Sukses

Lifestyle

Jangan Tidur, 8 Rekomendasi Aktivitas Ini Dapat Dilakukan Setelah Sahur

Fimela.com, Jakarta Godaan paling besar setelah sahur biasanya adalah langsung melanjutkan tidur, apalagi kondisi perut sudah kenyang dan terisi makanan. Akan tetapi, sebaiknya kebiasaan ini dirubah dengan kebiasaan yang jauh lebih produktif.

Setelah sahur, kamu sebenarnya punya banyak waktu untuk dimanfaatkan mengerjakan sesuatu yang produktif dibandingkan hanya tidur lalu besok pagi kesiangan. Lagipula, waktu setelah subuh itu adalah waktu terbaik untuk memulai aktivitas karena otak dalam keaadan fresh.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan setelah sahur, tentunya masih di rumah dulu karena kondisi diluar masih belum stabil akibat wabah corona. Tetapi tidak perlu khawatir, masih banyak segudang aktivitas yang bisa kamu lakukan.

Buat kamu yang sedang cari ide aktivitas apa yang bisa dilakukan setelah sahur, simak artikel ini baik-baik. Fimela.com kali ini akan membagikan 5 rekomendasi aktivitas yang dapat dilakukan setelah sahur. Cek semua aktivitasnya berikut ini.

Membaca Buku

Rekomendasi aktivitas pertama yang bisa kamu lakukan setelah sahur ialah membaca buku. Tidak hanya buku, kamu bisa membaca berita, atau dokumen apapun untuk mengisi waktu. Banyak penelitian membuktikan bahwa belajar atau membaca buku dipagi hari membuat seseorang lebih cerdas dan bahan bacaan yang dibaca lebih mudah masuk.

Tentunya jika kamu masih dalam periode sekolah atau kuliah maka, waktu setelah sahur adalah waktu yang cocok untuk membaca buku dan mempelajari materi pelajaran. Pastinya akan membuat kamu lebih semangat karena dapat membaca dalam kondisi tenang.

Mendengarkan Podcast

Selanjutnya, rekomendasi aktivitas yang kedua setelah sahur ialah mendengarkan podcast. Buat kamu yang biasanya mengandalkan metode pendengaran untuk memahami sesuatu, aktivitas ini pasti sangat cocok untukmu.

Ada banyak aplikasi podcast yang bisa kamu install di ponsel. Konten podcast juga saat ini sudah berkembang pesat, jadi kamu bisa memilih isi konten yang ingin kamu dengar. Aktivitas ini tidak hanya mengisi waktu tetapi juga sangat produktif untuk menambah wawasan dengan cara yang tidak membosankan.

Membuat To Do List

Ketiga, rekomendasi aktivitas yang bisa kamu lakukan setelah sahur ialah membuat to do list. Waktu subuh hingga pagi setelah sahur, adalah waktu emas untuk membuat to do list karena kamu bisa merencanakan banyak hal dengan situasi yang tenang dan kondisi otak yang segar.

Aktivitas ini cocok bagi mereka yang memiliki sifat tekun, rajin, serta perfeksionis karena ide-ide brilian mudah muncul saat otak dalam kondisi baik. Kamu juga akan lebih produktif dalam merencanakan hal-hal apa saja yang ingin kamu lakukan dalam satu hari penuh.

Pastinya, membuat to do list di pagi hari akan memancing semangat yang lebih tinggi juga dibandingkan jika kamu membuatnya pada siang hari. Biasanya waktu pagi menuju siang pada saat puasa adalah jam-jam rawan mengantuk dan mulai merasa lapar karena biasanya mungkin pada pukul itu aktivitas kita adalah sarapan atau makan siang.

Bercengkrama Bersama Keluarga

Keempat, rekomendasi aktivitas yang bisa kamu lakukan ialah bercengkrama dengan keluarga. Momen ini sangat tepat untuk berkumpul atau bercanda ria dengan keluarga di rumah karena mungkin biasanya setiap pagi kita sibuk bekerja atau beraktivitas lain.

Akan tetapi, jika kamu memanfaatkan momen setelah sahur untuk bercengkaram dengan keluarga pasti itu akan terasa hangat dan membahagiakan. Kamu bisa melakukan aktivitas di rumah bersama keluarga misalnya, dengan berbincang-bicang atau menonton tv bersama. Cara seperti ini juga efektif untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan.

Olahraga Pagi

Terakhir, rekomendasi aktivitas yang dapat kamu lakukan setelah sahur ialah berolahraga. Tentunya aktivitas ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kamu tidak perlu berolahraga dalam waktu yang lama, cukup lakukan 15-20 menit agar tubuh tetap sehat walaupun sedang berpuasa.

Cari jenis olahraga ringan yang cocok untukmu, tidak perlu yang berat-berat. Asalkan tubuhmu sudah bergerak kemudian, juga terpapar sinar matahari pagi yang menyehatkan, itu sudah cukup.

Bersihkan Pikiran dengan Bermeditasi

Setelah sahur, luangkan waktu sejenak untuk bermeditasi. Meditasi dapat membantu membersihkan pikiran dari kebingungan dan stres. Dengan pikiran yang tenang, kreativitas kamu dapat mengalir lebih lancar.

Pelajari Hal Baru

Gunakan waktu setelah sahur untuk belajar hal-hal baru yang dapat memperkaya wawasan dan keterampilanmu. Kamu bisa membaca buku, menonton video tutorial, atau mengikuti kursus online. Menambah pengetahuan baru dapat memicu inspirasi dan memperluas sudut pandang kreatifmu.

 

Praktikkan Hobi Kreatif

Jika kamu memiliki hobi kreatif seperti melukis, menulis, atau bermain musik, manfaatkan waktu setelah sahur untuk berlatih. Berdedikasi untuk meluangkan waktu setiap hari untuk hobi kreatifmu akan membantu meningkatkan keterampilan dan mengasah bakatmu.

Waktu setelah sahur merupakan waktu yang berharga untuk melakukan kegiatan kreatif. Dengan memanfaatkannya dengan baik, kamu dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitasmu. Mulailah dengan bangun lebih awal, bersihkan pikiran, dan lakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitasmu. Dengan konsistensi dan dedikasi, kamu dapat mengoptimalkan waktu setelah sahur untuk mencapai hasil kreatif yang memuaskan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading