Sukses

Lifestyle

Tips Merebus Lidah Sapi agar Tidak Alot, Ikuti 3 Langkahnya

ringkasan

  • Air Didihkan Terlebih Dahulu
  • Rebus Lidah dengan Posisi Tenggelam Sepenuhnya
  • Tambahkan Air Bila Perlu

Fimela.com, Jakarta Lidah sapi ada baiknya diolah dalam keadaan segar. Waktu penyimpanannya sangat pendek jadi sebaiknya begitu baru dibeli atau didapat dari tukang daging, kita langsung mengolahnya. Lida sapi perlu direbus terlebih dahulu sebelum diolah atau dibumbui. Proses perebusan pun perlu memperhatikan beberapa hal agar hasilnya tidak alot.

Lidah sapi perlu dibersihkan lebih dahulu dengan menyikat permukaannya secara merata. Bersihkan di bawah air mengalir. Pastikan lidah sudah bebas dari kotoran dan darah. Dalam proses perebusannya, ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan.

1. Air Didihkan Terlebih Dahulu

Didihkan air terlebih dahulu dengan api besar. Kita bisa menambahkan beberapa rempah seperti jahe, serai, dan lengkuas. Bisa juga menambahkan aneka daun beraroma segar seperti daun jeruk untuk menghilangkan bau amis lidah sapi.

 

2. Rebus Lidah dengan Posisi Tenggelam Sepenuhnya

Saat air sudah mendidih, baru kita masukkan lidah sapi. Pastikan posisinya tenggelam sepenuhnya. Rebus sampai lunak yang ditandai dengan warna daging yang berubah jadi putih. Kita juga bisa menguji tingkat kematangannya dengan menusukkan pisau ke bagian yang paling tebal. Bila sudah mudah ditusuk, berarti lidah sudah lunak.

Lama perebusan tergantung dari besarnya lidah dan panci yang digunakan. Bila kita menggunakan panci presto, setelah uapnya keluar kita bisa langsung memasak lidah ke panas sedang selama 15 menit per 450 gram lidah. Sedangkan bila menggunakan panci biasa, mungkin butuh waktu hingga satu jam lebih.

3. Tambahkan Air Bila Perlu

Proses perebusan lidah bisa memakan waktu yang lebih banyak dari yang kita duga. Dalam proses perebusannya, kita bisa menambahkan air bila perlu saat air sudah menyusut. Setelah lidah selesai direbus, segera kupas laposan terluar secara memanjang dengan bantuan pisau panjang. Proses pengupasan sebaiknya dilakukan saat lidah masih dalam keadaan panas karena bila sudah dingin, lapisan tersebut akan sulit untuk dikupas.

Lidah yang sudah selesai direbus bisa diolah dengan aneka bumbu lainnya sesuai selera. Dengan proses perebusan yang tepat, kita bisa mendapatkan tekstur lidah yang lembut dan lezat untuk diolah.

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading