Sukses

Lifestyle

5 Tanda Seseorang Sedang Iri dan Dengki Kepadamu

Fimela.com, Jakarta Pernah merasa seseorang bersikap tak seperti biasa padamu Sahabat Fimela? Perubahan sikap ini bisa terjadi karena banyak hal. Umumnya, seseorang akan berubah sikap saat ia marah, kecewa atau bahkan merasa iri dan dengki terhadap keberhasilanmu. 

Iri dan dengki adalah sikap alami yang hampir dimiliki setiap orang. Hanya saja, setiap orang memiliki sikap iri dengan takaran yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Ada orang-orang yang bisa dengan bijak mengelola perasaan iri dengkinya. Tapi tidak sedikit orang yang merasa iri dengki secara berlebihan. Karena sikap iri dengki, seringkali seseorang kehilangan teman, kerabat bahkan sahabat terbaik. Sikap ini juga rentan bikin seseorang sulit bahagia.

Saat ada seseorang yang merasa iri dan dengki terhadapmu, ada beberapa jelas yang akan ditunjukkannya. Kamu pun bisa merasakan tanda ini dengan sangat baik saat bersamanya. Adapun tanda tersebut antaranya sebagai berikut.

Sering Berkomentar Sinis dan Negatif

Seseorang yang merasa iri atau dengki cenderung memberikan komentar sinis atau negatifnya terhadap kita. Mereka akan mencoba menjelek-jelekan prestasi atau tindakanmu. Apapun yang kamu lakukan, akan salah di matanya. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Personality and Social Psychology, orang yang merasa iri cenderung menggunakan komentar negatif untuk merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri.

Mengabaikan Prestasi Kita

Orang yang iri atau dengki juga rentan mengabaikan atau meremehkan prestasimu. Mereka tidak akan pernah memberikan pujian atau pengakuan yang seharusnya kamu terima atas prestasimu. Sebaliknya, mereka justru tampak sinis dan tidak senang mendapatimu lebih baik darinya.

Menyebar Gosip

Ketika hati seseorang diselimuti perasaan iri dan dengki, ia akan semakin sering menyebar gosip atau kabar buruk terhadap orang yang membuatnya iri. Seseorang yang iri atau dengki mungkin mencoba untuk merusak reputasimu dengan menyebarkan fitnah atau berita butuk tentangmu. Mereka dengan terang-terangan mencoba menjatuhkan kita di mata orang lain agar kita terlihat buruk. Studi dalam Journal of Applied Social Psychology menunjukkan bahwa inilah salah satu strategi yang digunakan oleh orang yang merasa iri.

Bersikap Tidak Senang Saat Kamu Bahagia

Orang yang berhati sabar dan penuh cinta, akan ikut senang saat melihat orang lain bahagia. Sebaliknya, saat seseorang bersikap tidak senang atas kebahagiaan orang lain, ini menunjukkan ia sedang iri dan dengki. Mereka yang sedang iri padamu, mungkin saja tidak bersuka cita atas kebahagianmu tapi justru mencoba merusak momen kebahagiaan tersebut.

Perubahan Sikap

Seseorang yang merasa iri atau dengki bisa saja mengalami perubahan sikap dan perilaku mendadak terhadapmu. Mereka bisa menjadi lebih dingin, menjauh, atau bahkan menghindarimu secara sengaja. Ini bahkan terjadi saat kamu merasa tak pernah merasa melakukan kesalahan apapun padanya. 

Itulah sekian tanda bahwa seseorang sedang iri dan dengki terhadapmu. Melalui tanda-tanda di atas, ini bisa membantu kita mengenali apakah seseorang sedang iri atau dengki terhadap kita atau tidak. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita bisa semakin bijak menghadapi sikap orang lain terhadap kita apapun itu sikapnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading