Sukses

Lifestyle

3 Penyebab Gangguan Tidur yang Perlu Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Semua orang pasti pernah memiliki pengalaman gangguan tidur, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Gangguan tidur seperti insomnia, terbangun di jam-jam tertentu, sampai sering diterpa mimpi buruk, tentunya gangguan tersebut sangat mengganggu kenyamanan tidurmu.

Gangguan tidur adalah kondisi dimana seseorang mengalami kelainan pada tidurnya dan memengaruhi kualitas tidur. Meski penyebabnya beragam, pada umumnya gangguan tidur disebabkan oleh stres atau beberapa kondisi medis yang membuat seseorang sulit untuk mengatur pola tidurnya.

Kualitas tidur yang tidak baik akibat gangguan tidur dapat menyebabkan kondisi buruk pada tubuhmu hingga memicu terjadinya beberapa penyakit tertentu. Efek buruk yang palinh mudah terlihat adalah sering merasa lelah dan badan terasa lemas hingga mempengaruhi aktivitas dan produktivitasmu sehari-hari.

Pastinya gangguan tidur tersebut harus kamu atasi, salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengetahui penyebabnya. Melalui itu, kamu bisa mengurangi hal-hal yang menjadi penyebab gangguan tidurmu.

Buat kamu yang sudah mulai penasaran, berikut Fimela.com akan membagikan informasi 3 penyebab gangguan tidur yang perlu kamu ketahui. Ce kapa saja penyebabnya berikut ini.

Kondisi Stres dan Cemas

Penyebab gangguan tidur yang pertama ialah kondisi stres dan cemas. Ketika kamu sedang berada pada kondisi stres dan cemas, ini akan mempengaruhi aktivitas tidur. Kamu bisa mengalami insomnia dan hipersomnia dalam sehari.

Stres dan cemas bisa terjadi akibat kamu terlalu memikirkan dan mengkhawatirkan banyak hal, kondisi ini membuatmu jadi tidak bisa merasa tenang. Setiap kamu akan beranjak tidur, kamu terus memikirkan banyak hal sampai kamu mengalami kesulitan dan gangguan tidur yakni, insomnia.

Jam tidurmu akan bergeser bahkan kamu harus melakukan beberapa usaha agar dapat tertidur. Keesokan harinya akibat kamu kurang tidur semalam, pada siang hari kamu mudah merasa mengantuk, kondisi ini disebut dengan hipersomnia. Sama dengan insomnia, hipersomnia juga terjadi akibat seseorang mengalami depresi dan cemas yang berlebihan.

Maka dari itu, coba kamu ingat-ingat lagi ketika mengalami gangguan tidur, apakah kamu sedang dalam kondisi tertekan atau tidak. Jika jawabannya benar kamu merasa tertekan maka, kamu sudah tahu poinnya bagaimana cara mengatasi gangguan tidurmu.

Kafein dan Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Penyebab gangguan tidur yang kedua ialah terlalu banyak mengkonsumsi kafein dan juga pengaruh dari obat-obatan tertentu. Apabila kamu termasuk tipe orang yang suka mengkonsumsi kopi, tentunya kamu harus mulai menguranginya karena kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dapat memicu gangguan tidur.

Kopi adalah minuman yang mengandung kafein. Kafein adalah jenis obat stimulan yang cara bekerjanya menghambat adenosine receptor dalam tubuh. Adenosine adalah senyawa yang membuat kita mengantuk. Oleh karena itu, mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak atau beberapa jam sebelum jam tidur normal dapat membuat kamu terhindar dari rasa kantuk.

Bagi kamu para pecinta kopi, kamu harus tahu bahwa biasanya terdapat sekitar 40mg kafein didalam 100gr kopi atau es kopi, sementara kandungan kafein pada espresso lebih tinggi yakni hingga 212gr. Sedangkan para ahli kesehatan mengatakan batasan yang aman untuk meminum kafein adalah sekitar 250 mg per hari agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan.

Maka dari itu, apabila kamu akhir-akhir ini mengalami gangguan tidur sebaiknya kamu mulai memeriksa berapa banyak konsumsi kafein yang telah kamu habiskan dalam satu hari. Apabila melebihi batas yang disarankan, bisa jadi kafein adalah penyebab gangguan tidur yang kamu alami.

Gangguan Fisik

Terakhir, penyebab gangguan tidur yang perlu kamu ketahui adalah pengaruh gangguan fisik. Ada berbagai macam gangguan fisik yang bisa terjadi pada tubuhmu, contohnya, pusing, sakit perut, nyeri sendi, demam, hingga sesak napas.

Rasa sakit dari gangguan fisik pastinya bisa menggaggu kenyamanan tidurmu. Bahkan, sewaktu-waktu dapat juga membangunkanmu dari tidur. Hal ini terjadi karena perubahan suhu tubuh dan beberapa bagian organ tubuh yang sedang tidak bisa berfungsi dengan baik akhirnya membuatmu kesulitan untuk tidur.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, selain durasi tidur, kamu juga harus bisa tidur dengan kondisi yang nyaman. Gangguan fisik pastinya akan membuatmu merasa tidak nyaman karena rasa sakitnya mendistraksi otak sehingga sulit untuk tidur. Maka dari itu, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat sehingga tidak ada gangguan fisik yang dapat memicu gangguan tidur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading