Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Nasi Liwet yang Lembut dan Matang Sempurna

Fimela.com, Jakarta Nasi liwet merupakan beras yang dimasak dengan cara direbus bersama air dengan takaran cukup banyak hingga akhirnya menghasilkan nasi yang lembek dan lembut enak. Nasi liwet sangat cocok disajikan bersama ikan goreng, ayam goreng, sambal goreng atau cukup sambal bawang.

Nasi liwet adalah makanan yang begitu khas di Jawa Barat, Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Nasi liwet ada yang rasanya tawar karena tidak ada tambahkan santan dan garam namun ada juga yang gurih karena dimasak bersama bumbu-bumbu termasuk santan dan garam.

Ngomongin soal nasi liwet, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan demi mendapatkan nasi liwet yang matang sempurna dan lembut tanpa membuat panci gosong. Begini caranya.

Cara Memasak Nasi Liwet

  1. Pilih beras berkualitas untuk memasak nasi liwet yang enak dan empuk atau pulen. Kualitas beras sangat menentukan nasi liwet yang dihasilkan.
  2. Masak beras dengan air yang masih dingin dengan api sedang saja sampai mendidih dan matang.
  3. Usahakan untuk menggunakan air dengan takaran 3 sampai 4 kali banyak beras.
  4. Selama memasak nasi liwet, usahakan untuk mengaduk nasi liwet secara rutin atau terus menerus. Mengaduk nasi liwet secara terus menerus akan mencegah panci gosong dan air untuk memasak tercampur rata bersama nasi.
  5. Jika memasak nasi liwet bersama bumbu, usahakan agar memasukkan bumbu saat nasi liwet setengah matang.

Itulah cara memasak nasi liwet yang lembut dan enak. Semoga tips dapur ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading