Sukses

Lifestyle

Rekomendasi Seru Menikmati Seni di Art Jakarta 2023 dengan Venue Terbaru

Fimela.com, Jakarta Sebagai pecinta seni, Sahabat Fimela wajib berbahagia. Setelah penantian panjang, Art Jakarta akhirnya hadir sebentar lagi. Tahun  ini, pekan seni rupa kontemporer internasional ini dijadwalkan berlangsung pada 17–19  November 2023 di lokasi konvensi terkemuka, JIEXPO Kemayoran, di Jakarta Pusat,  sebagai venue barunya. 

Menempati area gabungan Hall B3 dan C3, dengan luas sekitar 10.000 m2, Art Jakarta  2023 akan menghadirkan pameran lebih besar yang mencakup lebih banyak ekshibitor  dibanding tahun lalu. Total 68 galeri dari Indonesia (40) dan mancanegara (28)  yang akan mengusung karya terbaru seniman mereka. Galeri mancanegara datang dari  Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Taiwan, Korea Selatan, China, Jepang,  Rusia, dan Australia.  

Venue yang lebih besar memungkinkan Art Jakarta untuk menggandeng lebih banyak  Mitra. Tiga Mitra Utama Art Jakarta 2023 adalah Julius Baer, institusi terdepan dalam  sektor wealth management di dunia dengan tradisi panjang sebagai patron seni; UOB  Indonesia, institusi perbankan regional sekaligus pendukung seni rupa yang konsisten  mewujudkan komitmennya di Asia Tenggara; dan Bibit, aplikasi investasi digital pemenang  penghargaan yang mendorong literasi finansial di seluruh Indonesia. 

Hadir dengan Konsep yang Lebih Seru

Tom Tandio, Fair Director Art Jakarta menyebutkan jika venue baru ini diharapkan dapat mendatangkan kolaborasi yang lebih banyak. Tim Art Jakarta juga percaya jika edisi tahun ini akan melampaui harapan para  pengunjung. Selain itu, kolektor dari mancanegara juga akan hadir dalam jumlah lebih besar mengingat bulan-bulan ini adalah kuartal keempat, musim yang lebih mendukung  ketimbang jadwal sebelumnya di bulan musim panas.

Tahun ini, kolaborasi Art Jakarta dengan para Mitra dapat dikategorikan menjadi tiga hal  berikut.  

Penghargaan

Dalam Art Jakarta 2023, para Mitra akan menghadirkan karya yang baru baru ini menjadi pemenang penghargaan. Julius Baer meluncurkan karya-karya baru dari  para pemenang Julius Baer Next Generation Art Prize in Asia 2023 di area khusus, yaitu  Julius Baer VIP Lounge. UOB, sesuai tradisi kolaborasi dengan Art Jakarta, menggelar  UOB Art Space yang memamerkan karya-karya pemenang UOB Painting of the Year  dari Indonesia hingga Asia Tenggara. Sementara itu, Treasury, aplikasi perdagangan  emas fisik secara digital, memamerkan karya pemenang Treasury Art Prize 2023, Eldwin  Pradipta, yang berjudul Is “This Artwork” in the Room with Us Right Now?. Ada pula  SUPERLIVE yang menyajikan karya tiga pemenang kompetisi SUPERMUSIC-SUPERSTAR  dalam sebuah instalasi multimedia bertema “Reconstruction The Deconstruction” untuk  menyoroti proses kreatif seniman.  

Presentasi

Presentasi istimewa oleh Mitra Art Jakarta meliputi proyek-proyek seru berikut  ini. Bibit menyajikan karya Glass House oleh Syagini Ratna Wulan, sebuah pengembangan  dari Lost Verses yang ditampilkan di Venice Biennale 2019. iForte secara konsisten  mewujudkan potensi teknologi dalam penciptaan karya, lewat persembahannya, NOC/ 

Turne oleh Jeffi Manzani. TACO, dalam kolaborasi dengan Park Jihyun, memajang Special  Edition of Thomson Series yang menggubah narasi baru untuk barang habis pakai dan  memanfaatkan sebuah produk baru dari TACO yang akan segera rilis. Selanjutnya, Blue  Label mengusung karya IN/TOUNGE/IBLE oleh Rebellionik, menyajikan pengalaman  spasial dan cita rasa yang tak biasa dalam sebuah instalasi. Terakhir, MINI, bekerja  sama dengan Syaiful Garibaldi, memamerkan The Mini Musa, konsep mobil seni yang  mengangkat harmoni alam, kamuflase, dan adaptasi mimikri, dengan memanfaatkan  Tillandsia usneoides (janggut musa).  

AJX

Prakarsa kolaboratif antara Art Jakarta dan institusi atau perusahaan  swasta untuk menyajikan koleksi karya di hadapan publik luas di Art Jakarta. Tahun ini,  AJX menyajikan ASEAN-KOREA Partnership Project for Innovative Culture (PIC), yang  memamerkan karya dari seniman ASEAN-KOREA melalui koleksi galeri ASEAN-KOREA  untuk menyampaikan gambaran tentang pemetaan dan hubungan di dunia seni rupa  ASEAN-KOREA. Hadir pula pameran Vice Versa yang menampilkan potret-potret seniman Indonesia oleh Indra Leonardi, yang diambil selama bertahun-tahun, dan respons  para seniman dalam spirit kolaboratif terhadap karya potret tersebut, mengilaskan  persahabatan dan relasi kreatif mereka.  

Beragam Program Seru di Art Jakarta 2023

Selain sajian istimewa bersama para Mitra di atas, Art Jakarta 2023 mengusung program  yang terbukti menjadi unggulan setiap tahunnya.  Ada Gallery yang terdiri dari 40 galeri dari Indonesia dan 28 galeri mancanegara, termasuk partisipan yang telah  bergabung sejak lama. Art Jakarta dengan senang hati mempersembahkan ekshibitor  baru yang belum pernah berpameran di sini sebelumnya. 

SPOT,PLAY by UOB Indonesia, dan Scene yang menjadi segmen khusus bagi kolektif seniman dan nirlaba untuk menggalang dana dalam  upaya mereka. Art Jakarta mendukung prakarsa yang membutuhkan format kreatif  dalam penggalangan ini, khususnya dari mereka yang berada di luar kawasan Jakarta,  untuk ikut memperkuat semangat komunitas di kancah seni rupa.

Terakhir adalah AJ TALK sebagai ajang para ahli, pengamat, seniman, kolektor, dan kurator, untuk  berbincang serta berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada pengunjung. Dengan  jajaran nama-nama tepercaya dan sosok-sosok menarik dalam kancah seni rupa,  segmen ini menjadi bagian tak terpisahkan dari Art Jakarta. Tahun ini AJ Talk menjadi  ajang bagi, antara lain, peluncuran buku Vice Versa oleh fotografer Indra Leonardi dan  Illuminations oleh kritikus Carla Bianpoen; diskusi tentang karya-karya pemenang UOB  Painting of the Year dari beberapa negara; serta diskusi tentang kreativitas bersama Evan  Wijaya (desainer grafis) dan Samantha K. Jackson (Percolate Galactic).  

Tertarik untuk datang? Jangan lupa beli tiketnya di artjakarta.com mulai 1 November 2023.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading