Sukses

Lifestyle

10 Jenis Kuliner Khas Hari Kemerdekaan, Favoritmu Apa?

Fimela.com, Jakarta Bulan Agustus menjadi bulan yang spesial buat bangsa Indonesia. Tepat di setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan RI. Ada banyak hal menarik yang dilakukan masyarakat untuk memperingati kemerdekaan mulai dari menggelar karnaval budaya, menyelenggarakan berbagai lomba khas Agustus juga menyediakan beragam kuliner khas Hari Kemerdekaan.

Ada beberapa kuliner khas Indonesia yang selalu dihidangkan saat Hari Kemerdekaan. Beragam kuliner ini mengandung makna tersendiri sehingga tidak jarang menjadi menu wajib saat memperingati Hari Kemerdekaan.

Penasaran kira-kira kuliner apa saja yang khas dengan Hari Kemerdekaan?

Kuliner Khas Hari Kemerdekaan

Nasi Tumpeng

Kuliner pertama ada nasi tumpeng. Ini menjadi menu wajib Hari Kemerdekaan. Nasi tumpeng yang terbuat dari nasi kuning biasanya disajikan dengan beragam lauk. Sedikitnya ada tujuh lauk dalam sajian nasi tumpeng.

Klepon Merah Putih

Kuliner kedua yang khas Hari Kemerdekaan ada klepon merah putih. Klepon sendiri adalah kue tradisional khas Jaw Tengah. Makan klepon saat memperingati kemerdekaan adalah hal yang mengesankan.

Kerak Telor

Kuliner khas Hari Kemerdekaan selanjutnya ada kerak telor. Ini merupakan kuliner khas Betawi. Di setiap peringatan Hari Kemerdekaan, akan mudah bagi menemukan kerak telor.

Telok Pindang

Kuliner merupakan kuliner yang mudah ditemukan di Palembang. Telok pindang adalah telur ayam yang direbus selama lima jam bersama rempah-rempah seperti serai, garam, gula merah dan asam jawa. Makan telok pindang di Hari Kemerdekaan memberi pengalaman yang cukup mengesankan.

Telok Abang

Selain telok pindang, ada juga telok abang. Ini juga merupakan makanan khas Palembang. Telok abang adalah telur yang dimasak dengan bumbu rempah warna merah. Biasanya, kuliner ini dijual oleh pedagang kerajinan khas Palembang di sana.

 

Puding Merah Putih dan Empat Kuliner Lainnya

Puding Merah Putih

Kuliner khas Hari Kemerdekaan selanjutnya ada puding merah putih. Puding ini dibuat untuk melambangkan bendera Indonesia yang merah putih. Puding merah putih dibuat dengan harapan bisa menambah kecintaan masyarakat Indonesia terhadap tanah air.

Nasi Jagung

Nasi jagung juga menjadi salah satu kuliner khas Hari Kemerdekaan. Nasi jagung akan disajikan bersama sayur urap, lodeh, ikan asin dan beberapa lauk lainnya.

Ayam Tuturaga

Ini merupakan kuliner khas Manado. Rasa kuliner ini begitu menggugah selera dan tak terlewat untuk disajikan saat acara besar seperti peringatan Hari Kemerdekaan.

Ayam Goreng Paniki

Kuliner khas Hari Kemerdekaan selanjutnya ada ayam goreng paniki. Ini merupakan kuliner khas Manado juga.

Nasi Tutug Oncom

Kuliner ini juga merupakan kuliner khas Hari Kemerdekaan. Nasi ini biasanya disajikan di dalam kendil tanah liat. Disandingkan dengan berbagai lauk seperti ayam, ikan atau bebek goreng, menu ini sangat menggugah selera.

Itulah beberapa kuliner khas Hari Kemerdekaan. Dari berbagai jenis kuliner yang ada, mana nih yang menjadi favoritmu? Dirgahayu Indonesia, makin jaya dan mengesankan selalu.

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading