Sukses

Lifestyle

5 Tips yang Bisa Dicoba agar Tidak Telat Bangun Sahur

Fimela.com, Jakarta Sahur adalah salah satu aktivitas yang biasa kita jalankan pada saat bulan ramadan. Sahur sangat penting untuk mendukung kelancaran kita berpuasa pada keesokan harinya. Pada saat sahur, kita bisa mengumpulkan cadangan makanan dan energi melalui makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Sayangnya, seringkali orang-orang mengabaikan sahur dan menganggap bahwa dirinya kuat berpuasa seharian tanpa sahur dimalam hari. Tentunya ini persepsi yang salah karena apabila memaksakan berpuasa tanpa sahur bisa mengakibatkan sejumlah gangguan kesehatan pada tubuh.

Maka dari itu, waktu sahur jangan sampai dilewatkan, apalagi jika menggunakan alasan klasik seperti ketiduran atau malas. Kebiasaan bangun sahur tepat waktu harus mulai dilatih agar keesokan harinya kita dapat berpuasa tanpa menahan lapar yang berlebihan akibat perut kosong.

Maka dari itu, Fimela.com kali ini akan membagikan 5 tips yang bisa kamu coba agar tidak telat bangun sahur. Tips ini bisa langsung kamu terapkan agar tidak ada lagi alasan melewatkan waktu sahur. Cek tipsnya berikut ini.

Hindari Begadang dan Tidur Lebih Awal

Tips yang bisa kamu coba agar tidak telat bangun sahur yang pertama ialah hindari aktivitas begadang dan berusahalah untuk tidur lebih awal. Jika kamu begadang maka, waktu tidur ideal yang kamu miliki jadi terpangkas dan akhirnya kamu malah melewatkan waktu sahur karena ketiduran.

Begadang juga tidak baik untuk kesehatan tubuh apalagi jika kamu sampai telat tidur hanya karena perkara yang tidak penting. Maka dari itu, usahakanlah tidur lebih awal agar kamu tidak telat sahur dan pada saat sahur, kamu bisa bangun tanpa merasakan pusing pada kepala karena jadwal tidurmu teratur.

Pasang Alarm

Tips yang kedua agar kamu tidak telat bangun sahur ialah dengan memasang alarm, bisa menggunakan jam beker atau ponsel. Jika kamu menggunakan alarm pada ponsel, pastikan ponselmu tidak dalam keadaan mode diam karena suara alarmnya nanti tidak menyala.

Kemudian, apabila kamu adalah tipe orang yang susah sekali untuk bangun dari tempat tidur, maka pasang alarm berkali-kali dengan waktu yang berdekatan. Suara bising alarm tersebut akan memaksamu untuk bangun dan akhirnya kamu bisa sahur.

Minta Bantuan Orang Lain

Ketiga, apabila alarm masih belum cukup efektif membangunkanmu dari tidur, tips selanjutnya ialah meminta bantuan orang lain. Bisa orang rumah seperti keluarga atau bisa juga via telepon. Kamu bisa meminta temanmu untuk menelponmu sampai kamu terbangun.

Namun, akan lebih efektif lagi jika dibangunkan secara langsung sebenarnya agar kamu tidak ketiduran lagi karena ada yang mengawasi secara langsung. Namun, tetap diingat agar membangunkan dengan cara yang santun dan tidak dikagetkan karena kamu bisa merasakan pusing dan sakit kepala apabila bangun karena kaget.

Jangan Makan Sampai Terlalu Kenyang

Kemudian, tips selanjutnya agar kamu tidak telat bangun sahur adalah hindari makan sampai kekenyangan hingga perutmu begah. Biasanya kamu bisa kalap pada saat berbuka dengan melihat banyak makanan enak, akhirnya kamu memakan semuanya tanpa kendali.

Jika kamu tidur dalam kondisi perut terlalu penuh atau kekenyangan, kamu akan kesulitan untuk bangun sahur. Hal ini terjadi karena pada saat kamu makan terlalu banyak maka, dua hormone dalam tubuh yakni, serotonin dan melatonin juga memerlukan waktu lama untuk mencerna makanan, itulah alasan mengapa kamu akan merasakan kantuk yang berat.

Maka dari itu, pada saat berbuka usahakan makan secukupnya saja, tidak perlu berlebihan. Simpan sisa laparmu untuk kamu habiskan pada saat sahur agar kamu terhindar dari obesitas dan perut begah.

Niat dan Sholat Malam

Terakhir, tips yang bisa kamu coba agar tidak telat bangun sahur adalah niat dari dalam hati dengan penuh ikhlas bahwa kamu ingin bangun sahur. Niat yang tulus dan ikhlas secara tidak sadar akan membangunkanmu tanpa diduga, ini sering terjadi pada beberapa orang. Niat yang ikhlas akan membangunkanmu melalui alam bawah sadar.

Selanjutnya, kamu juga bisa mensiasatinya lewat sholat malam, jika kamu sholat maka otomatis kamu dalam keadaan terbangun dan sadar. Setelah sholat malam selesai kamu tinggal langsung melanjutkan aktivitas sahur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading