Sukses

Lifestyle

Ini 7 Manfaat Sehat Makan Cincau saat Buka Puasa

Fimela.com, Jakarta Sebetulnya, terdapat banyak bahan utama hidangan es yang digemari masyarakat Indoneisa, mulai dari kolang-kaling, pacar cina, timun suri, cincau hingga blewah. Namun, pada artikel ini, Fimela akan khusus membahas cincau sebagai bahan hidangan berbuka.

Es cincau sendiri menjadi salah satu makanan takjil yang jadi favorit saat bulan Ramadan karena lebih mudah ditemukan dan harganya murah, baik itu cincau hitam maupun cincau hijau. Tak heran, penjaja cincau bertebaran di mana-mana.

Memang paling enak jika buka puasa dengan takjil cincau, tapi tahukah kamu bahwa di balik kesegarannya, ternyata mengonsumsi cincau sebagai takjil berbuka pausa punya banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Yuk, cek pembahasan berikut mengenai 7 manfaat cincau sebagai pilihan pengganti minuman manis saat berbuka!

 

Cincau: Pilihan Sehat Pengganti Minuman Manis saat Berbuka

1. Melancarkan pencernaan

Makan cincau ternyata bisa melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang baik bisa membantu mengeluarkan sampah dan racun di dalam sistem pencernaan. Jika punya masalah sembelit, bisa nih makan cincau untuk melancarkan pencernaan. Kandungan vitamin B dan C dalam cincau juga mampu mencegah diare atau meredakan gejalanya.

2. Menjaga berat badan

Cincau tidak memiliki kalori karena dibuat alami dari daun cau dan tidak memiliki rasa alias hambar, ada pun rasa adalah sedikit pahit.

3. Menetralkan asam lambung dan menurunkan suhu tubuh

Makan cincau paling baik saat perut kosong karena membuat tubuh terasa lebih dingin karena memiliki kandungan tentradine, alkaloid, falavonoid dan saponin yang efeknya memang memberi kenyamanan pada pencernaan setelah seharian puasa dan menumbuk asam lambung tinggi di perut.

4. Menjaga tekanan darah dan kolesterol

Karena rendah kalori, cincau juga sangat baik menjaga tekanan darah dan kolesterol sehingga bisa menyeimbangkan kolesterol dari makanan lain yang dikonsumsi saat buka puasa seperti gorengan dan makanan bersantan.

5. Menurunkan berat badan

Karena seratnya yang tinggi dan rendah kalori, cincau bisa menjaga berat badan selama menjalani puasa dan menjaga agar kita tidak makan berlebih saat buka puasa. Cincau membuat perut kenyang lebih lama sehingga menahan diri tidak makan terlalu banyak.

6. Mencegah Diabetes

Cincau memiliki kandungan klorofil dan bisbenzilsokuinolin yang mampu menyerap gula dan menjaga kadar insulin tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita diabetes dan bisa mencegah diabetes.

7. Mencegah kanker

Cincau ternyata juga bersifat anti karsinogenik, mengandung antioksidan tinggi seperti S-S tetandrin dan isokandrodendrin yang membantu menjaga sel-sel sehat organ tubuh, terutama hati, perut dan ginjal.

Sahabat Fimela, ternyata cincau memilik manfaat yang beragam, ya. Bagaimana? Apakah kamu jadi lebih tertarik untuk menjadikan cincau sebagai bahan utama hidangan es untuk berbuka dan sahur selama bulan Ramadan? Kalau tertarik, jangan lupa untuk mengkrrasikam resep cincau hitam agar tidak bosan, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading