Sukses

Lifestyle

Cara Membersihkan Paru-Paru Perokok dari Flek dan Lendir secara Alami

Fimela.com, Jakarta Paru-paru merupakan organ pada sistem pernafasan dan berhubungan dengan sistem peredaran darah. Paru-paru berfungsi menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

Paru-paru sebagai salah satu organ vital dalam tubuh harus kita jaga dengan baik, jangan sampai paru-paru memiliki banyak masalah yang justru menyusahkan pemilik tubuh. Jika kamu memiliki permasalahan dengan kebersihan paru-paru, maka kami memiliki solusinya. Berikut adalah cara membersihkan paru-paru perokok dari flek dan lendir secara alami.

Cara Membersihkan Paru-paru Perokok

Ketika merokok, paru-paru kamu akan mengalami berbagai perubahan mulai dari perubahan tingkat sel sampai perubahan warna paru-paru. Paru-paru perokok akan berwarna lebih hitam dan coklat daripada paru-paru non-perokok. Berikut kami bagikan kepada kamu cara membersihkan paru-paru perokok.

Minum secangkir teh hijau di malam hari

Salah satu cara membersihkan paru-paru perokok adalah dengan meminum secangkir teh hijau di malam hari. Teh hijau mengandung zat anti oksidan yang baik untuk melepas racun di dalam tubuh, termasuk nikotin. Minumlah teh hijau pada malam hari sebelum tidur agar sedikit demi sedikit racun dalam tubuhmu terbuang keesokan harinya.

Minum secangkir jahe dan peppermint

Jahe merupakan bahan alami yang memilik banyak fungsi. Selain menambah cita rasa makanan, jahe juga bermanfaat membersihkan paru-paru karena di dalamnya terkandung zat antiseptik dan anti bakteri. Cobalah meminum secangkir jahe yang ditambah dengan peppermint sebagai cara membersihkan paru-paru perokok.

Meningkatkan konsumsi selenium

Selain teh hijau dan jahe, cara membersihkan paru-paru perokok adalah dengan memperbanyak konsumsi selenium. Selenium terkandung dalam telur, ikan salmon, ayam, keju, jamur dan oat. Selenium akan merangsang peningkatan enzim dan vitamin E dalam tubuh, sehingga dapat memaksimalkan fungsi paru-paru.

Rajin Berolahraga

Olahraga yang dilakukan secara teratur akan meningkatkan kinerja paru-paru, dengan demikian paru-paru akan menyalurkan udara ke seluruh tubuh dengan maksimal. Olahraga yang bisa kamu lakukan yaitu seperti jogging, senam, lari dan sit up. Tidak ada salahnya memanfaatkan olahraga sebagai cara membersihkan paru-paru perokok.

Cara Membersihkan Paru-paru dari Flek

Flek yang terjadi pada paru-paru diakibatkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini dapat menular kepada orang lain melalui semburan dahak atau ingus yang dikeluarkan penderita. Berikut akan kami bagikan kepada kamu, cara membersihkan paru-paru dari flek.

Konsumsi bawang putih secara teratur

Bawang putih bisa kamu gunakan sebagai cara membersihkan paru-paru dari flek. Bawang putih mengandung asam sulfur, allicin, dan ajoene yang mampu menghambat perkembangan bakteri. Bawang putih bisa kamu konsumsi bersamaan dengan susu.

Konsumsi lada hitam

Lada hitam mengandung zat anti inflamasi yang bisa menjadi cara membersihkan paru-paru dari flek. Dengan zat anti inflamasi yang terkandung di dalamnya, lada hitam tidak hanya membersihkan paru-paru, namun juga dapat meringankan gejala nyeri pada dada.

Cara yang perlu kamu lakukan yakni dengan menggoreng 8-10 butir lada hitam dengan mentega, lalu tambahkan sejumput bubuk asafetida dan biarkan sampai dingin. Setelah itu pisahkan menjadi 3 bagian sama rata, dan konsumsilah satu persatu setiap beberapa jam sekali.

Cara Membersihkan Paru-paru dari Lendir

Penumpukan lendir pada paru-paru akan membuat pernafasan kamu menjadi terganggu. Terbentuknya lendir dipengaruhi oleh beberapa kondisi kesehatan, di antaranya refluks asam lambung, alergi, asma, dan adanya infeksi bakteri atau virus. Berikut akan kami berikan tips cara membersihkan paru-paru dari lendir.

Konsumsi buah nanas

Mengonsumsi buah nanas bisa kamu jadikan cara membersihkan paru-paru dari lendir. Buah nanas kaya akan serat dan vitamin c yang ampuh membersihkan dan mengurangi pembentukan lendir, bahkan memberikan pemulihan dengan cepat. Cara mengonsumsinya bisa dengan menjadikan nanas sebagai jus, maupun dengan cara meminum air rebusannya.

Terapi uap

Salah satu cara membersihkan paru-paru dari lendir adalah dengan melakukan terapi uap. Terapi uap akan membuat lendir di paru-paru menjadi encer sehingga mudah dikeluarkan dari tubuh. Penguapan akan membuat inflamasi mereda dan dada menjadi lebih nyaman untuk bernafas.

Mengontrol batuk

Ketika kamu mengalami batuk, tubuhmu akan memproduksi dahak. Semakin banyak dahak yang dikeluarkan, maka kondisi tubuh akan semakin baik. Metode ini pun bisa kamu gunakan sebagai cara membersihkan paru-paru dari lendir. Dengan mengontrol batuk, kamu bisa memaksa lendir atau kotoran yang ada di paru-paru untuk keluar dengan cepat.

 

Cara Membersihkan Paru-paru secara Alami

Ada banyak cara yang bisa dipergunakan untuk membersihkan paru-paru kamu dari lendir dan flek yang mungkin bersarang di dalamnya. Namun ada cara alami yang bisa juga kamu gunakan, yuk simak informasinya.

Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat bisa menjadi cara membersihkan paru-paru secara alami, karena makanan turut mempengaruhi kesehatan paru-paru kita. Minumlah segelas air lemon setiap harinya, diimbangi dengan makanan yang kaya akan vitamin c, serta makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

Melakukan aktivitas di luar ruangan

Cara membersihkan paru-paru secara alami adalah dengan melakukan aktivitas di luar ruangan. Tentu saja lingkungan yang kamu pilih untuk beraktivitas adalah lingkungan yang memiliki tingkat polusi rendah. Carilah lingkungan yang masih menyimpan udara segar, utamanya pagi hari agar membantu paru-paru kita bekerja dengan baik.

 

Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan paru-paru dari flek dan lendir. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading