Sukses

Lifestyle

Cara Mengobati Sakit Radang Tenggorokan pada Anak Secara Alami dan Cepat

Fimela.com, Jakarta Sakit radang tenggorokan merupakan penyakit yang umum terjadi. Sakit radang tenggorokan dapat terjadi pada siapapun, terutama anak-anak. Rasa sakit dari radang tenggorokan bisa mengganggu aktifitas seperti makan, minum, menelan air liur, bahkan saat berbicara.

Sakit radang tenggorokan dapat terjadi karena berbagai sebab dan penanganannya pun harus sesuai dengan penyebabnya. Sakit tenggorokan yang paling sering terjadi, karena adanya peradangan di tenggorokan. Peradangan inilah yang menyababkan infeksi lalu menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan. Sakit radang tenggorokan dapat disembuhkan secara alami tanpa harus pergi ke dokter. Berikut adalah cara mengobati radang tenggorokan.

 

Cara Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

Radang tenggorokan dapat terjadi pada siapapun, termasuk anak-anak. Kekebalan tubuh yang lemah menjadi penyebab utama radang tenggorokan pada anak. Namun, orang tua tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan cara mengobati radang tenggorokan pada anak.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan air putih

Salah satu cara mengobati radang tenggorokan pada anak, yaitu dengan memperbanyak minum air putih. Air putih yang kamu minum dapat melembabkan bagian tenggorokan, menghidrasi tubuh, mencegah iritasi dan menenangkan tenggorokan yang sedang meradang. Disarankan untuk minum air putih 8 gelas sehari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan minuman hangat

Minuman yang hangat dipercaya dapat membantu meringankan radang tenggorokan. Ada beberapa pilihan minuman hangat yang bisa kamu coba sebagai cara mengobati radang tenggorokan, antara lain; teh hangat, air jeruk hangat. teh bunga chamomile, dan teh herbal yang biasa dicampur dengan jahe atau akar manis.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan kompres hangat

Saat anak mengalami sakit akibat radang tenggorokan, orang tua dapat mengompres tenggorokan anak sebagai salah satu cara mengobati radang tenggorokan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencelupkan kain bersih ke dalam air hangat, setelah diperas tempelkan kain pada tenggorokan. Ulangi sampai rasa sakit mereda.

Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan

Mengobati radang tenggorokan memang harus dilakukan dengan tepat. Namun, pengobatannya tidak melulu harus pergi ke dokter. Kamu dapat mengobati radang tenggorokan secara alami dengan bahan-bahan yang tentunya aman bagi tubuh. Simak cara alami mengobati radang tenggorokan berikut.

Cara mengobati radang tenggorokan secara alami dengan air garam

Berkumur dengan air garam bisa menjadi cara mengobati radang tenggorokan secara alami. Gunakan garam yang sudah dilarutkan dengan air hangat untuk berkumur. Ramuan ini akan membantu membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan rasa sakit di tenggorokanmu.

Cara mengobati radang tenggorokan secara alami dengan teh lemon dan madu

Selain berkumur dengan air garam, meminum campuran teh lemon dan madu bisa pula menjadi cara mengobati radang tenggorokan secara alami. Lemon berfungsi memecah lendir, sementara madu mampu meningkatkan kekebalan tubuh dalan melawan bakteri dan virus, dan seduhan teh hangat yang berfungsi melemaskan otot tenggorokanmu.

Caranya cukup mudah, campurkan lemon dan madu pada seduhan teh, lalu minumlah selagi hangat.

Cara mengobati radang tenggorokan secara alami dengan susu kunyit

Ternyata, ada obat tradisional yang terbukti dapat menjadi cara mengobati radang tenggorokan, yaitu susu hangat yang ditambah dengan sejumput kunyit bubuk. Kunyit memiliki kandungan anti bakteri dan anti inflamasi, sehingga kombinasi ini dapat berfungsi untuk melawan infeksi dan penyakit yang timbul karena kekebalan tubuh yang lemah.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan dengan Cepat

Radang tenggorokan seringkali mengganggu aktivitas dan produktifitas. Oleh karena itu, banyak orang mencari cara cepat untuk mengobati penyakit ini. Ada beberapa cara mengobati radang tenggorokan dengan cepat. Penasaran? Simak cara-cara dibawah ini.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan mengonsumsi sup ayam

Saat merasakan sakit akibat radang tenggorokan, sebaiknya kamu mencoba untuk mengonsumsi sup ayam. Sup ayam yang masih hangat dapat kamu konsumsi untuk mencukupi kebutuhan gizi tubuhmu. Konsumsilah selagi hangat, karena sup ayam dapat melegakan tenggorokan, membantu mengencerkan lendir, dan membantu meredakan rasa sakit pada tenggorokan akibat radang tenggorokan. Cara ini bisa kamu terapkan sebagai cara mengobati radang tenggorokan dengan cepat.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan minum air jahe

Jahe dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang dapat membunuh bakteri. Selain itu jahe juga dapat mengencerkan dan menghilangkan lendir yang ada di tenggorokanmu. Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba meminum jahe sebagai cara mengobati radang tenggorokan yang sedang kamu derita.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan mengonsumsi obat pereda nyeri

Salah satu pengobatan efektif yang bisa kamu coba menjadi cara mengobati radang tenggorokan adalah dengan minum obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri yang dapat dengan mudah kamu temukan di apotek antara lain; aspirin, parasetamol dan ibuprofen. Namun, kamu harus berhati-hati saat mengonsumsi obat-obatan tersebut. Bacalah aturan pakai sebelum mengonsumsinya.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan mengonsumsi permen pelega tenggorokan

Tidak sulit untuk menjumpai permen pelega tenggorokan yang dijual bebas di pasaran. Jika memang sedang berada diluar rumah dan kebetulan kamu merasakan sakit tenggorokan, tidak ada salahnya untuk mencoba permen pelega tenggorokan.

Carilah permen pelega tenggorokan yang mengandung ekstrak menthol, peppermint, atau eucalyptus yang bisa menenangkan dan memberi efek dingin pada tenggorokan. Ketiga jenis bahan ini mengandung senyawa anti peradangan, anti bakteri, dan anti virus yang dapat membantu mengobati radang tenggorokan.

 

(Mila Ismiranda/dikutip dari berbagai sumber)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading