Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatasi Kesepian saat Semakin Bertumbuh Dewasa

Fimela.com, Jakarta Kesepian sudah menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari setiap kehidupan manusia. Semua orang pasti pernah merasakannya. Terlebih lagi, ketika memasuki usia dewasa. Pada kenyataannya, butuh proses dalam waktu yang lama untuk bisa menyesuaikan diri dengan keadaan yang sebenarnya. Mengatasi kesendirian bukan perkara yang mudah, tetapi percayalah bahwa kamu bisa menemukan caramu sendiri untuk keluar dari kondisi tersebut. 

Di suatu waktu, perasaan tertekan secara emosional dan kesendirian memang bisa datang begitu saja secara tiba-tiba. Akan ada fase di mana seseorang bisa merasakan kesepian bahkan tanpa adanya alasan yang pasti. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya supaya kamu tidak berlarut-larut terbawa dengan rasa sepi? Diketahui dari situs Mind, simak cara-cara mengatasi kesepian yang bisa kamu coba di bawah ini: 

1. Ketahui Cara yang Bisa Membuatmu Merasa Nyaman

Punya banyak teman bukan berarti seseorang tidak akan merasa kesepian, lho. Bahkan, saat sendirian atau di tengah keramaian pun, setiap orang juga bisa mengalami kondisi ini. 

Menyibukkan diri bisa menjadi cara yang ampuh untuk keluar dari rasa sepi. Sebagai awalan, pastinya kamu perlu untuk memperbaiki hubungan dengan diri sendiri terlebih dahulu. Pikirkan sesuatu yang kamu sukai dan membuatmu merasa terhanyut dalam aktivitas tersebut. 

Contohnya saja dengan berjalan-jalan, membuat kerajinan tangan, atau memasak makanan. Cara sederhana seperti menonton film atau membereskan rumah pun bisa menjadi pilihan. Tidak masalah jika ingin mencoba banyak kegiatan supaya kamu bisa menemukan salah satu yang bisa membuatmu merasa nyaman. 

2. Lakukan secara Perlahan dan Tidak Perlu Tergesa-gesa

Tidak semua orang bisa dengan cepat berdamai dengan kesepian. Jika kamu membutuhkan waktu yang lama, lakukan secara pelan-pelan sampai kamu bisa melupakannya. Mungkin akan terasa berat apabila mulai membuka diri pada orang lain, tetapi kamu tidak perlu untuk buru-buru melakukannya. 

Sahabat Fimela bisa memulai dengan obrolan kecil dan tidak langsung mengutarakan apa yang dirasakan. Saat sudah menemukan waktu yang tepat, kamu bisa kembali menjalin koneksi untuk terhubung dengan orang lain. Dengan merasakan kehadiran orang lain, kamu bisa mengatasi perasaan kesepian. 

3. Bertemu dengan Kerabat dan Terlibat dalam Komunitas

Langkah lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan bertemu kerabat terdekat. Hanya dengan bertemu, kamu bisa sejenak merasa tenang dan mengatasi rasa kesepian. Di masa sekarang, menjalin koneksi dengan orang lain pun dapat dilakukan secara luas dan tidak terbatas.

Berkomunikasi dengan orang asing sekali pun juga bisa membantu dalam memerangi rasa kesepian tersebut. Kamu bisa memperluas jaringan dengan mengikuti komunitas yang sesuai dengan minatmu atau berbicara dengan orang lain di sosial media. Apalagi, sudah begitu banyak hiburan yang bisa kamu dapatkan dengan mengakses sosial media. 

4. Bepergian ke Luar

Terjebak dalam rutinitas yang terbatas juga bisa menyebabkan kesepian hadir dalam kehidupan. Dengan meluangkan waktu untuk menghabiskan waktu di luar rumah, suasana hatimu akan membaik. Ditambah lagi, kamu bisa membuat dokumentasi dan ciptakan momen sederhana yang berkesan. 

Hanya sekadar berjalan-jalan di sekitar lingkunganmu pun bisa membuatmu merasa tidak benar-benar sendiri. Menghabiskan waktu di tempat umum, melihat orang-orang yang berlalu lalang, atau mengeksplor tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi bisa menyajikan pengalaman baru dalam rangka mengatasi rasa kesepian. 

5. Buat Perubahan Kecil dalam Kehidupan Sehari-hari

Kesepian akan berpengaruh pada kesehatan mental. Kamu pun harus membuat perubahan dalam kehidupan agar tidak terjebak dalam rasa kesepian. Untuk meningkatkan kesejahteraan kesehatan mental, kamu bisa menciptakan kebiasaan baru seperti melakukan aktivitas fisik secara rutin dan terjadwal.

Memelihara hewan pun bisa menjadi solusi agar kamu memiliki teman untuk menjalani hari-hari. Sering kali, hanya melihat tingkah hewan peliharaan dan merawatnya dengan penuh kasih pun membuatmu bisa merasa terhibur dan tidak lagi merasa kesepian.  

Kesepian akan dirasakan hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Melalui strategi yang tepat dari diri sendiri, kamu pun bisa mengatasinya. Namun, jika sudah terasa berat dan kamu sudah merasa kewalahan, akan lebih baik untuk berkonsultasi pada ahlinya supaya kondisi ini tidak semakin memburuk. Dengan melawan kesepian, kamu bisa melangkah dan menjalani kehidupan dengan penuh kebahagiaan.  

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading