Sukses

Lifestyle

10 Cara Mudah Khatam Al-Quran di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan sudah di depan mata. Bagi Sahabat Fimela yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, sudah mempersiapkan apa saja untuk menyambut kedatangan bulan seribu bulan yang penuh dengan kemuliaan tersebut? Di bulan Ramadan, umumnya umat muslim berlomba-lomba menunaikan berbagai kebaikan.

BACA JUGA: Tips Membaca Al-quran Sampai Khatam, Ketahui Fadilahnya

Tak hanya puasa, di bulan penuh pengampunan ini umat muslim juga akan memperbanyak tiwalah, dzikir, memohon ampun dan membaca ayat Al-Quran. Ngomongin soal baca Al-Quran, di Ramadan kali ini bukankah Sahabat Fimela ingin khatam Al-Quran. Mungkinkah bisa kita khatam Al-Quran selama satu bulan di bulan Ramadan? Jawabannya bisa selama kita ada niat kuat.

Agar lebih mudah khatam Al-Quran di bulan Ramadan, begini caranya Sahabat Fimela.

Cara Khatam Al-Quran di Ramadan

1. Baca 1 Juz Setiap Harinya

Untuk khatam Al-Quran selama Ramadan, pastikan untuk membaca ayat Al-Quran sebanyak satu juz setiap harinya. Jika memiliki banyak waktu luang, kita sebaiknya membaca ayat Al-Quran lebih dari satu juz setiap harinya. Baca ayat Al-Quran selepas berbuka puasa sambil menunggu tarawih atau selepas sahur sambil menunggu pagi.

2. Baca 2 Lembar Setelah Salat 5 Waktu

Agar khatam Al-Quran selama bulan Ramadan, sebaiknya membaca Al-Quran sedikitnya 2 lembar di setiap selesai salat 5 waktu. Pastikan untuk konsiten membaca Al-Quran selepas salat 5 waktu ini. Dengan sedikitnya membaca ayat Al-Quran sebanyak 2 lembar atau 4 halaman, kita bisa khatam Al-Quran di akhir Ramadan.

Cara Khatam Al-Quran di Ramadan

3. Beli Al-Quran Saku

Untuk khatam Al-Quran selama Ramadan, tidak ada salahnya untuk membeli Al-Quran saku. Al-Quran ini bisa dibawa ke mana-mana dan dibaca di mana saja. Saat dirimu ada waktu luang, dirimu bisa membaca Al-Quran dan menuntaskan cita-cita buat khatam Al-Quran di bulan Ramadan selama Ramadan.

4. Instal Aplikasi Al-Quran di Gadget

Mengingat di era ini semuanya serba modern dan semua orang memiliki gadget, usahakan untuk menginstal aplikasi Al-Quran di gadgetmu. Daripada kepo story teman atau mantan gebetan dan akhirnya berujung sakit hati mendalam, sebaiknya gunakan waktu luangmu untuk membaca ayat Al-Quran yang telah diinstal di gadgetmu. Dengan rutin membaca Al-Quran lewat gadget, tidak menutup kemungkinan dirimu bisa khatam Al-Quran lebih cepat atau lebih awal dari perkiraan.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk khatam Al-Quran di bulan Ramadan. Pastikan untuk memiliki semangat mengesankan buat membaca Al-Quran di awal hingga akhir Ramadan bahkan di hari-hari lain di luar Ramadan. Mengingat perempuan umumnya mengalami menstruasi yang mengharuskannya libur membaca Al-Quran, teliti dan hitung lagi berapa waktu yang dirimu punya untuk mengkhatamkan Al-Quran. Tabung bacaan Al-Quran yang tak bisa dibaca saat menstruasi.

Khatam Al-Quran di bulan Ramadan bukanlah suatu hal yang mustahil selama kita ada niat kuat. Khatam Al-Quran juga bukan hal yang mustahil selama kita konsisten dengan bacaan kita.

Tips Agar Bisa Khatam Al-Quran Setiap Tahun di Ramadan

1. Menetapkan Sasaran yang Dapat Dicapai

Pilih target membaca Al-Qur’an harian yang sesuai dengan jadwal dan kemampua, baik itu sejumlah juz atau halaman tertentu. Menambahkan rencana tindak lanjut dapat membantu mencapai target tersebut. Misalnya, buatlah catatan kemajuan harian atau mingguan untuk memonitor pencapaian dan menyesuaikan target jika perlu.

2. Membentuk Rutinitas Membaca Al-Qur’an

Jadikan membaca Al-Qur’an sebagai bagian dari rutinitas harian, mungkin setelah shalat wajib atau menjelang waktu tidur, untuk membantu tetap konsisten. Untuk memperkuat kebiasaan ini, cobalah mengaitkan membaca Al-Qur’an dengan kegiatan sehari-hari lainnya, seperti membaca sejenak setelah sarapan atau saat istirahat siang.

3. Memaksimalkan Waktu Luang

Manfaatkan momen-momen tenang di pagi hari atau saat menunggu berbuka puasa untuk menikmati membaca Al-Qur’an. Kamu juga bisa memanfaatkan teknologi, seperti mendengarkan rekaman Al-Qur’an saat dalam perjalanan, untuk memastikan tetap terhubung dengan bacaan suci ini meskipun sibuk.

 

4. Membaca dengan Perenungan

Pastikan membaca Al-Qur’an dengan perhatian penuh pada tajwid dan makna ayat, agar pengalaman membaca lebih mendalam dan bermakna. Selain itu, pertimbangkan untuk bergabung dengan kelompok studi Al-Qur’an atau kelas tajwid untuk meningkatkan pemahaman dan kualitas bacaan.

5. Memanfaatkan Teknologi untuk Membaca Al-Qur’an

Gunakan aplikasi Al-Qur’an di perangkat Anda untuk melacak kemajuan dan menjaga motivasi dalam membaca Al-Qur’an setiap hari. Aplikasi tersebut seringkali dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan, seperti pengingat harian, terjemahan, dan tafsir, yang bisa membantu dalam memahami dan merenungkan ayat-ayat Al-Qur’an.

6. Berdoa dan Menyerahkan Diri kepada Allah SWT

Berdoalah untuk mendapatkan kemudahan dan keberkahan dalam usaha mengkhatamkan Al-Qur’an, dan serahkanlah hasil akhirnya kepada kehendak-Nya. Ingatlah bahwa proses membaca dan mengkhatamkan Al-Qur’an adalah perjalanan spiritual yang membutuhkan kesabaran, ketekunan, dan kepercayaan pada bimbingan Allah SWT.

 

Simak Juga Video Berikut:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading