Sukses

Lifestyle

5 Alasan Umum Kenapa Tubuh Mudah Lelah dan Kehilangan Semangat

Fimela.com, Jakarta Ketika tubuh merasa lelah dan semangat menurun, ini bisa menjadi tanda bahwa kamu sedang dalam kondisi yang tidak baik-baik saja. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi kesehatan fisik dan mental kita sehingga ini membuat kita rentan lelah. 

Mengutip dari laman healthline.com, tubuh yang mudah lelah dan perasaan yang mudah kehilangan semangat, tak hanya disebabkan oleh nutrisi tubuh yang kurang tepat. Ini juga bisa disebabkan oleh berbagai hal lainnya. Termasuk kurang tidur, kondisi kesehatan yang bermasalah hingga kondisi psikis yang kurang optimal. Berikut beberapa alasan kenapa tubuh mudah lelah dan kehilangan semangat Sahabat Fimela.

Kurang Tidur dan Gangguan Tidur

Kurang tidur adalah salah satu penyebab utama kelelahan dan penurunan semangat. Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup istirahat yang dibutuhkan, itu bisa mengganggu berbagai fungsi biologis, termasuk metabolisme, konsentrasi, dan sistem kekebalan tubuh. Gangguan tidur seperti insomnia, sleep apnea, atau tidur yang tidak berkualitas juga akan menyebabkan kelelahan kronis.

Pastikan untuk tidur yang cukup dengan menjaga jadwal tidur yang teratur, menciptakan lingkungan tidur yang nyaman, dan menghindari stimulan seperti kafein atau elektronik sebelum tidur. Jika kamu memiliki masalah tidur serius, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan ahlinya. 

Kurangnya Aktivitas Fisik

Ketika kita merasa lelah dan kurang semangat, seringkali salah satu solusinya adalah meningkatkan aktivitas fisik. Tubuh kita memerlukan gerakan untuk menjaga energi dan meningkatkan sirkulasi darah. Kurangnya aktivitas fisik bisa menyebabkan penumpukan kelelahan dan penurunan semangat. Kurangnya aktivitas fisik juga berisiko meningkatkan beragam masalah kesehatan termasuk jantung, stroke, naiknya kadar kolesterol dan obesitas.

Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat, termasuk pola makan yang buruk, konsumsi alkohol yang berlebihan, merokok, dan kebiasaan buruk lainnya, akan merusak kesehatan fisik dan mental kita. Hal ini bisa menyebabkan kelelahan. Ini juga bisa menghilangkan semangat dalam diri meski kita telah berusaha keras untuk lebih bersemangat.

Stres dan Tekanan Emosional

Stres dan tekanan emosional yang berlebihan bisa menguras energi kita dan menyebabkan kelelahan fisik pun mental. Ketika kita terlalu banyak memikirkan masalah atau merasa tertekan, tubuh melepaskan hormon stres seperti kortisol yang akan mengganggu keseimbangan fisik dan mental. Stres yang terlalu berat juga menimbulkan kelelahan kronis meski kita sudah punya istirahat cukup setiap harinya. 

Penyakit atau Kondisi Kesehatan

Beberapa penyakit atau kondisi kesehatan tertentu, seperti anemia, diabetes, hipotiroidisme, atau infeksi, bisa menyebabkan kelelahan kronis. Jika kamu merasa mudah lelah tanpa alasan yang jelas, konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut kondisi kesehatanmu. Apalagi, jika selama ini kamu telah memiliki istirahat cukup, menjaga pola hidup sehat dan mengelola stres dengan cukup baik. 

Mudah lelah dan penurunan semangat bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor ini baik fisik maupun mental. Mengidentifikasi akar penyebabnya adalah langkah pertama dalam mengatasi masalah ini. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading