Sukses

Lifestyle

Cara Bertengkar Sehat dalam Hubungan

ringkasan

  • Bertengkar dalam hubungan merupakan hal yang baik, asal dilakukan dengan cara yang sehat
  • Bertengkar yang sehat adalah bertengkar yang fokus pada masalah dan bertujuan untuk mencari solusi
  • Akhiri dengan maaf tanpa dendam dan kembali buat pasangan merasa dicintai setelah selesai

Fimela.com, Jakarta Bertengkar dengan pasangan bukan sesuatu hal yang aneh dan harus dihindari. Bertengkar itu pertanda bahwa dalam hubungan, kedua belah pihak punya kesempatan yang sama untuk mengungkapkan opininya, dan itu merupakan salah satu ciri hubungan yang sehat.

Kendati demikian, pertengkaran dengan pasangan juga bisa jadi salah satu hal buruk kalau dibiarkan terjadi tak terkendali, apalagi sampai keluar konteks. Cara bertengkar yang seperti ini tidak bisa dibiarkan terus terulang kalau masih mau mempertahankan hubungan.

Demi hubungan yang baik, beginilah gambaran pertengkaran sehat dengan pasangan.

Bertengkar Sehat dengan Pasangan

Tidak menggeneralisir

Menjaga permasalahan tetap pada topik inti sangat harus dilakukan agar pertengkaran tidak melebar ke hal-hal yang tidak perlu. Alih-alih masalah selesai, hal yang tak seharusnya dibahas malah bisa jadi bibit pertengkaran baru dan membuat situasi jadi runyam.

Pahami sudut pandang pasangan

Jangan menjadikan dirimu sebagai tolak ukur segala hal. Ketika bertengkar, bagaimana opini dan perasaan pasanganmu juga harus dikedepankan. Cobalah untuk memahami sudut pandangnya, begitu pula dia terhadap dirimu. Dengan begitu kalian juga akan lebih mudah berkompromi untuk cari solusi dari apa yang dipermasalahkan.

Fokus Pada Solusi

Tahu kapan harus berhenti

Mendiamkan masalah berlarut-larut memang tidak baik, tapi memaksakan untuk terus membahasnya ketika situasi sudah terlalu runyam juga berbahaya. Ketahui kapan harus berhenti, dan kapan kamu bisa membahasnya dalam keadaan kepala dingin.

Belajar minta maaf dan memaafkan

Dalam hubungan, mencari siapa yang benar dan siapa yang salah itu tidak lebih penting daripada saling menerima dan bekerja sama memastikan hubungan terus berjalan dengan baik-baik saja. Belajarlah untuk minta maaf dan memaafkan. Berikan extra effort untuk membuat pasanganmu merasa dicintai setelah pertengkaran yang terjadi.

Ingatlah, ini bukan tentang kamu melawan dia, tapi kalian berdua melawan masalah. Klise, tapi begitulah adanya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading