari berbagai informasi yang dibaca, meningkatkan kemampuan individu untuk berpikir kritis, dan meningkatkan kemampuan verbal individu. Melansir dari berbagai sumber, berikut manfaat adanya literasi digital:

Mempermudah pekerjaan dan aktivitas sehari-hari

Dengan adanya literasi digital, dapat membantu seseorang untuk menemukan informasi yang dibutuhkan dengan lebih cepat. Kecepatan dalam menemukan informasi dengan memanfaat teknologi tersebut dapat menghemat waktu.

Selalu terhubung

Adanya jaringan internet dalam penggunaan aplikasi atau media sosial saat ini membuat manusia dapat selalu terhubung, baik terhadap penyebaran informasi atau pun hubungan dengan khalayak umum. Literasi digital membuat kita dapat terhubung dengan informasi kapan saja dan dimana saja.

Membuat keputusan yang lebih baik

Keberadaan literasi digital, mempermudah seseorang dalam mencari, mempelajari, menganalisis, dan membandingkan informasi yang didapatkan. Hal ini dapat membantu mempersiapkan keputusan yang lebih baik dari adanya proses menganalisis dan membandingkan informasi-informasi tersebut.

Rekomendasi Aplikasi Literasi Digital

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi untuk meningkatkan literasi digital:

Google Play Books

Aplikasi google books adalah layanan dari google inc yang menyediakan beberapa buku bacaan atau majalah yang bisa diakses secara gratis. Google books juga menyediakan buku elektronik atau buku audio dari berbagai genre yang sesuai dengan favorit. Mulai dari buku lokal, buku terjemahan, novel, buku resep, buku tentang gaya hidup dan lainnya dapat ditemukan di aplikasi ini.

iPusnas

iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam bacaan yang dapat dimanfaatkan untuk mengingkatkan literasi. Aplikasi ini juga dapat diakses si mana pun dan kapan pun secara gratis. Aplikasi iPusnas juga menyediakan fitur pencarian koleksi bahan pustaka, layanan peminjaman dan pengembalian koleksi bacaan secara daring.

Rumah Belajar

Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. aplikasi ini menyediakan konten pembelajaran berbasis audio, video, gambar, dan animasi yang disajikan secara interaktif dan gratis.

Duolingo

Duolingo merupakan aplikasi belajar online yang dapat diakses di IOS dan android. Melalui aplikasi ini seseorang dapat belajar bahasa asing tertentu yang diinginkan. Duolingo memiliki tampilan yang menarik dan dipenuhi gambar sehingga aktivitas belajar bahasa jadi lebih menyenangkan. Aplikasi ini juga bisa didapatkan secara gratis.

Wattpad

Pecinta novel pasti sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Wattpad menjadi salah satu aplikasi yang cukup populer di kalangan pecinta buku karena genrenya yang cukup lengkap. Selain membaca, Wattpad juga menyediakan fitur sebagai penulis, yang dapat mengasah kemampuan menulis melalui aplikasi ini.

Penulis: Maritza Samira

#BreakingBoundariesOktober

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading