Sukses

Lifestyle

5 Sikap Gengsi yang Membuatmu Sulit Sukses dalam Hidup

Fimela.com, Jakarta “Success is stumbling from failure to failure with no loss of enthusiasm.” (― Winston S. Churchill) Sukses adalah tersandung dari kegagalan ke kegagalan tanpa kehilangan antusiasme. Pada dasarnya kita semua ingin sukses dalam hidup, hanya saja tak pernah mau mengalami kegagalan atau mendaki anak tangga untuk mencapai titik kesuksesan yang diinginkan.

Bisa jadi yang menghambatmu untuk sukses adalah hal yang datang dirimu sendiri. Seperti sikap gengsi yang ternyata menjadi penghalang utama untuk menggapai kesuksesan yang kamu inginkan. Sikap gengsi dalam hal-hal ini pun bisa menjadi alasanmu sulit sukses dan mungkin belum kamu sadari dengan baik.

1. Gengsi Mencoba Hal Baru

Saat kamu tak mau mencoba hal baru, kamu bisa makin sulit menggapai kesuksesan yang kamu inginkan. Pada dasarnya sebuah kesuksesan bisa digapai dengan lebih mudah saat diri kita mau mencoba hal baru atau menaklukkan tantangan baru. Merasa gengsi untuk mencoba hal baru hanya akan makin menyulitkan dirimu untuk melangkah ke arah kesuksesan yang kamu inginkan.

2. Gengsi Menerima Saran

Sikapmu yang terlalu gengsi menerima saran, masukan, dan kritik dari orang lain bisa menghambatmu untuk sukses. Ketika kamu terlalu menutup diri dan tak mau belajar dari orang lain, maka kamu bisa makin terpuruk dalam kegagalan yang terus berulang. Ada kalanya untuk sukses perlu mengalami kegagalan dan memiliki keberanian untuk memperbaiki kesalahan dari kegagalan tersebut.

3. Gengsi Mengakui Hal yang Tidak Diketahui

Ada yang namanya konsep growth mindset. Dengan cara berpikir tersebut, kamu bisa berpeluang untuk terus tumbuh dan berkembang sebagai pribadi yang makin baik dari waktu ke waktu. Mengutip buku Menjadi, salah satu ciri orang yang memiliki growth mindset adalah mau menerima masukan atau feedback yang bersifat konstruktif. Kalau kamu terlalu gengsi menerima saran dari orang lain apalagi kalau itu berkaitan dengan hal yang memang tak kamu ketahui, maka kamu bisa makin jauh dari kesuksesan yang kamu impikan.

4. Gengsi Belajar dari Orang Lain

Untuk bisa sukses kamu perlu bantuan orang lain. Ada kalanya kamu perlu belajar dari pengalaman orang lain untuk bisa menggapai hal yang kamu inginkan. Ada saatnya kamu perlu membuka diri untuk menimba ilmu dari orang lain sebagai bekalmu untuk menjadi pribadi sukses sesuai impian. Kalau kamu terlalu gengsi untuk belajar, maka kamu bisa makin jauh dari tujuan yang kamu inginkan.

5. Gengsi Mengakui Kekurangan Diri

Kita memang bukan manusia sempurna. Memiliki kesadaran diri yang baik tentang hal ini bisa membuat kita termotivasi untuk terus mengasah diri. Namun, kalau kita gengsi mengakui kekurangan diri kita bisa menjadi pribadi yang bebal. Bahkan kita bisa makin jauh dari titik kesuksesan yang kita inginkan karena tak mau memperbaiki kekurangan dan kesalahan yang ada.

Kalau ingin sukses, bisa dimulai dengan menghindari atau memperbaiki sikap gengsi yang disebutkan di atas, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading