Sukses

Lifestyle

5 Cara Redakan Rasa Terasing saat Mengalami Kesepian

Fimela.com, Jakarta Satu perasaan yang tampaknya paling dominan ketika kita dihampiri kesepian adalah rasa terasing. Kita seakan menjadi satu-satunya manusia yang paling dikucilkan, paling tak layak dicintai, dan paling tidak berharga. Ada rasa terasing yang membuat kita tak nyaman.

Makin dewasa, kita akan makin sering dihadapkan pada situasi yang membuat kita merasa kesepian. Meskipun begitu, rasa kesepian tidak selalu menjadi hal buruk. Kita masih bisa mengambil celah dan ruang untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari rasa kesepian yang hadir. Serta, selalu ada cara yang bisa kita lakukan untuk kembali merasa nyaman tanpa ada perasaan seperti diasingkan.

 

1. Pahami bahwa Kesepian Tak Perlu Ditakuti

Mengutip buku How to Love, kesepian itu ibarat nyeri otot yang muncul setelah olahraga berat. Sedikit tidak enak dan membuat tubuh lesu, tetapi akan pulih seiring waktu dan otot mulai terbentuk. Jadi, tak perlu terlalu takut atau cemas ketika rasa kesepian hadir. Sebab kondisi kesepian bisa jadi pertanda kita butuh meluangkan waktu lebih banyak untuk diri sendiri.

2. Buat Daftar Aktivitas yang Bisa Dilakukan Sendiri

Kate Balestrieri, psikolog berlisensi di Los Angeles, California seperti yang dikutip dari laman Womansday mengatakan, "Kita bisa menggunakan (rasa kesepian) sebagai peluang untuk mengenal diri kita lebih baik." Alih-alih merasa nelangsa atau sedih saat kesepian hadir, kita bisa coba membuat daftar aktivitas yang bisa kita lakukan sendiri. Memperkaya pengalaman dan aktivitas bisa membuat suasana hati kita jadi lebih baik lagi.

 

3. Berada di Tengah Keramaian tanpa Paksaan untuk Berinteraksi

Sekadar duduk sendiri di sebuah kafe atau restoran untuk makan dan menikmati keramaian bisa menghadirkan perasaan tenang sendiri. Naik kendaraan umum dari satu ke tempat lain seorang diri sambil menikmati musik dan menikmati kesibukan orang-orang di sekitar bisa membuat kita merasa baik-baik saja. Kegiatan berada di tengah keramaian tanpa harus memaksakan diri berinteraksi dengan orang lain bisa bantu redakan perasaan terasing atau terkucilkan.

4. Gerakkan Tubuh

Berolahraga, melakukan aktivitas fisik, atau sekadar bersih-bersih kamar dan ruangan bisa bantu redakan perasaan tak nyaman saat kesepian melanda. Menggerakkan tubuh bisa mengalihkan rasa tak nyaman di benak kita ke sensasi yang dirasakan oleh tubuh kita. Selain itu, rasa puas telah melakukan atau menyelesaikan sesuatu bisa membuat kita bahagia.

5. Terhubung dengan Orang Terdekat

Teman, sahabat, pasangan, atau anggota keluarga terdekat bisa kita hubungi. Berbagi perasaan dan cerita serta terhubung dengan orang terdekat bisa membuat suasana hati kita lebih baik. Bisa mendengar dan didengar dalam sebuah percakapan dapat menghidupkan kembali eksistensi diri kita.

Kalau perasaan kesepian yang hadir mengarah ke gejala depresi, ada baiknya untuk mencari bantuan profesional ya. Kesehatan mental bagaimanapun sama pentingnya dengan kesehatan tubuh.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading