Sukses

Lifestyle

4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan agar Fokus Selama WFH

Fimela.com, Jakarta Sebagian orang mungkin berpikir bahwa bekerja dirumah atau yang biasa dikenal dengan istilah wfh sama seperti bekerja sambil liburan, tetapi ternyata justru lebih berat. Ketika kamu berpikir bahwa momen wfh bisa kamu manfaatkan untuk bekerja santai, masalah baru justru bisa hadir dan mengganggu produktivitas kerja, yakni sulit untuk mendapatkan fokus.

Wfh sudah berjalan berminggu-minggu lamanya, bahkan sudah seperti kehidupan dan kebiasaan baru. Bagi kamu yang sudah menyesuaikan diri dengan wfh tentunya hal ini tidak akan menjadi masalah. Namun, bagi kamu yang menemukan hambatan seperti sulit fokus bekerja saat wfh, tentu ini jadi tantangan tersendiri.

Biarpun kelihatannya sepele, mengalami masalah kesulitan fokus saat bekerja akan menghambatmu dalam menyelesaikan pekerjaan. Ada banyak penyebab mengapa sulit untuk fokus bekerja pada saat wfh, beberapa diantaranya rasa malas yang tidak bisa dibendung dan suasana rumah yang ‘homie’ sehingga kita merasa sedang tidak bekerja.

Pastinya hal ini pasti akan sangat menganggu dan membuat kinerja menjadi menurun, akibatnya kamu lambat mengerjakan sesuatu. Oleh karena itu, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 4 hal yang bisa kamu lakukan agar bisa fokus selama wfh. Jangan sampai momen wfh menjadi alasan kenapa pencapaian kerjamu memburuk. Simak informasinya berikut ini.

Jauhkan Ponsel Selama WFH

Hal yang bisa kamu lakukan agar fokus selama wfh adalah menjauhkan ponsel, bahkan jika perlu mematikannya sementara. Media sosial dan hal lainnya yang ada diponsel tentu sangat mudah mendistraksi fokus selama bekerja. Membuatmu merasa gelisah dan terus membukanya setiap waktu hingga kamu tidak fokus pada pekerjaanmu.

Coba atur penggunaan ponsel saat kamu sedang melakakukan pekerjaan di rumah, misalnya dengan memberlakukan kebiasaan hanya mengeceknya setiap dua jam sekali ketika ada pesan maupun panggilan penting. Alternatif lain seperti membalikkan ponselmu dan mengaktifkan mode getar jika memang pekerjaanmu membutuhkan koordinasi via online.

Atur sedemikian rupa penggunaan ponsel sehingga barang elektronik tersebut tidak menjadi penyebab kamu mudah kehilangan fokus saat bekerja. Sesekali ketika kamu merasa penat karena terlalu lama bekerja, kamu boleh memeriksanya atau bermain media sosial sebagai hiburan. Tetapi ingat jangan terlalu lama sampai kamu lupa waktu atau bahkan melupakan pekerjaan utamamu.

Ciptakan Suasana Ruang Kerja Selama WFH

Kedua, hal yang bisa kamu lakukan agar fokus selama wfh ialah menciptakan suasana ruang kerja di rumah senyaman mungkin. Ruang kerja yang nyaman akan membangun mood kamu dalam bekerjan dan tentunya membuatmu lebih mudah fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

Kamu bisa melakukan sedikit dekorasi yang menurutmu dapat meningkatkan semangat dalam bekerja seperti merapihkannya atau menambahkan aksesoris pada tembok seperti kata-kata inspiratif dan lain sebagainya. Apabila kamu suka dengan keheningan dan hal-hal yang simple, kamu bisa menggunakan ruang tamu atau taman bagian belakang untuk kamu jadikan tempat wfh.

Fokus hanya akan tercipta jika kamu merasa nyaman dengan tempat kamu bekerja, maka dari itu, ciptakan suasana senyaman mungkin. Mendekor ruang kerja bisa menjadi dorongan tersendiri buatmu agar lebih serius karena kamu sudah mempersiapkan semuanya dengan baik untuk bekerja selama wfh.

Mendengarkan Musik Klasik Melalui Headphone

Musik klasik biasanya sering direkomendasikan untuk relaksasi, termasuk juga digunakan untuk membangun fokus saat bekerja. Bagi sebagian orang, musik adalah salah satu starter pack yang tidak bisa dipisahkan dalam bekerja karena membuat orang menjadi fokus sekaligus menikmati setiap detik pekerjaan yang ia selesaikan.

Beda orang beda juga tentu genre musik yang disukai, ada yang menyukai genre seperti pop dan rock, tetapi juga ada yang bertahan dengan musik klasik dan instrumen. Bagi kamu yang hanya bisa bekerja dikondisi tenang, genre musik klasik dan instrumen jadi pilihan yang sempurna.

Kamu bisa mendengarkannya melalui headphone agar tidak mengganggu orang lain yang sedang berada di rumah. Akan tetapi hal yang perlu diperhatikan ialah jangan terlalu mengeraskan volume headphone karena akan mengganggu indera pendengaranmu. Pakai volume yang kecil atau sedang saja sehingga kamu tetap bisa menikmati alunan musiknya saat bekerja tanpa harus takut melukai gendang telinga.

Terapkan Teknik Podomoro

Terakhir, hal yang bisa kamu lakukan agar fokus selama wfh ialah menerapkan teknik podomoro. Teknik ini diciptakan oleh Francesco Cirillo pada tahun 1980 yakni, teknik yang mengharuskan kita bekerja serius selama 20 menit lalu mengambil waktu istirahat selama 5 menit.

Hal ini juga Nampak mirip dengan sistem belajar di Finlandia, dimana anak-anak biasanya diberikan waktu selingan instirahat setelah belajar beberapa menit. Hal ini terbukti efektif dapat meningkatkan fokus dan membuat seseorang tidak mudah bosan dan penat dengan apa yang dikerjakan.

Seringkali kita mudah merasa bosan dan malas melakukan pekerjaan karena terasa monoton dan berat. Penerapan teknik podomoro akan membuatmu lebih menikmati momen-momen kerja sehingga kamu tidak merasa bahwa wfh merupakan beban. Hal ini juga didukung oleh riset yang dilakukan oleh The Energy Project menyebutkan bahwa mereka yang mengambil istirahat setiap 90 menit mempunyai 28% fokus yang lebih tinggi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading