Sukses

Lifestyle

4 Langkah Membuat Tape Ketan Hitam yang Manis

ringkasan

  • Beras Direndam Semalaman
  • Tuang Air Panas pada Beras Ketan yang Dikukus
  • Bungkus dengan Daun Pisang

Fimela.com, Jakarta Sering gagal dalam membuat tape ketan hitam? Kalau salah dalam proses pembuatan dan pengolahannya, tape ketan hitam rasanya akan jadi asam dan pastinya kurang enak. Untuk membuat tape ketan hitam yang manis memang ada beberapa langkah penting yang harus diperhatikan.

Bila ingin membuat tape ketan hitam dari 500 gram beras ketan hitam, kita bisa menggunakan 2 gelas air panas, 2 sdm gula halus, dan 2 butir ragi. Daun pisang juga diperlukan untuk membungkus. Langkah berikutnya langsung simak di bawah ini.

1. Beras Direndam Semalaman

Beras ketan yang sudah dicuci, direndam semalaman terlebih dahulu. Keesokan harinya saat akan dimasak, beras perlu ditirisakan hingga kesat. Kemudian, kukus beras ketan setengah matang.

2. Tuang Air Panas pada Beras Ketan yang Dikukus

Begitu beas ketan yang dikukus sudah mengepulkan uap panas, siram dengan 2 gelas air panas. Kemudian aduk kembali sampai rata. Lanjutkan proses pengukusan sampai beras ketan matang. Setelah matang, beras diratakan dalam nampan. Biarkan sampai benar-benar dingin.

3. Bungkus dengan Daun Pisang

Kita bisa mengambil wadah yang besar sekaligus dan memberinya alas daun pisang. Masukkan beras ketan, ratakan, lalu taburi dengan ragi yang sudah dihaluskan (dan gula bila ingin rasanya lebih manis) sampai rata. Tambahkan lapisan beras ketan, taburi dengan ragi, dan lakukan berulang sampai beras habis. Tutup permukaan atas dengan daun pisang. Pastikan ditutup rapat. Bisa dilapisi dengan kain serbet bersih di atasnya sebagai penutup. Simpan di tempat yang hangat.

4. Tape Ketan Baru Boleh Dibuka setelah 3 Hari 2 Malam

Jangan terlalu sering membuka dan menutup daun pisang atau mengintip tape ketan. Agar fermentasinya berjalan dengan baik, sebaiknya tape ketan baru boleh dibuka setelah 3 hari 2 malam.

Selamat mencoba, ya. Semoga tape ketan hitam yang dihasilkan bisa manis sesuai harapan.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading