Sukses

Lifestyle

5 Cara Menguatkan Diri saat Keberadaanmu Tak Pernah Dianggap Ada

Fimela.com, Jakarta Dirimu ada tapi tak dianggap ada oleh orang terdekatmu. Entah itu dalam hubungan percintaan, pekerjaan, atau dalam keluarga, saat keberadaan kita dianggap tidak ada hal itu akan membuat kita merasa tak nyaman. Merasa diabaikan dan dikucilkan jelas membuat harga diri kita ikut menurun.

Saat keberadaan kita tak dianggap ada oleh terdekat kita, kita mungkin tak bisa langsung protes atau marah pada orang tersebut. Terlebih bila kita merasa kecewa, maka rasanya sulit bagi kita untuk menjelaskan perasaan tersebut. Maka, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menguatkan diri. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dicoba untuk kembali menguatkan diri.

 

 

1. Menjaga Jarak Aman untuk Diri Sendiri

Untuk bisa kembali tenang bisa sangat sulit untuk dilakukan. Kita butuh waktu dan proses untuk mencerna keadaan. Diabaikan dan dianggap tidak ada membuat kita merasa sangat rendah diri. Kita seakan menjadi orang yang paling tidak berguna. Namun, di sini kita justru perlu memberi jarak aman untuk diri sendiri. Cari ruang paling aman dan nyaman untuk membuat kita setidaknya bisa bernapas lebih lega. Atur dulu napas dan tenangkan diri sesuai kemampuan kita.

2. Cari Tahu Penyebabnya bila Memungkinkan

Bila memungkinkan, coba cari tahu penyebabnya. Apa yang membuat keberadaanmu tidak dianggap? Apakah karena ada hal yang salah padamu? Atau masalahnya justru ada pada orang yang mengabaikanmu? Setidaknya kamu bisa mencoba untuk menyalahkan semua hal atau semua orang di situasi yang tidak nyaman ini.

 

3. Tingkatkan Harga Dirimu

Salah satu cara untuk meningkatkan harga diri adalah kembali mencintai diri sendiri. Mengutip buku How to Respect Myself, jika kita mencintai diri sendiri maka hidup akan menjadi lebih mudah. Kita merasa seperti ada yang menemani meskipun berjalan sendirian. Kita tidak terlalu terganggu walaupun merasa kesepian dan bisa memintas saran dari 'diri' yang dicinta. Walau mungkin tidak mudah, tapi tetap coba untuk lebih menyayangi diri sendiri ketika diabaikan atau dikucilkan orang terdekat.

4. Berterima Kasihlah pada Diri Sendiri

Berterima kasihlah pada diri sendiri yang tetap berusaha jadi orang baik. Sudah bisa bertahan dan tidak menjadi orang jahat dengan membalas dendam adalah hal yang luar biasa. Menyadari bahwa dirimu sebenarnya punya ketegaran alami akan makin menguatkan hatimu.

5. Tetap Bersikap Baik

Ya, tetaplah bersikap baik untuk bisa tetap kuat. Kepada siapa pun dan di mana pun, sikap baikmu akan menghadirkan energi positif tersendiri. Hal ini pun akan makin membuat hatimu lebih tegar dan kuat.

Semoga kita semua bisa tetap kuat dan tegar jalani semuanya, ya. Ketika orang terdekat tak menghargai keberadaanmu, masih ada dirimu yang sangat menyayangi dirimu sendiri.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading