Sukses

Lifestyle

5 Tanda Seseorang Sering Iri dan Dengki Atas Kesuksesan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Rasa iri dan dengki adalah emosi yang alami. Disadari atau tidak, ini seringkali muncul dalam hidup manusia. Meski sering muncul dan umum terjadi, perasaan iri dan dengki yang tidak dikelola dengan baik, bisa mengganggu kebahagiaan seseorang. Ini juga bisa merusak hubungan sosial antara seseorang dengan lainnya. 

Saat merasa iri dan dengki, banyak orang mungkin tidak menyadarinya. Walau jarang disadari, kita akan tahu ketika seseorang suka iri dan dengki kepada orang lain. Kita juga bisa melihat pun merasakan perasaan tersebut dengan mudahnya. Berikut adalah beberapa tanda jika seseorang suka iri dan dengki atas kesuksesan atau kebahagiaan orang lain. 

Membanding-Bandingkan

Salah satu tanda paling jelas bahwa seseorang cenderung merasa iri adalah kebiasaan untuk selalu membandingkan-membandingkan. Baik membandingkan diri dengan orang lain atau orang lain dengan yang lainnya. 

Orang yang rentan merasa iri, kerap merasa tidak cukup atau kurang berharga jika orang lain lebih sukses, beruntung, atau bahagia daripadanya. Seseorang yang kerap merasa iri dan dengki juga rentan mengalami perasaan rendah diri. Hanya saja, mereka menyembunyikan perasaan tersebut dengan mencoba menjelekkan atau merendahkan orang lain.

Tidak Puas dengan Diri Sendiri

Seseorang yang sering merasa iri dan dengki, cenderung selalu merasa tidak puas dengan apa yang mereka miliki. Mereka sering merasa bahwa apa yang mereka punya tidak sebanding dengan apa yang dimiliki orang lain. Hal ini kemudian membuatnya rentan berperilaku konsumtif. Mereka juga cenderung terobsesi untuk mendapatkan lebih banyak barang atau prestasi, bahkan dengan cara yang salah untuk mengatasi kepuasan tersebut.

Berpikir dan Berperilaku Negatif

Ketika seseorang kerap berpikir dan berperilaku negatif terutama atas kebahagiaan orang lain, ini menandakan bahwa ia suka merasa iri pun dengki. Studi menunjukkan jika orang-orang yang suka iri dengki, cenderung berperilaku negatif terhadap orang lain. 

Perilaku ini bisa berupa sikap memfitnah, cacian, penyebaran gossip hingga pendapat buruk terhadap orang yang dirasa lebih sukses pun bahagia darinya. Akibat perilaku ini, tidak sedikit orang yang memiliki hubungan sosial buruk antara satu dengan lainnya.

Sulit Bahagia

Orang yang merasa iri seringkali kesulitan merasa bahagia. Dia tidak bisa menikmati apa yang dimilikinya. Dia juga kurang bisa mensyukuri segala hal dalam hidupnya. Orang-orang ini cenderung kecewa justru ketika melihat orang lain lebih sukses, bahagia dan tentram hidupnya.  

Mereka bisa jadi merasa bahwa kesuksesan atau kebahagiaan orang lain adalah ancaman dan petaka. Sehingga, sulit bagi mereka untuk memberikan dukungan dan perayaan yang tulus atau pun ikut serta dalam kebahagiaan orang lain tersebut. 

Kecemasan dan Kesulitan Menerima Kritik

Seseorang yang merasa iri dan dengki mungkin mengalami perasaan ketakutan dan kecemasan yang mendalam. Mereka khawatir akan kehilangan apa yang mereka miliki atau merasa terancam oleh orang lain. Karena kecemasan ini, tentunya akan sangat mengganggu kesejahteraan emosional dan fisik mereka.

Selain itu, orang yang suka iri dengki juga rentan kesulitan menerima kritik atau umpan balik negatif dari orang lain. Mereka merasa terlalu sensitif terhadap kritik karena takut bahwa itu adalah tanda bahwa mereka tidak sebaik orang lain.

Itulah sekian tanda seseorang yang sering iri dengki atas kesuksesan orang lain. Penting untuk diingat bahwa merasa iri dan dengki adalah perasaan alami yang dapat dialami oleh siapa saja. Namun, penting untuk mengenali tanda-tanda ini dan bekerja untuk mengelola emosi ini dengan cara yang sehat. Merasa iri dengki tak akan membuat siapapun bahagia. Yang ada, ini justru rentan bikin depresi dan emosi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading