Sukses

Lifestyle

Tips Berikut Ini Atasi Bau Kain Lap Agar Lebih Wangi Dan Bersih

Fimela.com, Jakarta Kain lap menjadi barang yang harus dijaga serta sering dibersihkan karena memang memudahkan serta membantu untuk menjaga kebersihan ruangan-ruangan. Kain lap sendiri juga beragam dan mudah didapatkan. Salah satunya adalah tea towel dan kain mikrofiber. Ternyata kedua kain tersebut berbeda dan tidaklah sama. 

Kedua kain tersebut sering menjadi rekomendasi untuk membersihkan noda-noda membandel. Biasanya memang digunakan di dapur sebab dapur penuh dengan bekas-bekas masak mulai dari minyak hingga bumbu tertentu. 

Tapi apa kamu tahu cara untuk membersihkan kain mikrofiber dan tea towel? Bagaimana cara untuk mencuci, mengeringkan, hingga mengangkat kotoran dan bakteri membandel di kain-kain tersebut. Informasi dan tips dari cleanipedia ini bisa membantumu, simak informasinya di bawah ini. 

Cara mencuci kain lap Tea towel

Mudahnya membersihkan kain Tea Towel bisa dengan menggunakan mesin cuci. Kamu bisa mengatur mesin cuci pada putaran yang rendah. Tidak perlu khawatir sebab kain berbahan linen sangatlah kuat sehingga kamu tidak perlu untuk mencucinya dengan tangan (Kecuali jika kamu benar-benar ingin mencucinya dengan tangan).

Bagaimana dengan pengaturan suhunya? Jawabannya adalah tergantung pada bagaimana kamu ingin mencuci. Jika kamu ingin mencuci secara biasa saja kamu bisa mencuci dengan putaran biasa. Adapun jika kamu ingin menggunakan cara efektif seperti deterjen untuk menghilangkan segala jenis noda dan kotoran, temperatur tinggi sangatlah disarankan. Secara standar, dengan mengatur suhu pencucian yang normal saja juga sudah efektif untuk membunuh kotoran pada kain lap. Akan tetapi juga kamu ingin mencucinya secara deep clean, suhu minimum adalah 60 derajat, kemudian tambahkan produk bleach based untuk membunuh kuman lebih efektif. Biasanya produk ini mudah ditemukan pada deterjen yang berbahan bacteria disinfected.

Alternatifnya, kamu bisa gunakan deterjen biasa dan tambahkan ¾ klorin cair. Gunanya klorin di sini juga berperan sebagai disinfektan yang dapat membunuh kuman dalam bakteri, ke dalam washer pada cucian kemudian cuci seperti biasanya. Mengeringkan lap bisa dilakukan dengan dryer namun jangan begitu panas dan kencang sebab akan memudahkan lap untuk rusak, bahkan meleleh. Tidak hanya itu, terlalu sering menjemur lap juga dapat membuat tekstur kalin lap menjadi kasar serta membutuhkan waktu pengeringan yang lama. Namun kamu tidak perlu khawatir sebab tea towel berukuran kecil dan ringan sehingga mudah untuk dikeringkan.

 

Cara membersihkan kain lap dari mikrofiber agar tidak bau dan wangi

Membersihkan kain berbahan mikrofiber layaknya sebuah magnet sebab kain mikrofiber memang berbahan kain sintetis yang dapat mempermudah bakteri serta kotoran. Untuk mencuci kain ini juga sangatlah mudah asal memahami 3 aspek penting berikut yaitu: 

  • Tidak boleh menggunakan air panas
  • Tidak boleh menggunakan pelembut pakaian
  • Tidak boleh menggunakan deterjen cair 

1) Mencuci kain mikrofiber dengan mesin cuci

Dengan mesin cuci Sebenarnya mencuci kain mikrofaber sendiri lebih baik dicuci dengan memisahkan dari bahan-bahan kain tertentu terutama bahan non-linting synthetic seperti kain yang digunakan untuk sprei tempat tidur. Namun jika kamu ingin mencucinya dengan mesin cuci usahakan untuk mengatur mesin cuci ke kecepatan normal, cuci dengan air dingin atau hangat dan tidak perlu menggunakan deterjen. Setelah selesai, kamu bisa mengeringkannya dengan cara dijemur atau menggunakan pengering berkecepatan rendah.

2) Mencuci kain mikrofiber dengan tangan 

Mencuci lap berbahan mikrofiber dengan tangan merupakan metode membersihkan kain lap yang simpel karena kamu hanya butuh merendam kain kotor ke dalam air saja. Setelah merendam kain ke dalam air dingin atau hangat, gunakan tangan untuk mengucek kain agar kotoran hilang. Kamu juga bisa tambahkan deterjen bubuk sedikit untuk hasil bersih yang optimal. Setelah itu peras hingga sisa air sedikit dan keringkan.

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading