Sukses

Lifestyle

7 Hal yang Membuat Seseorang Suka Terburu-Buru Mengerjakan Sesuatu

Fimela.com, Jakarta Kalau kamu tipe yang mana nih Sahabat Fimela, tipe pribadi yang mengerjakan sesuatu secara terencana dan di waktu yang panjang, atau tim yang mengerjakan sesuatu secara terburu-buru bahkan sering bekerja dengan sistem kebut semalam? Setiap orang pada dasarnya memiliki karakter masing-masing dalam mengerjakan segala sesuatu hal. Ada orang-orang yang sangat terencana dengan baik, ada pula yang suka terburu-buru.

Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan tugas bisa menjadi kualitas yang baik, tetapi terburu-buru yang berlebihan dalam menjalani hidup pun mengerjakan sesuatu juga bisa menjadi sumber stres. Meski begitu, rupanya masih ada banyak orang yang bekerja dengan sistem kebut semalam, mengerjakan segala sesuatu secara terburu-buru dan tanpa rencana yang jelas. Tapi kenapa mereka melakukannya?

Ada beberapa alasan kuat kenapa seseorang suka terburu-buru dalam mengerjakan sesuatu. Adapun alasan tersebut antara lain sebagai berikut:

Tekanan Waktu

Salah satu alasan utama seseorang mungkin terburu-buru adalah karena adanya tekanan waktu. Mereka memiliki tenggat waktu yang ketat untuk menyelesaikan tugas tertentu, sehingga merasa perlu untuk bekerja cepat agar tidak terlambat. Tekanan waktu dari pekerjaan, pendidikan, atau tanggung jawab lainnya bisa membuat seseorang terburu-buru. Sikap malas yang seharusnya pekerjaan dikerjakan sejak lama tapi malah dikerjakan mepet waktu, ini juga rentan bikin seseorang suka terburu-buru.

Tuntutan dan Harapan Eksternal

Seringkali, tuntutan dan harapan dari pihak lain, seperti atasan, keluarga, atau teman, bisa memaksa seseorang untuk terburu-buru. Mereka akan merasa perlu untuk memenuhi ekspektasi orang lain dan merasa terus mendorong diri mereka sendiri untuk mencapai hasil secepat mungkin. Bahkan mereka lupa jika kerja cepat tak lantas membuat pekerjaannya maksimal. 

Perasaan Kewajiban

Ada tanggung jawab atau kewajiban yang terkadang bisa mendorong seseorang untuk terburu-buru. Orang-orang ini merasa memiliki tanggung jawab yang besar terhadap keluarga, pekerjaan, atau organisasi tertentu, sehingga berusaha menyelesaikan semuanya dengan cepat adalah hal yang harus dilakukannya.

Rasa Takut Gagal

Sebagian orang merasa terburu-buru karena takut gagal. Mereka bisa jadi merasa khawatir bahwa jika mereka tidak segera menyelesaikan sesuatu, mereka akan menghadapi konsekuensi yang lebih buruk atau kegagalan. Rasa takut ini bisa memicu keinginan untuk menyelesaikan tugas dengan cepat dan terkadang kelewat terburu-buru.

Dorongan dari Dalam Diri

Beberapa orang secara alami memiliki kepribadian yang cenderung terburu-buru. Mereka mungkin memiliki energi yang tinggi dan sulit untuk diam. Dorongan kepribadian erat kaitannya dengan keinginan kuat dari dalam diri sendiri. Ini bisa mendorong seseorang untuk bergerak cepat dalam segala hal yang mereka lakukan.

Tidak Sabaran

Beberapa orang memiliki sikap tidak sabaram. Ketidak sabaran ini sering membuat seseorang terburu-buru. Secara umum, mereka ingin segera melihat hasil dari usaha mereka dan tidak sabar menunggu. Ketidak sabaran ini akan mendorong mereka untuk mengambil jalan pintas dan bergerak lebih cepat.

Ambisi untuk Sukses

Hasrat untuk mencapai kesuksesan atau mencapai tujuan tertentu bisa membuat seseorang terburu-buru. Ambisi yang kuat dalam diri, akan membuat seseorang rentan menyelesaikan segala sesuatu secara terburu-buru dan tak terencana sama sekali. Yang terpenting baginya, ia harus berhasil apapun caranya. 

Terlepas dari alasan seseorang suka terburu-buru, penting untuk diingat bahwa kecepatan tidak selalu merupakan kualitas yang baik. Terlalu banyak terburu-buru justru bisa menyebabkan stres, mengorbankan kualitas pekerjaan, dan mengganggu keseimbangan dalam hidup. Buatmu yang suka terburu-buru, yuk bersikap lebih bijaksana lagi. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua bisa memanfaatkan waktu sebaik pun senyaman mungkin. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading