Sukses

Lifestyle

7 Cara untuk Memiliki Sikap Tenang Meski Sedang Banyak Tekanan

Fimela.com, Jakarta Hiruk pikuk kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari tekanan dan stres. Meskipun kamu menikmati pekerjaanmu, ada saatnya pekerjaan akan terasa berat. Belum lagi dengan hal-hal di luar kendali yang sering datang secara tiba-tiba. Namun, apabila kamu sudah memiliki strategi tersendiri untuk tetap bisa bersikap tenang, kamu akan tetap merasa fokus pada tujuan bahkan di hari-hari yang terduga dan penuh tekanan. 

Tetap bersikap tenang bisa membuat kamu menjadi lebih optimis dan tetap berpikiran positif. Kamu juga akan bisa mengembangkan kebiasaan yang baik untuk melihat sisi positif dari berbagai hal. Selain itu, kamu juga bisa mengendalikan dan mengelola emosi dengan lebih baik. 

Sahabat Fimela ingin mencoba untuk tetap bersikap tenang walaupun mengalami banyak tekanan? Melansir dari situs indeed dan life hack, ikuti cara-cara di bawah ini, yuk!

1. Terapkan Kebiasaan Sehat

Meredakan tingkat stres dapat dilakukan dengan cara menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Meskipun beberapa kebiasaan terasa sederhana dilakukan, masih banyak orang sering kali tidak menerapkannya secara teratur dan konsisten. Misalnya dengan beristirahat yang cukup, kamu akan memiliki energi tambahan untuk mengerjakan tugas-tugas yang lebih menantang. Demikian juga dengan makan makanan sehat sepanjang hari, maka kamu akan memperoleh stamina untuk menyelesaikan beberapa tugas. 

Menyisihkan sedikit waktu untuk berolahraga juga bisa membantumu untuk lebih tenang dan dapat mengendalikan stres. Hal ini disebabkan karena tubuh dapat melepaskan endorfin yang dapat meningkatkan perasaan positif. 

2. Tetap Berpikir Positif

Saat kamu memiliki sikap negatif terhadap tantangan yang sedang dihadapi, justru kamu akan merasa semakin kewalahan. Maka dari itu, lihatlah tantangan sebagai peluang untuk belajar dan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan. Melalui rasa percaya diri yang kamu miliki, kamu pun bisa memiliki sikap tenang untuk menghadapi segala situasi. 

3. Atur Prioritasmu

Setiap pagi, kamu bisa merencanakan tugas-tugas dengan menentukan mana yang memiliki prioritas tertingi. Jika kamu sudah bersikap realistis terhadap apa saja yang kamu kerjakan selama satu hari, kamu akan merasa terpacu untuk menyelesaikannya.

Mengatur prioritas ini juga bisa memberikan kesempatan untukmu agar bisa lebih produktif. Saat pekerjaan sudah terorganisir dengan baik, kamu bisa bersikap lebih tenang dan menyelesaikannya sesuai tenggat waktu yang ditentukan. 

4. Lakukan Aktivitas yang Bisa Menjernihkan Pikiran

Lagi-lagi kamu harus bisa mengatur waktu untuk diri sendiri. Hanya dengan cara tersebut kamu bisa memberikan ruang untuk menenangkan diri. Kamu bisa bersantai sejenak dan membantu mengarahkan kembali pikiran dengan melihat segala sesuatunya menjadi lebih jernih. 

Lakukan aktivitas yang bisa mengalihkan pikiran dari situasi yang membuatmu bekerja begitu keras. Seperti dengan berjalan-jalan, membaca buku, atau menonton film favorit. Apabila kamu sudah meluangkan waktu untuk menyegarkan pikiran, kamu akan mudah memecahkan masalah dengan sikap yang tenang. 

5. Tetap Berfokus di Masa Sekarang

Memikirkan hal-hal yang belum terjadi akan membuatmu semakin kewalahan dan merasa tertekan. Hindari untuk mengkhawatirkan banyak hal dan fokus pada sesuatu yang tengah dikerjakan sekarang.  Oleh karena itu, penting untuk menyadari proses di saat ini supaya kamu dapat memiliki sikap yang tenang.

Daripada mencoba melakukan banyak tugas dalam satu waktu, arahkan perhatianmu hanya pada satu tugas saja. Saat kamu sudah menjalaninya dengan pola pikir tersebut, kamu pun bisa lebih mudah selesai karena fokus dan konsentrasimu telah meningkat. 

 

6. Proses Segala Emosi yang Kamu Rasakan

Seseorang tidak bisa dengan mudah bersikap tenang dalam waktu yang cepat. Maka, kamu pun harus membiarkan diri sendiri untuk memproses apa yang dirasakan. Alih-alih mengabaikan tingkat stres, kamu dapat merenungkan kembali penyebab utama kenapa kamu merasakan stres tersebut. 

Saat kamu sudah bisa merefleksikan situasi dan emosi, kamu pun dapat menemukan solusi. Dari waktu ke waktu, kamu akan memiliki sikap yang tenang karena telah berdamai dengan emosi yang telah dikeluarkan secara penuh. 

7. Berlatih Pernapasan Dalam

Ketika pikiranmu sudah memikirkan banyak hal negatif dan jantungmu sudah berdebar penuh cepas, maka sudah saatnya untukmu menjauh sejenak dan bernapas. Kamu bisa mencari tempat yang tenang untuk memejamkan mata dan berfokus pada pernapasan secara perlahan-lahan. Hanya butuh beberapa menit saja untuk melakukannya, tetapi kamu bisa mengatur ulang pikiran dan menjadi lebih tenang. 

 

Sikap yang tenang tidak didapatkan dalam waktu yang singkat, tetapi tetap membutuhkan proses. Kamu perlu untuk beradaptasi dengan tekanan tersebut dan membuat strategi yang mengandalkan pada peran pikiran dan kesehatan tubuh. Semoga Sahabat Fimela bisa memiliki sikap yang tenang dalam menjalani hidup yang penuh kejutan ini, ya! Tidak apa-apa untuk berhenti sejenak dan renungkan pikiran karena setiap manusia pasti memiliki situasi dan tekanan yang berbeda-beda. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading