Sukses

Lifestyle

Mati Lampu, Ini 3 Cara Mencegah Kebakaran Saat Pasang Lilin

ringkasan

  • Mati lampu yang terjadi pada Minggu (4/8) bukan hanya terjadi di Ibu Kota, tetapi juga di sejumlah wilayah di Jawa Barat, Bekasi, dan Banten.
  • Pemasangan lilin menyebabkan kebaran di sejumlah lokasi di Jakarta.
  • Untuk itu, penting sekali mencegah risiko api lilin menyambar barang mudah terbakar dengan 3 cara berikut ini.

Fimela.com, Jakarta Listrik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi sempat mati total pada Minggu (4/8) sekitar pukul 11.50 WIB. Mati lampu juga terjadi di wilayah Jawa Barat lainnya, banten, bahkan Jawa Tengah dalam waktu yang hampir bersamaan. Untungnya, listrik di sebagian wilayah Ibu Kota kembali menyala sekitar pukul 18.00 WIB. Namun, hingga pukul 21.00 WIB, masih saja ada wilayah yang listriknya masih padam. 

Dalam kondisi mati lampu, masyrakat biasanya akan menyalakan lilin agar tetap bisa melanjutkan aktivitas. Terutama di malam hari. Namun, lilin juga bisa menjadi penyebab kebakaran. 

Selama mati lampu kemarin, Antara News mewartakan, terjadi peristiwa kebakaran di 8 wilayah Jakarta dan Pasar Minggu. Kebakaran terjadi pada Minggu (4/8) malam hingga Senin (5/8) dini hari. 

 

Vihara Ekayana Arama di Jakarta Barat pun menjadi korban. Api menjilat Vihara kemarin sekitar pukul 15.39 WIB. Selain itu juga, Antara News melaporkan, ada 25 unit mobil damkar yang dikerahkan untuk menangani kebakaran di kawasan hunian padat penduduk di Jalan Pisang Batu RW 11, Kelurahan Mangga Dua Selatan, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, pada Minggu (4/8) kemarin. Untuk itu, sebaiknya Sahabat Fimela berhati-hati ketika memasang lilin selama mati lampu. 

 

Jangan Letakkan Lilin di Tempat Tinggi

Lilin lama kelamaan akan habis. Namun, tanpa wadah yang kuat, lilin bisa saja jatuh dan mengenai barang-barang yang mudah terbakar. Seperti taplak meja, selimut, keset, atau lainnya. Jadi, lebih baik taruh lilin di tempat yang tidak tinggi, sehingga jika terjatuh, hanya mengenai tanah atau barang yang tidak mudah terbakar. 

Gunakan Wadah Kaca

Selain itu, agar lelehan lilin dan percikan api tidak jatuh ke barang yang mudah terbakar, letakkan lilin menyala di wadah yang tidak mudah terbakar. Lebih amannya, taruh lilin menyala di atas wadah berbahan kaca. Selain itu, hindari meletakkan lilin di atas barang elektronik. 

Ubin dan Teras

Ketika kamu dan keluarga pergi tidur, letakkan lilin jauh dari jangkauan dan dari barang-barang mudah terbakar. Lebih baik lagi, tidak perlu membiarkan lilin tetap menyala selama kamu tidur. Karena, kamu tidak akan pernah tahu posisi lilin tersebut apakah terjatuh atau bisa menyambar barang lain. 

Lebih aman, sebaiknya Sahabat Fimela meletakkan lilin berwadah kaca di lantai. Atau juga bisa di teras, sehingga risiko kebakaran lebih kecil. 

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading