Sukses

Lifestyle

4 Tips Simpel agar Kering Tempe Renyah dan Tahan Lama

ringkasan

  • Pilih Tempe yang Padat
  • Gunakan Minyak Banyak
  • Cabai dan Bawang Digoreng

Fimela.com, Jakarta Kering tempe adalah lauk sehari-hari yang mudah dibuat. Bahkan bisa dibuat stok makanan untuk waktu lama karena daya tahannya yang awet. Cocok untuk dijadikan makanan sehari-hari hingga bekal.

Untuk membuat kering tempe yang renyah dan tahan lama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ada empat tips mudah yang bisa diikuti untuk membuat kering tempe yang lebih renyah dan tahan lama. Langsung saja simak di sini tipsnya.

1. Pilih Tempe yang Padat

Di pasaran mudah mendapatkan tempe kotak yang sudah dibungkus plastik. Tempe yang padat sangat cocok untuk diolah menjadi kering tempe. Tempe yang halus permukaannya dan padat butirannya bisa digoreng sampai garing dan tidak mudah hancur.

2. Gunakan Minyak Banyak

Tempe yang sudah diiris bisa langsung digoreng. Usahakan menggunakan minyak banyak sampai semua tempe terendam supaya hasilnya matang merata dan kering sempurna. Tapi jangan sampai wajan terlalu penuh karena malah akan menghambat proses pematangan tempe.

 

 

3. Cabai dan Bawang Digoreng

Bahan bumbu seperti cabai dan bawang yang sudah diiris perlu digoreng terlebih dahulu. Bawang putih pun perlu digoreng agar nanti bisa membuat kering tempe jadi terasa lebih gurih. Bila ingin menambahkan teri atau irisan kentang, perlu digoreng dulu kemudian ditiriskan untuk nantinya dicampurkan ke dalam kering tempe.

4. Gunakan Sedikit Air

Untuk mengencerkan gula, gunakan sedikit air saja. Kita bisa memasak air asam, gula merah, garam, lengkuas, daun salam, dan sedikit air sampai benar-benar mengental. Bila sudah mengental dan bertekstur seperti rambut, kita bisa memasukkan irisan tempe dan bumbu kering. Aduk rata semua bahan dan tambahkan garam bila perlu.

Kering tempe yang sudah hilang uap panasnya bisa disimpan dalam stoples kaca dengan tutup rapat agar awet. Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading