Sukses

Lifestyle

4 Olahan Tempe Semanggit yang Sedap Bikin Nagih

Fimela.com, Jakarta Tempe semanggit merupakan tempe yang telah disimpan dalam waktu lama dan telah mengalami perubahan warna serta aroma. Ciri utama tempe semanggit adalah aromanya yang menyengat tajam dengan aroma khas.

Meski telah disimpan dalam waktu lama dan mengalami perubahan warna juga aroma, tempe semanggit masih bisa diolah menjadi berbagai masakan yang enaknya juara. Ada beberapa masakan yang terbuat dari tempe semanggit dan rasanya justru makin sedap bikin nagih. Berikut olahan tempe semanggit yang sedap bikin nagih.

Sambal Tumpang dan Lodeh Tempe

Lodeh Tempe Semanggit

Olahan pertama yang terbuat dari tempe semanggit adalah sayur lodeh. Aroma tempe yang cukup menyengat, dipadukan kuah santan gurih dan bumbu rempah kuat akan tercipta satu rasa yang enaknya tak bisa diungkapkan lewat kata-kata.

Sambal Tumpang

Olahan dari tempe semanggit selanjutnya ada sambal tumpang. Sambal tumpang memiliki cita rasa yang pedas gurih menggugah selera. Dalam pembuatannya, sambal tumpang ditambahkan kuah santan kental, bumbu bawang putih, bawang merah, cabai rawit, lengkuas, kencur, daun jeruk dan batang serai serta garam. Sambal tumpang kemudian ditumis sehingga menciptakan rasa khas yang sangat menggugah selera.

Botok Tempe Semanggit dan Mendol

Botok Tempe Semanggit

Tempe semanggit juga bisa diolah menjadi botok yang sedap menggugah selera. Botok tempe semanggit biasanya juga dibuat bersama daun beluntas atau biji petai cina.

Tempe Mendol

Tempe mendol merupakan makanan khas Jawa Timur. Bahan utama untuk membuat tempe mendol yang gurih dan menggugah selera adalah tempe semanggit. Cita rasa tempe mendol yakni gurih pedas.

Itulah beberapa olahan makanan yang bisa dibuat dari tempe semanggit. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Simak Juga Video Berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading