Sukses

Lifestyle

16 Tips Cara Menghilangkan Ngantuk Berat di Pagi Hari saat Bekerja di Kantor

Fimela.com, Jakarta Kantuk adalah kondisi ketika seseorang merasa ingin tidur, kondisi ini bisa terjadi sewaktu-waktu dan merupakan hal yang wajar.

Rasa mengantuk timbul karena kurang tidur, gangguan mental, penyakit, serta penggunaan obat-obat tertentu. Berikut kami bagikan tips cara menghilangkan ngantuk.

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk

Rasa kantuk umumnya terjadi karena kurang tidur. Kebutuhan waktu tidur tidak tercukupi, sehingga tubuh akan menjadi lelah dan muncul kantuk. Berikut adalah cara menghilangkan rasa ngantuk yang bisa kamu coba.

Meningkatkan kualitas tidur

Meningkatkan kualitas tidur sangat efektif diterapkan sebagai cara menghilangkan rasa ngantuk. Batasilah aktivitas pada malam hari dan hindarkan dari gangguan ponsel, laptop, maupun tv. Cukupi kebutuhan tidur sebagai cara menghilangkan ngantuk.

Bergerak atau jalan kaki

Cara menghilangkan ngantuk yakni dengan bergerak atau berjalan kaki. Kegiatan ini bisa meningkatkan energi dan memompa oksigen menuju seluruh tubuh. Dengan demikian rasa ngantuk akibat kekurangan suplai oksigen bisa dihindari.

Melakukan teknik pernapasan

Melakukan teknik pernapasan bisa kamu coba sebagai cara menghilangkan rasa ngantuk. Berikut cara yang perlu kamu lakukan.

  1. Duduklah dengan tegak dan fokuslah untuk bernapas menggunakan perut
  2. Letakkan tangan kanan pada perut, tepatnya di bawah rusuk. Sedangkan tangan kiri letakkan pada dada.
  3. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan biarkan perut mendorong tangan kanan. Jangan biarkan dada bergerak
  4. Embuskan napas melalui bibir yang mengerucut
  5. Ulangi cara ini 10 kali.

Cara Menghilangkan Ngantuk saat Bekerja

Demi tuntutan pekerjaan, seringkali kamu mengorbankan jam tidur yang kadang justru membuatmu mengantuk saat bekerja. Berikut adalah cara menghilangkan ngantuk saat bekerja.

Mengonsumsi camilan menyehatkan

Cara menghilangkan ngantuk saat bekerja bisa juga dengan mengonsumsi camilan menyehatkan. Camilan yang disarankan yakni berupa yogurt, biskuit gandum, buah-buahan yang mengandung vitamin c, cokelat hitam maupun teh hijau.

Tidur siang sejenak

Tidur siang sejenak bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ngantuk saat bekerja. Tidur siang dapat membuat tubuh lebih rileks, kamu bisa melakukannya dengan duduk ataupun berbaring jika memungkinkan. Cukup ambil waktu antara 15-20 menit setiap harinya.

Mengobrol

Ketika kamu sedang bekerja dan tiba-tiba terserang kantuk, cara mengurangi ngantuk saat bekerja yang bisa kamu lakukan yakni mengobrol dengan rekanmu. Mengobrol akan meningkatkan tingkat kewaspadaan serta kemampuan berkonsentrasi.

Mencari sinar matahari

Rasa ngantuk dapat timbul karena kurangnya cahaya ataupun sinar yang kamu terima. Cahaya yang meredup akan membuat mata perlahan-perlahan mulai mengantuk. Untuk itulah, mencari cahaya atau sinar matahari bisa menjadi cara mengurangi ngantuk saat bekerja.

Cara Menghilangkan Ngantuk Berat

Ngantuk berat umumnya terjadi karena kurang tidur, namun bisa juga karena stres, depresi, maupun dehidrasi. Berikut kami rekomendasikan cara menghilangkan ngantuk berat.

Tidur malam yang cukup

Tidur malam yang cukup menjadi salah satu cara menghilangkan ngantuk berat. Jangan sampai memotong jam tidurmu hanya untuk melakukan hal-hal yang tidak berguna, karena justru akan merugikanmu. Ambillah waktu yang cukup untuk beristirahat agar tubuh kembali bugar.

Jaga kualitas tidur

Salah satu cara menghilangkan ngantuk berat yakni dengan menjaga kualitas tidur. Untuk mendapat kualitas tidur yang baik yakni dengan menjauhkan tempat tidur dari keberadaan gadget dan peralatan elektronik lainnya.

Hindari konsumsi alkohol

Menghindari konsumsi alkohol sangat efektif diterapkan sebagai cara menghilangkan ngantuk berat. Mengapa demikian? Alkohol memberikan efek buruk bagi kesehatan, karena justru meningkatkan rasa cemas dan kewaspadaan yang akan mengganggu jam tidurmu.

Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Ada kalanya kamu sudah beristirahat semalaman, namun pagi harinya masih merasa ngantuk. Apa yang terjadi semalaman mempengaruhi kondisi tubuh ketika bangun keesokan harinya. Yuk, simak cara menghilangkan ngantuk di pagi hari berikut ini.

Olahraga

Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari bisa dengan melakukan olahraga, seperti jogging maupun aerobik. Olahraga yang dilakukan saat pagi hari dapat menambah energi sampai keesokan harinya, meningkatkan kualitas tidur dan memperlancar peredaran darah.

Hindari kafein, red wine dan cokelat di malam hari

Salah satu cara menghilangkan ngantuk di pagi hari yakni dengan menghindari konsumsi kafein, red wine, maupun cokelat di malam hari. Ketiga jenis makanan tersebut justru akan membuat sistem pencernaan bergejolak.

Tidak makan sebelum tidur

Tidak makan sebelum tidur malam bisa kamu terapkan menjadi cara menghilangkan ngantuk di pagi hari. Berilah jeda 2-3 jam antara waktu makan dengan tidur, supaya lambung memiliki kesempatan untuk mencerna makanan yang dikonsumsi sebelumnya.

 

Cara Menghilangkan Ngantuk di Kantor

Mengantuk saat bekerja menjadi hal yang sangat menyebalkan dan bisa mengganggu aktivitas di kantor. Bagaimana jika rasa kantuk tiba-tiba menyerangmu? Yuk, simak cara menghilangkan ngantuk di kantor.

Makan camilan atau minum kopi

Makan camilan dan minum kopi bisa kamu jadikan cara menghilangkan ngantuk di kantor. Konsumsilah secukupnya sebagai pengalih aktivitas sehingga kantuk bisa dihindarkan. Juga jangan terlalu banyak mengonsumsi kafein, karena dapat mengganggu pencernaan.

Sarapan secukupnya

Cara menghilangkan ngantuk di kantor yakni dengan mengambil sarapan secukupnya. Pilihlah sarapan yang mengandung karbohidrat, protein, buah dan sayur agar energi dan daya tahan tubuh terjaga. Hindarilah makanan cepat saji yang dapat menimbulkan rasa kantuk.

Putar musik kesukaan

Memutar musik kesukaan bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ngantuk di kantor. Dengarkan musik kesukaan agar dapat meningkatkan antusiasme dan semangat saat bekerja.

 

Itulah 16 tips cara menghilangkan ngantuk yang bisa kamu coba. Yang terutama ialah memastikan tubuh agar mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Selamat mencoba.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading