Sukses

Lifestyle

Destinasi Kuliner dan Makanan Andalan Indonesia, Apa Saja?

Fimela.com, Jakarta Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa yang kaya akan khazanah budayanya. Salah satu bukti kekayaan budaya dari berbagai suku bangsa di Indonesia adalah ragam kuliner.

Bahkan. saat traveling pun, kuliner menjadi salah satu hal yang paling diincar para wisatawan. Oleh karenya, Kementrian Pariwisata pun ada beberapa kota di Indonesia yang bisa dijadikan destinasi kuliner.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengatakan beberapa daerah yang bisa dijadikan destinasi kuliner ialah Bali, Yogyakarta, Solo, Semarang, Padang, Surakarta, Malang, Surabaya, Bandung, dan Makassar.

Makanan andalan

Arief Yahya menambahkan, industri kuliner memberikan sumbangan cukup besar dalam ekonomi kreatif. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan industri kuliner, kini Indonesia telah memiliki national food yang bisa diperkenalkan ke mancanegara.

Makanan tersebut diantaranya soto, nasi goreng, rendang, gado-gado, dan sate. Sedangkan untuk minuman, Indonesia memiliki minuman fermentasi yang diciptkan oleh para leluhur bangsa Indonesia.

Saat ini, perkembangan minuman fermentasi kian populer, bukan hanya dinikmati pada acara budaya dan adat istiadat, tetapi juga Arak Bali kini sudah bisa dinikmati sebagai bahan campuran cocktail di ratusan hotel yang ada di Bali.

“Produk minuman fermentasi nusantara harus dipromosikan agar mampu memiliki nilai jual dan mendukung promosi pariwisata Indonesia, kalau bisa produknya diekspor,” kata anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia Sidarto Danusubroto pada acara Pesona Minuman Fermentasi Nusantara, di Universitas Podomoro.

Senada dengan Sidarto, mantan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Saleh Husin mengungkapkan, minuman fermentasi harus dikembangkan sebagai salah satu budaya dan ciri khas bagi Indonesia, maka diperlukan riset sehingga menghasilkan minuman yang berkualitas.

 

 

Simak video berikut

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading