Sukses

Lifestyle

Bikin Sakit Perut, 7 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Buka Puasa!

Fimela.com, Jakarta Menjelang waktu berbuka puasa, tentu yang harus disiapkan adalah makanan yang enak. Tapi sebaiknya makanan yang dipilih juga tidak sembarangan, karena beberapa makanan justru bisa menyebabkan sakit perut jika dikonsumsi saat perut kosong seperti saat berbuka puasa. Ini sekian makanan yang sebaiknya dihindari.

1. Makan pedas

Cabai memiliki senyawa capsaicin yang pedas, kemungkinan bisa mengiritasi dinding lambung dan menyebabkan reaksi asam yang membuat perut kram dan nyeri. Makan makanan pedas juga bisa menyebabkan diare.

2. Minuman manis kemasan

Minuman manis tentu enak saat buka puasa, tapi minum minuman manis kemasan seperti jus buah, energy drink dan lain sebagainya dalam keadaan perut kosong tak baik untuk perut. Gula dalam bentuk fruktosa pada minuman kemasan dapat menyebabkan hati bekerja keras mengolahnya, padahal hati juga butuh pemanasan untuk mengolah secara perlahan.

3. Minuman bersoda

Minuman bersoda atau minuman karbonasi juga bisa mengiritasi perut bahkan meningkatkan asam lambung jika diminum dalam keadaan perut kosong. Inilah yang bisa membuat sakit perut.

Makanan yang Harus Dihindari saat Buka Puasa

4. Buah dengan rasa asam

Asam di lambung sudah tinggi sebaiknya tidak ditambah dengan makan buah asam seperti nanas, strawberry atau jeruk. Minumlah air putih hangat lebih dulu sebelum makan buah-buahan saat buka puasa.

5. Minuman dingin

Minuman dingin saat buka puasa diyakini dapat merusak selaput lendir dan membuat metabolisme dan sistem pencernaan lamban. Minuman dingin juga membuat perut terasa dingin dan kaku serta menahan lemak dan zat sisa tetap di dalam usus.

6. Sayuran mentah

Serat pada sayur memang sehat namun jika mengonsumsinya langsung saat buka puasa justru akan membuat perut kaget karena harus bekerja keras mencerna sayur yang padat.

7. Kopi

Kopi membuat perut kembung dan meminumnya saat buka puasa justru akan menaikkan asam lambung. Keasaman dalam kopi akan merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan yang menyebabkan gastritis pada beberapa orang.

Jenis Makanan yang Harus Diperhatikan Saat Buka Puasa

 

1. Hindari Makanan Pedas dan Berlemak Tinggi

Makanan pedas dan berlemak tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah lambung seperti refluks asam lambung dan gangguan pencernaan lainnya. Sebaiknya, pilihlah makanan yang lebih ringan dan rendah lemak untuk berbuka puasa.

2. Perbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan membantu mencegah masalah lambung. Pilihlah buah-buahan segar dan sayuran hijau sebagai bagian dari menu berbuka puasa Anda.

3. Pilih Makanan yang Direbus atau Dikukus

Mengkonsumsi makanan yang direbus atau dikukus lebih baik daripada yang digoreng karena mengurangi jumlah lemak yang dikonsumsi. Makanan seperti sup sayuran atau ikan kukus merupakan pilihan yang baik untuk berbuka puasa.

4. Batasi Konsumsi Minuman Bersoda

Minuman bersoda dapat menyebabkan peningkatan produksi asam lambung dan menyebabkan perut kembung serta refluks asam lambung. Sebaiknya hindari minuman bersoda dan pilihlah air putih atau jus buah sebagai alternatif yang lebih sehat.

5. Hindari Makanan dan Minuman Berkafein

Makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan cokelat juga dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan. Lebih baik menghindari konsumsi makanan dan minuman berkafein saat berbuka puasa.

6. Perhatikan Waktu Makan

Setelah berpuasa seharian, tubuh perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan konsumsi makanan dan minuman. Hindari makan terlalu cepat saat berbuka puasa dan berikan waktu cukup untuk pencernaan dengan mengonsumsi makanan secara perlahan-lahan.

7. Jangan Konsumsi Makanan Berlemak Tinggi Secara Berlebihan

Meskipun lemak adalah bagian penting dari diet, mengonsumsi makanan berlemak tinggi secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah lambung. Batasi konsumsi makanan berlemak tinggi seperti gorengan dan makanan cepat saji saat berbuka puasa.

Jadi, itu dia sekian makanan dan minuman yang sebaiknya tidak langsung dimakan saat buka puasa jika tak ingin sakit perut ya, Sahabat Fimela.

Tonton video berikut ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading