Sukses

Lifestyle

3 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi saat Berbuka Puasa

Fimela.com, Jakarta Saat sedang berpuasa, tubuh kita mengalami sejumlah perubahan termasuk produksi enziem dalam tubuh. Enzim-enzim dalam tubuh yang biasanya diproduksi oleh sistem pencernaan akan perlahan berkurang seiring dengan lamanya waktu kita puasa. Lapisan-lapisan yang melindungi perut juga akan ikut menipis. Bila kita mengonsumsi makanan yang rentan menimbulkan iritasi pada perut, kita akan berisiko tinggi mengalami gangguan pencernaan.

Maka dari itu penting untuk memilih makanan yang mudah dikonsumsi saat berbuka puasa, seperti buah-buahan. Tapi buah-buahan apa saja yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa? Berikut penjelasannya.

1. Buah Semangka

Buah semangka terkenal akan kandungan airnya yang tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral. Karena kandungan airnya yang tinggi, buah ini cocok digunakan sebagai makanan pembuka. Dilansir dari hellodoktor.com, buah semangka mengandung 92% air dan kaya elektrolit yang dapat mengganti cairan dan elektrolit yang hilang saat puasa. Selain itu, buah semangka juga mudah dicerna.

2. Buah Apel

Mengonsumsi buah apel bisa membantu sistem pencernaan kita mempersiapkan organ-organ tubuh untuk menerima makanan yang lebih kompleks. Meski kandungan air buah apel tak sebanyak buah semangka, tapi buah apel kaya serat. Saat berbuka puasa, kita berisiko kalap makan karena rasa lapar setelah puasa seharian. Dengan makan buah apel terlebih dahulu, maka risiko kalap makan bisa dikurangi. Kandungan serat buah apel bisa membuat kita kenyang lebih lama, sehingga mencegah kita mengonsumsi makanan berlebihan.

3. Buah Anggur

Buah anggur bisa menjadi alternatif buah semangka dan apel. Rasa buahnya yang segar dan manis bisa bantu mengganti asupan cairan dan gula yang berkurang saat puasa. Kandungan air dan seratnya yang tinggi membuat buah ini bisa dikonsumsi untuk mengatasi sembelit. Buah apel juga bisa dikonsumsi untuk membantu menyiapkan sistem pencernaan sebelum menerima makanan yang lebih kompleks.

Makan secukupnya sesuai dengan kebutuhan tubuh saat berbuka puasa akan sangat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Jadi, apakah sudah menyiapkan buah-buahan di atas untuk berbuka puasa nanti?

 

Pilihan Takjil Bergizi untuk Menyempurnakan Momen Berbuka

1. Kurma

Buah kurma tidak hanya lezat tetapi juga sarat dengan nutrisi. Dikenal sebagai sumber serat, vitamin B, C, kalium, dan zat besi, kurma mendukung sistem pencernaan yang sehat. Kurma juga membantu dalam menjaga kadar gula darah yang stabil, menjadikannya pilihan ideal untuk berbuka yang tidak hanya memuaskan rasa lapar tetapi juga memberikan manfaat jangka panjang bagi tubuh.

2. Buah-buahan Segar

Memilih buah segar untuk berbuka adalah langkah bijak. Varietas seperti melon, semangka, jeruk, dan pepaya kaya akan nutrisi esensial. Selain itu, buah-buahan ini juga memberikan hidrasi yang dibutuhkan tubuh setelah berpuasa, serta membantu dalam proses detoksifikasi alami tubuh.

3. Smoothie Buah

Sebagai minuman yang menyegarkan, smoothie buah dengan kombinasi pisang, stroberi, dan alpukat menawarkan kesegaran dan nutrisi. Smoothie ini juga bisa dijadikan sumber protein jika ditambahkan dengan yogurt atau susu almond, meningkatkan nilai gizi sekaligus kelezatannya.

4. Es Campur

Es campur yang terdiri dari campuran buah, agar-agar, dan biji selasih, tidak hanya menyegarkan tetapi juga kaya akan serat dan hidrasi. Es campur juga bisa dijadikan sarana untuk menambah asupan buah dan serat harian, sekaligus menjadi penutup yang sempurna untuk berbuka.

 

5. Air Kelapa untuk Berbuka

Air kelapa yang manis dan menyegarkan adalah pilihan populer untuk berbuka. Kaya akan vitamin B, C, dan mineral penting seperti kalium, natrium, dan magnesium, air kelapa mendukung fungsi tubuh yang optimal. Selain itu, air kelapa juga membantu dalam rehidrasi cepat dan efektif, menjadikannya minuman yang ideal setelah berpuasa seharian.

Sebagai makanan manis yang menjadi menu berbuka puasa, air kelapa juga sangat populer.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading