Sukses

Lifestyle

9 Alasan Seseorang Merasa Kesepian, Mulai dari Rasa Takut hingga Tak Memahami Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Kesepian adalah salah satu jenis emosi dan perasaan yang paling umum dirasakan oleh manusia sebagai makhluk sosial. Rasa sepi atau kesepian biasanya muncul saat seseorang baru saja mengalami perpisahan dengan orang yang mereka kenal atau cintai. Tetapi, rasa sepi dan kesepian juga sering muncul secara tiba-tiba dan tanpa alasan hingga membuat kita merasa bingung dengan diri kita sendiri.

Padahal kenyataannya, berbagai emosi dan perasaan manusia adalah respon terhadap berbagai hal yang kita alami sebagai makhluk hidup. Jadi, akan selalu ada alasan dan penyebab rasa sepi dan kesepian itu muncul. Perasaan ini tentu membuatmu merasa tidak nyaman.

Berikut adalah 9 penyebab yang mungkin menjadi alasan seseorang merasa kesepian.

1. Tidak tahu cara untuk terhubung dengan orang lain

Seseorang yang merasa kesepian seringkali mendambakan kedekatan dalam sebuah hubungan dengan orang lain. Tetapi, mereka tidak mendapatkan hal tersebut. Hal ini bisa terjadi karena mungkin mereka tidak mengetahui cara untuk terhubung dengan orang lain. Menurut penelitian, tidak memiliki hubungan dekat dengan orang lain adalah salah satu alasan seseorang kerap kali merasa kesepian.

2. Merasa takut dengan hubungan yang intim

Saat seseorang secara emosional tertutup dengan sebuah hubungan, maka akan sulit bagi orang tersebut untuk membangun hubungan yang intim dengan orang lain. Takut dan tidak ingin terlihat lemah di depan orang lain adalah salah satu alasan seseorang menghindari hubungan yang intim. Merek terus membatasi diri dari orang lain. Padahal, ketakutan tersebut hanya akan berakhir pada rasa sepi akan sering muncul.

3. Mengalami berbagai perubahan

Ketika seseorang sedang mengalami berbagai perubahan, seperti pindah ke kota lain untuk menjalani kehidupan, dapat menjadi penyebab seseorang merasa kesepian. Ketidaktahuan, ketakutan, serta kekhawatiran yang muncul saat mengalami berbagai perubahan dapat mengganggu dan membatasi seseorang dari interaksi sosial. Mereka harus fokus pada diri mereka sendiri untuk menyesuaikan diri ditengah perubahan yang terjadi agar tetap mampu bertahan dan berjuang.

4. Terlalu mementingkan orang lain dan sulit bergantung dengan orang lain

Jika kita memiliki hubungan yang dekat dengan orang lain, kita kerap kali mendahulukan kepentingan mereka diatas kepentingan kita karena mereka berharga. Kita juga kerap merasa bahwa mereka adalah sumber kebahagiaan kita. Tipe hubungan seperti ini tidaklah sehat karena kita akan terbiasa untuk selalu merasa bahagia dengan orang tersebut. Sehingga, saat kita mengalami saat sulit, kita merasa tidak memiliki tempat untuk berbagi. Padahal, tidak ada salahnya berbagi di saat-saat sulit.

5. Tidak terhubung dengan diri sendiri

Saat kita tidak terhubung dengan diri sendiri, akan sangat mudah bagi kita untuk merasa kesepian. Hal ini dapat terjad karena kita tidak mengetahui apa tujuan kita, apa yang membuat kita bahagia, dan apa yang sebaiknya kita lakukan. Saat seseorang tidak terhubung serta tidak mengenal diri sendiri, rasa sepi akan sangat mudah muncul karena kita paling banyak menghabiskan waktu dengan diri kita sendiri.

6. Merasa tidak ada yang mengerti dan memahami

Apakah kamu pernah merasa tidak ada yang bisa mengerti atau memahamimu? Atau kamu pernah merasa bahwa kamu tidak cocok atau tidak pantas berada diantara teman-temanmu? Menurut penelitian, merasa tidak dimengerti dan dipahami oleh orang lain dapat menjadi penyebab dari munculnya kesepian. Ketika kamu merasa berbeda dengan orang lain, saat itulah kamu merasa menjadi orang paling kesepian di dunia ini.

7. Merasa tidak berguna

Kesepian akan muncul saat seseorang merasa tidak berguna serta merasa rendah akan dirinya sendiri. Hal tersebut dapat terjadi karena orang-orang yang merasa tidak berguna masih terjebak di masa lalu. Mereka masih memiliki luka lebar atas penolakan yang terjadi di masa lalu. Peristiwa tersebut tentu menumbuhkan luka serta pemikiran bahwa mereka tidak cukup baik sehingga orang lain menolak atau meninggalkan mereka. Hal tersebut mampu membuat seseorang merasa kecil, tidak dipedulikan, dan kesepian.

8. Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang salah

Ketika kita merasa kesepian saat menghabiskan waktu dengan orang lain, maka ada yang salah dengan hubungan yang kalian miliki, atau mungkin ada yang salah dengan orang tersebut. Saat kamu membangun hubungan dengan orang yang tidak kamu sukai atau kamu tidak merasa cocok dengan ornag tersebut, maka tidak akan ada ikatan yang terbangun dalam hubungan tersebut. Hubungan akan terasa hampa dan kebutuhan sosial serta emosionalmu tidak terpenuhi. Oleh karena itu kamu merasa kesepian.

9. Depresi

Selain berbagai alasan sebelumnya, depresi dapat menjadi salah satu penyebab seseorang merasa kesepian. Menurut APA atau Asosiasi Psikologi Amerika Serikat, rasa kesepian yang ekstrem adalah salah satu tanda umum dari depresi. Gangguan mental ini menyebabkan penderitanya merasa kesulitan utnuk terhubungan dengan orang lain. Oleh karena itu, jika kamu merasakan kesepian yang berlebihan hingga memengaruhi kehidupanmu, maka tidak ada salahnya untuk menghubungi orang yang kamu percaya atau tenaga profesional untuk berbagi dan mendapatkan bantuan.

Jika rasa sepi ini terus membayangimnu, tak ada salahnya kamu berusaha untuk minta bantuan pada profesional. Kenali perasaanmu agar kamu lebih menghargai diri. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

What's On Fimela
Loading