Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang Baik Hati Jika Dilihat dari Kebiasaan Sehari-Hari

Fimela.com, Jakarta Akan selalu ada orang-orang baik di dunia ini, entah jika ternyata kamu lebih sering bertemu dengan orang-orang yang kurang baik. Orang baik selalu memiliki berbagai alasan untuk berbuat baik kepada orang lain, bisa jadi karena memiliki empati dan simpati yang kuat, memiliki nilai-nilai moral dan etika yang tinggi, atau karena sifat rendah hati dan tidak sombong yang membuat hatinya tergerak untuk baik kepada siapa saja.

Kepribadian atau sifat alami setiap orang juga berpengaruh besar terhadap sikap baiknya kepada banyak orang. Dari kebiasaan sehari-hari pun, kita bisa tahu yang mana orang baik. Ini sekian tanda orang baik jika dilihat dari kebiasaan sehari-hari.

1. Memperlakukan orang lain dengan sopan

Orang yang baik hati akan mudah bersikap sopan kepada siapa saja, tanpa membeda-bedakan kasta, usia maupun status sosial. Ia menghormati orang lain dan bersikap beradab. Itu sudah menjadi pembawaan alaminya. Orang yang baik hati percaya bahwa setiap orang berhak diperlakukan dengan hormat dan bermartabat, apa pun latar belakang, kepercayaan, atau status sosialnya. Ia boleh saja berbeda dengan mereka, tapi sikap saling menghargai tetap dijunjung tinggi.

2. Mudah bersyukur dan berterima kasih

Mereka yang mudah bersyukur dan mengucap 'terima kasih' kepada orang yang baik kepadanya menjadi pertanda bahwa ia memiliki hati yang baik. Orang seperti ini cenderung mudah berpuas diri, tidak mudah mengeluh atau pun membandingkan diri. Ia menghargai yang semesta dan Tuhan berikan padanya. Ia bersyukur atas orang-orang yang mereka sayangi, kesempatan yang diberikan, dan pengalaman yang mereka dapatkan, sekecil apa pun.

3. Murah senyum dan ramah

Orang-orang baik biasanya murah senyum dan ramah. Ia juga memiliki pembawaan tulus dan tenang. Ketika orang lain butuh bantuan, ia akan mengusahakan bisa berbuat sesuatu untuk meringankan beban. Tak peduli jika ia dianggap terlalu naif atau polos karena membantu orang yang pernah berbuat buruk atau menyakitinya, orang baik hanya fokus pada satu pandangan, Tuhan mengajarkan kita untuk baik kepada sesama, jadi mengapa harus mengingkarinya?

4. Pembawaan optimis dan positif

Orang-orang baik hati juga cenderung bersikap dan berpikiran optimis dan positif. Kehidupan tak selalu berjalan lancar, seringkali juga membuatmu terluka dan menangis, tapi orang-orang baik tak kehilangan harapan dan keinginan untuk bangkit. Ia juga memiliki kendali diri yang baik, stabil secara emosional dan tak berniat mencelakai orang lain. Ia berbicara dengan intonasi yang enak didengar, terbuka dalam membantu orang lain dan tak terlalu banyak bicara jika tak diperlukan.

5. Bersikap jujur dan bisa dipercaya

Orang baik menunjukkan bahwa dirinya baik tidak dengan pamer pencapaian, pamer kedermawanan atau bagaimana ia membantu banyak orang dengan hartanya. Seseorang dianggap sebagai pribadi yang baik cukup dengan bersikap jujur dan bisa dipercaya. Tidak banyak orang bisa melakukan ini, jadi siapa pun yang memiliki kualitas diri jujur dan bisa dipercaya pasti berhati baik, apalagi jika pekerjaan yang ia tekuni termasuk dalam bidang positif.

Itu dia sekian tanda orang baik jika dilihat dari kebiasaan sehari-hari.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading