Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Cincau Hijau yang Lembut, Ikuti 3 Langkahnya

ringkasan

  • 1. Siapkan 40 Lembar Daun untuk 1 Liter Air
  • 2. Diremas, Tidak Diblender
  • 3. Simpan di Wadah Tertutup

Fimela.com, Jakarta Menikmati cincau hijau yang disajikan dengan santan kelapa dan gula merah ditambah es batu, wah rasanya pasti segar sekali. Es cincau hijau pun merupakan salah satu minuman yang sering dijadikan menu takjil. Rasanya yang lembut dan aromanya yang menyegarkan membuat cincau hijau ini jadi favorit banyak orang.

Membuat cincau hijau yang lembut pun ternyata tidak terlalu sulit. Kita bisa langsung menggunakan daun cincau hijau. Daun cincau hijau ini bentuknya seperti hati dengan tekstur permukaannya yang agak kasar. Untuk menghasilkan cincau hijau yang lembut, kita cukup mengikuti tiga langkah ini.

1. Siapkan 40 Lembar Daun untuk 1 Liter Air

Takarannya ini bisa disesuaikan dengan selera dan keinginan kita. Jika ingin cincau hijau yang lembut, kita bisa memakai 40 lembar daun dan 1 liter air matang. Dengan takaran tersebut, kita bisa menghasilkan tekstur cincau yang tak terlalu kental tapi lembut.

2. Diremas, Tidak Diblender

Siapkan baskom, remas-remas daun cincau dengan sedikit air terlebih dahulu. Setelah daun hancur, baru tambahkan 500 cc air sedikit demi sedikit. Kemudian, saring. Lalu, tambahkan lagi sisa air sedikit demi sedikit sambil pada daun sambil kembali diremas hingga kandungan jelinya keluar. Lalu, saring dan campurkan ke hasil saringan yang pertama.

3. Simpan di Wadah Tertutup

Hasil saringan tadi bisa disimpan dalam wadah tertutup, lalu disimpan di dalam kulkas. Nanti cincau hijau akan mengental dan membentuk tekstur seperti jeli yang lembut. Cincau pun bisa dinikmati kapan saja dengan air gula atau sirup dan santan.

Cukup mudah, bukan? Selamat mencoba membuat sendiri cincau hijau yang lembut di rumah.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading