Sukses

Lifestyle

5 Tanda Seseorang Mudah Gengsi yang Cenderung ke Rendah Diri

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu menyadari bahwa kamu selama ini kerap merasa gengsi Sahabat Fimela. apa sih sebenarnya gengsi tersebut. Gengsi adalah perasaan tidak nyaman yang sering kali muncul ketika seseorang merasa malu atau khawatir tentang pandangan orang lain terhadap diri mereka. Gengsi yang berlebihan, ini akan menjurus ke arah seseorang akhirnya merasa rendah diri. 

Ketika seseorang memiliki sikap mudah gengsi, ada beberapa tanda yang bisa dilihat dengan mudah dari sikap atau kepribadiannya. Tanda gengsi bisa sangat bervariasi, dan hal ini memengaruhi cara individu dalam berinteraksi dengan dunia sekitarnya. Kali ini, kita akan membahas beberapa tanda dari sikap gengsi yang sering terjadi dan mudah diketahui. Adapun tanda tersebut antara lain sebagai berikut.

Ketidaknyamanan dalam Menunjukkan Diri

Seseorang yang mudah gengsi mungkin merasa tidak nyaman ketika berada dalam pusat perhatian atau ketika diminta untuk berbicara di depan umum. Mereka mungkin cenderung menghindari situasi yang menuntut mereka untuk tampil di hadapan orang banyak. Ketika hal ini sudah berlebihan, seseorang tak hanya dikatakan mudah gengsi tetapi lebih ke rendah diri atau memiliki rasa percaya diri yang kurang.

Perasaan Terlalu Pede

Meskipun tampak bertentangan dengan gengsi, beberapa orang yang mudah gengsi mungkin memiliki kecenderungan untuk bersikap terlalu pede atau sombong untuk menutupi perasaan mereka yang sebenarnya. Mereka mungkin bersikap sok kuat atau sombong untuk melindungi diri mereka dari pandangan negatif orang lain. Mereka juga cenderung bersikap berlebihan dalam segala hal yang akhirnya membuatnya tampak tak biasa di mata orang lain.

Kesulitan Menerima Pujian

Orang yang mudah gengsi seringkali memiliki kesulitan menerima pujian. Mereka sulit menerima pengakuan dari orang lain. Orang-orang ini mungkin merasa tidak pantas atau merasa seperti mereka sedang dievaluasi. Studi dalam "Psychological Science" (2010) telah menyoroti kesulitan menerima pujian sebagai salah satu tanda gengsi yang berujung ke perasaan minder atau rendah diri.

Suka untuk Menutupi Kegagalan

Bagi orang yang punya rasa percaya diri baik dan penuh syukur, kegagalan adalah hal yang biasa. Ini tak akan berdampak berlebihan bagi mereka. Tapi bagi orang yang mudah gengsi, kegagalan adalah kehancuran baginya. Untuk itu, mereka mungkin cenderung menyembunyikan atau menyalahkan kegagalan mereka pada faktor eksternal, seperti mengatakan bahwa situasi atau orang lain yang menyebabkan kegagalannya. 

Orang-orang ini akan merasa takut akan penilaian negatif orang lain kegagalannya diketahui. Mereka juga sangat sulit mengakui kegagalannya selama ini. Orang yang mudah gengsi tak akan terima ketika apa yang menjadi kegagalan atau hal buruk tentangnya diketahui orang lain. Bahkan jika hal itu harusnya memerlukan dukungan dan perhatian khusus.

Perhatian Berlebih pada Penampilan Fisik

Seseorang yang mudah gengsi akan sangat memperhatikan penampilan fisik mereka, terutama ketika mereka harus bertemu dengan orang lain. Mereka cenderung merasa tidak percaya diri jika merasa tidak sempurna di mata orang lain.  Hal ini yang kemudian membuatnya sangat memerhatikan penampilan fisiknya secara berlebih setiap harinya. 

Itulah sekian tanda ketika seseorang mudah gengsi yang cenderung ke perasaan rendah diri. Penting untuk diingat bahwa gengsi adalah perasaan yang umum, dan banyak orang mengalaminya. Dengan kesadaran diri, dukungan sosial, dan praktik yang tepat, seseorang dapat belajar untuk mengatasi gengsi dan merasa lebih percaya diri dalam berinteraksi dengan dunia sekitarnya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading