Sukses

Lifestyle

7 Faktor yang Membuat Orang Merasa Malas untuk Melakukan Sesuatu

Fimela.com, Jakarta Perasaan malas pasti pernah menyelimuti setiap orang dalam kehidupan. Jika dibiarkan, perasaan negatif ini bisa mengendalikan seseorang sehingga menghambat produktivitas. Bahkan, bisa berpengaruh pada segala dimensi kehidupan, melingkupi pekerjaan, hubungan, hingga aspek psikologis.

Akan ada saatnya di mana seseorang bisa merasakan malas mengerjakan sesuatu. Tentu saja hal ini merupakan sesuatu yang lazim dirasakan setiap manusia. Hanya diri sendiri yang bisa melawan perasaan tersebut supaya bisa bergerak dan melakukan progress sekecil apa pun. Namun, terkadang rasanya begitu sulit untuk bisa mengusir perasaan ini sehingga dibutuhkan waktu yang lama untuk mengumpulkan niat dan juga kemauan dari diri sendiri. 

Dalam menghadapi rasa malas, penting untuk mengetahui penyebab utama dari hadirnya rasa malas tersebut. Faktor penyebab yang membuat seseorang menjadi malas sebenarnya akan berbeda-beda, menurut beberapa sumber, berikut untuk beberapa contohnya.

1. Merasa Takut untuk Gagal

Seseorang sering kali merasa takut untuk mencoba sesuatu sehingga semakin lama mereka justru tidak melakukan apa-apa. Hal ini bisa mendorong pada perilaku penakut dan membuat kamu menjadi malas. Pada kenyataannya, kamu tidak perlu merasa khawatir untuk mencoba dan percayalah bahwa akan selalu ada kesempatan untuk bisa memperbaikinya. Berawal dari percobaan dan langkah kecil, kamu akan menikmati prosesnya dan bisa menghadapi rasa malas tersebut. 

2. Kurangnya Tidur

Penyebab rasa malas selanjutnya yang dirasakan banyak orang adalah kurangnya tidur. Kamu akan lebih mudah untuk merasa lelah jika tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Saat kamu kelelahan, otak bisa melambat sehingga membuat seseorang menjadi malas dan melewatkan tugas harian.

Pada dasarnya, tubuh juga memiliki jam yang memberi tahu kapan kamu akan merasa mengantuk. Oleh karena itu, segeralah untuk beristirahat dengan tidur lebih awal pada malam hari. Usahakan untuk tidur selama 7 hingga 9 jam dan ciptakan rutinitas sebelum tidur yang bisa membuatmu lebih pulas. Dengan begitu, kamu pun akan bangun lebih segar dan berenergi di pagi hari. 

3. Merasa Stres atau Kewalahan

Dengan banyaknya hal yang dipikirkan dalam satu waktu, tidak heran bahwa seseorang bisa merasa stres hingga kewalahan. Akibatnya, perasaan malas pun bisa muncul. Saat dihadapkan oleh banyak pilihan dan beban yang ditanggung, seseorang menjadi tidak termotivasi untuk mengambil keputusan yang benar. Maka, akan lebih baik jika kamu bisa menyederhanakan hidup dengan fokus pada salah satu hal yang paling penting.

Merasa stres juga bisa membuat tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Maka dari itu, penting untuk bisa merencanakan dengan baik untuk setiap prioritas dan pekerjaan sesuai dengan tenggat waktu yang dibutuhkan. 

4. Merasa Bosan dengan Rutinitas Saat Ini

Terjebak dalam rutinitas yang sama bisa membuat seseorang mulai merasa malas. Kegiatan yang monoton akan membuat kamu bisa merasa tidak tertarik untuk melakukannya. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencari cara  supaya bisa memadukan rutinitas yang membuat pikiran tetap aktif.

Cobalah mencari sesuatu yang baru setiap hari berdasarkan pada hal yang disukai, meskipun berupa sesuatu yang kecil. Perlahan, kamu pun bisa menghentikan kemalasan yang disebabkan karena kebosanan tersebut. 

5. Tidak Menantang Diri Sendiri

Munculnya rasa malas juga disebabkan karena tidak adanya kemauan untuk mendorong diri mencoba hal-hal baru atau menantang diri sendiri. Kamu bisa menantang diri secara teratur supaya kamu tetap termotivasi dan terlibat dalam hidup. Selain itu, kamu juga bisa untuk mengetahui apa yang harus dilakukan terlebih dahulu sehingga kemauan tersebut pun bisa terealisasikan dengan baik. 

6. Faktor Lingkungan Sekitar

Faktor dari luar yang dapat berpengaruh besar pada kemalasan yaitu lingkungan. Entah dari sikap orang lain atau dari suasana di sekitar yang begitu nyaman, kamu akan dengan mudah merasa malas dan tidak ingin melakukan banyak pekerjaan.

Saat seseorang tidak berminat untuk mengerjakan tugas mereka, kamu merasa bahwa kamu memiliki teman dengan perasaan yang sama. Nah, justru hal tersebut bisa memengaruhimu untuk melakukan perbuatan yang sama dan bisa terjebak dalam kemalasan tanpa henti. Untuk mencegahnya, kamu bisa menanamkan pikiran dari dalam sendiri untuk bisa segera menyelesaikan tugas dan cari tempat yang bisa memancingmu untuk bisa lebih produktif.

7. Distraksi

Scroll FYP Tiktok dan Instagram pasti tidak akan ada habisnya, selalu bisa membuat seseorang ketagihan hingga akhirnya mengabaikan pekerjaannya. Kebiaasaan buruk yang satu ini memang sangat sulit untuk dihilangkan, apalagi jika gadget sudah ada di tangan. Namun, jika dibiarkan, justru rasa malas tersebut tidak akan bisa berhenti. 

Distraksi menjadi faktor utama seseorang menunda-nunda. Teknologi di zaman kini telah berhasil mengalihkan perhatian untuk mengerjakan sesuatu yang penting. Jika kamu tidak bisa mengendalikan diri, maka teknologi seakan-akan bisa mengendalikanmu. Godaan seperti ini tentunya harus diatasi dengan pembatasan penggunaan dari diri sendiri supaya kamu tidak terus menerus tenggelam dalam kemalasan.

Beberapa faktor tersebut bisa menjadi penyebab yang membuat kamu merasa malas. Jika Sahabat Fimela sudah mengetahui penyebabnya, akan lebih mudah untuk bisa menghadapinya. Dari hal-hal kecil, hanya kamu yang bisa melawan rasa malasmu untuk hidup yang lebih berkualitas, kreatif, dan juga produktif. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading