Sukses

Lifestyle

Tips Mengolah Buah Agar Tidak Mudah Busuk

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara untuk memiliki tubuh yang sehat serta terhindar dari berbagai penyakit adalah dengan mengonsumsi buah yang baik dan segar. Beranekaragam buah juga sudah tersebar dan dijual baik di pasar maupun di supermarket. Tidak hanya itu, dengan perkembangan teknologi, buah juga tersedia dalam kemasan frozen

Sering kali kita menjumpai buah-buahan dengan tampilan yang bagus maupun yang sudah busuk. Tidak hanya itu packaging yang disesuaikan membuat kita bertanya-tanya, mengapa bisa buah-buahan menjadi busuk dalam keadaan masih disegel? Padahal tinggal disimpan di kulkas saja apa susahnya? 

Pemikiran sederhana tersebut ternyata tidak dapat menjadi patokan akan kesegaran buah. Ada tipe buah yang memang bisa disimpan di dalam kulkas dan ternyata ada juga buah yang tidak dapat disimpan di dalam kulkas atau harus diletakkan di suhu ruangan dan dijauhkan dari sinar matahari. Buah apa saja yang harus disimpan di dalam kulkas dan di luar? Serta bagaimana tips untuk mengolah buah agar tidak mudah busuk? Berikut informasi dari healthline dan the USA Today yang bisa kamu ikuti. 

Mengapa penting untuk menjaga kesegaran buah?

Dilansir melalui healthline, buah-buahan berperan penting dalam proses diet yang seimbang. Departemen Pertanian Amerika Serikat juga merekomendasikan untuk mengisi piring saji setidaknya 1 ½ hingga 2 cup buah-buahan setiap harinya. 

Akan tetapi, data yang ditemukan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat menemukan jika 19% buah-buahan di Amerika Serikat terbuang sia-sia karena cepat busuk. Maka dari itu perlu untuk tahu cara menyimpan buah-buahan dengan cara yang tepat. 

Mengonsumsi buah-buahan memang dapat mengurangi risiko terkena penyakit kesehatan termasuk tekanan darah tinggi, jantung, stroke, serta jenis kanker lainnya. Namun jika buah-buahan yang dikonsumsi tidak dalam keadaan yang segar dan bersih, buah-buahan juga bisa menjadi ‘ladang’ untuk berbagai penyakit seperti listeria, salmonella, bahkan bakteri lain. Rasa buah, tampilan buah, hingga tekstur buah juga bisa menjadi rusak jika tidak disimpan dengan baik. 

Cara mengolah buah yang baik agar tetap segar dan tidak mudah basi

Berikut adalah cara menyimpan buah beserta jenis buah yang dilansir melalui the USA Today:

  • Semangka, buah persik, dan alpukat sebaiknya disimpan dalam kulkas ketika sudah matang. Buah-buahan ini termasuk ke dalam climacteric fruit atau buah yang akan terus matang meskipun warnanya sudah berubah. Karena proses pematangan yang cepat inilah buah-buahan tersebut sebaiknya disimpan saja ke dalam kulkas.
  • Jika kamu ingin menyimpan buah pisang, sebaiknya kamu menyimpannya di tempat terpisah. Sebisa mungkin juga jauhkan buah pisang dari jangkauan sinar matahari. Jangan pernah menyimpan buah pisang di kulkas karena akan menyebabkan rasa buah menjadi pahit.
  • Buah-buahan membutuhkan ruang serta siklus udara agar tetap segar dalam waktu yang panjang. Buah-buahan seperti jeruk dan blueberry biasanya dikemas dalam kemasan yang sudah terjaga kesegarannya. Sedangkan untuk buah-buahan seperti anggur sebaiknya disimpan di tempat terpisah atau dalam sebuah tempat agar kesegarannya terjaga dan tidak mudah busuk.
  • Menyimpan buah-buahan di kulkas juga harus mengatur kelembapan di kulkas. Bagian pengatur kelembapan kulkas berfungsi untuk menjaga bahan makanan khususnya buah-buahan agar tetap segar.

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading