Sukses

Lifestyle

7 Ciri Seseorang yang Hatinya Sering Merasa Iri dan Dengki

Fimela.com, Jakarta Iri dan dengki adalah dua emosi yang seringkali manusia rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun perasaan ini adalah bagian normal dari spektrum emosi, beberapa orang mungkin lebih cenderung merasakannya daripada yang lain. 

Saat hati seseorang diselimuti perasaan iri dan dengki, ada beberapa ciri yang bisa dilihat darinya. Ciri ini akan terlihat dari sikap pun karakternya sehari-hari terutama saat bersama orang lain. Apa saja kiranya ciri tersebut? Yuk simak yang berikut.

Suka Membandingkan

Seseorang yang sering merasa iri dan dengki akan sering membandingkan diri mereka dengan orang lain. Mereka selalu merasa perlu untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal. Orang-orang ini merasa tidak nyaman ketika ada orang lain yang lebih sukses atau berprestasi darinya. Saat berbincang dengan orang lain, dia akan senantiasa membandingkan atau setidaknya mengeluh bahwa ia tak lebih baik dari orang lain. Atau bisa juga ia bersikap seolah paling baik di antara orang lainnya. 

Enggan Mengakui Kesuksesan Orang Lain

Orang yang cenderung iri dan dengki mungkin kesulitan untuk mengakui atau memberikan pujian kepada orang lain yang sukses. Mereka justru cenderung kecewa, marah atau menjelekkan orang yang lebih sukses darinya. Orang-orang ini cukup enggan untuk mengucapkan selamat kepada orang lain atas kebahagiaan mereka. Beberapa dari orang ini bahkan akan mencari cara untuk meremehkan pencapaian tersebut.

Perilaku Kompetitif yang Berlebihan

Seseorang yang merasa iri dan dengki cenderung bersifat sangat kompetitif dalam segala hal. Mereka selalu ingin mengungguli orang lain, bahkan dalam hal-hal sepele. Mereka akan melakukan segala cara untuk menjadi yang terbaik, bahkan jika itu berarti menjatuhkan orang lain. Mereka juga suka melebih-lebihkan segala hal dalam dirinya. Intinya, mereka tak mau kalah dari orang lain. 

Sering Mengeluh dan Merasa Tidak Puas

Orang yang iri dan dengki seringkali merasa tidak puas dengan hidup mereka sendiri. Mereka sering mengeluh tentang apa yang mereka miliki. Mereka merasa bahwa hidupnya tidak lebih baik, tidak cukup dan tidak bahagia. Bahkan ketika hidup mereka tampak sempurna di mata orang lain. 

Suka Mencari Kelemahan Orang Lain

Seseorang yang merasa iri dan dengki cenderung suka mencari kelemahan dan kekurangan orang lain. Mereka akan mencari-cari alasan untuk meremehkan atau menjatuhkan orang lain. Mereka melakukan ini agar dirinya dikenal jauh lebih baik dan lebih kuat. 

Suka Bergosip

Orang yang cenderung iri dan dengki cenderung suka terlibat dalam gosip dan tindakan memfitnah terhadap orang lain. Mereka tak jarang akan berusaha merusak reputasi orang lain dengan gosip yang diedarkannya. Hal ini dilakukannya agar mereka merasa lebih baik di mata orang lain.

Tidak Mau Menerima Kritik

Orang yang suka iri dengki, biasanya sulit menerima kritik. Mereka merasa bahwa kritik adalah upaya untuk menjatuhkan mereka. Mereka juga tidak suka menerima nasehat atau pengingat yang baik bahkan dari orang terdekatnya sekalipun. Adanya kritik, akan membuatnya memutus hubungan. Mereka juga rentan marah, kecewa dan menjelekkan orang lain yang berusaha manasehatinya. 

Itulah sekian ciri orang yang hatinhya suka iri dan dengki terhadap orang lain. Seperti yang kita tahu, Iri dan dengki adalah emosi alami. Namun, ketika seseorang merasakannya secara berlebihan, itu dapat berdampak negatif pada hubungan dan kesejahteraan mereka sendiri. 

Sangat oenting untuk diingat bahwa kebijaksanaan, empati, dan komunikasi yang jujur akan membantu orang mengatasi perasaan iri dan dengki dalam dirinya. Saat perasaan ini diatasi, ini akan membuat mereka merasa lebih damai, bahagia dan bersyukur atas hidupnya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading