Sukses

Lifestyle

7 Minuman yang Bisa Mengatasi Asam Lambung saat Puasa

Fimela.com, Jakarta Pada saat puasa, harus tetap menjaga kesehatan agar tidak sakit, karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Perut akan lebih sensitif dan rentan terkena penyakit saat puasa. Salah satunya adalah asam lambung. Penyakit asam lambung bisa timbul secara tiba-tiba.

Faktor utama penyebab asam lambung adalah salah mengonsumsi makanan atau minuman. Agar asam lambung tidak kambuh, Sahabat Fimela harus mengonsumsi makanan atau minuman yang tepat. Untuk Sahabat Fimela yang ingin memiliki asam lambung, Fimela memiliki 7 minuman yang bisa diminum saat sahur atau buka puasa, untuk mengatasi asam lambung.

Selain itu minuman ini bisa membantu melepas dahaga selama berpuasa. Berikut 7 minuman yang bisa mengatasi asam lambung, yang bisa dikonsumsi saat sahur dan buka puasa:

Air Putih

Air putih merupakan mineral yang sangat baik untuk mengatasi asam lambung, dan harus dikonsumsi saat sahur dan buka puasa. Air putih bisa membantu melepas dahaga.

Konsumsilan segelas air saat bangun tidur waktu sahur, dan saat berbuka puasa, karena air putih sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan setelah perut kosong seharian.

Air putih bisa membantu membersihkan racun yang berbahaya bagi tubuh. Air putih juga bisa membantu mencerna sisa makanan, sehingga tidak menyebabkan asam pada lambung.

Asam lambung juga identik dengan sakit radang usus. Air putih sangat bagus untuk meningkatkan kerja usus. Sehingga usus tidak mengalami peradangan.

Air Kelapa Muda

Selain membantu menghilangkan rasa haus setelah berpuasa, air kelapa muda bisa menjadi minuman alternatif, untuk membantu mengatasi asam lambung.

Air kelapa muda dikenal karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh, air kelapa juga bisa membantu menambah ion tubuh yang hilang, setelah seharian melakukan ibadah puasa.

Meminum air kelapa muda secara rutin di bulan puasa, dapat membantu mengatasi efek negatif seperti rasa panas pada lambung, yang sering terjadi saat asam lambung sedang kambuh.

Air kelapa muda memiliki kandungan kalium yang tinggi, yang memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan pH dalam tubuh, sehingga mampu mengatasi asam lambung.

Susu Nabati

Susu sangat bagus untuk membantu mempertahankan kalsium pada tulang, dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, apalagi disaat bulan puasa.

Bagi Sahabat Fimela yang memiliki asam lambung, lebih baik mengonsumsi susu nabati, untuk membantu mengatasi asam lambung.

Susu nabati ada banyak sekali macamnya. Mulai dari susu almon, susu kedelai bahkan susu yang terbuat dari gandum.

Susu nabati memiliki komposisi alkali, yang bisa membantu mengatasi asam lambung dan meredakan gejala-gejalanya. Susu nabati tidak mengandung lemak tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi orang yang memiliki asam lambung.

Jus Buah atau Sayuran yang Rendah Asam

Jus buah dan sayuran memiliki rasa yang segar dan enak. Buah dan sayuran juga memiliki kandungan gizi. Kandungan buah dan sayuran bisa membantu menyehatkan tubuh.

Buah dan sayuran juga bisa membantu mengatasi asam lambung, yang terjadi pada saat sedang puasa. Namun tidak semua buah dan sayur bisa mengatasi asam lambung.

Ada beberapa buat dan sayur yang memiliki kandungan asam rendah, sehingga cocok untuk dijadikan jus, untuk mengatasi asam lambung saat puasa.

Contohnya pada saat berbuka puasa minumlah jus wortel, jus buah bit, bayam atau mentimun.

Teh Herbal

Teh herbal bisa membantu mengatasi asam lambung, karena teh herbal bisa membantu memperlancar sistem pencernaan, serta membantu meredakan rasa mual di bulan puasa.

Tidak semua teh herbal bisa dikonsumsi saat bulan puasa, karena beberapa teh justru membuat asam lambung meningkat. Untuk itu pilihlah teh herbal yang bebas kafein.

Teh herbal bisa yang tidak mengandung kafein bisa ditemukan pada teh chamomile dan licorice. Jenis teh herbal yang tidak boleh dikonsumsi orang yang memiliki asam lambung adalah teh dari daun peppermint. Karena peppermint dapat memicu refluks asam lambung.

Walaupun teh herbal bisa membantu mengatasi asam lambung, namun untuk mengonsumsi teh herbal di bulan puasa, harus sesuai dengan rekomendasi dari dokter.

Smoothie

Smoothie sangat bagus untuk mengatasi penyakit asam lambung, karena smoothies mengandung zat antioksidan dan nutrisi, yang terbuat dari beragam sayuran dan buah-buahan.

Mengonsumsi smoothies di bulan puasa, bisa membantu meredakan dan mengurangi asam lambung dengan cepat. Terutama meminum smoothie dibuat menggunakan buah-buahan non sitrus, sayuran alkali dan yogurt.

Jahe Hangat

Jahe hangat bisa dinikmati saat buka puasa, untuk membantu mengatasi asam lambung, karena jahe merupakan obat-obatan tradisional yang memiliki banyak manfaat.

Jahe memiliki kandungan antioksidan dan senyawa fenolat, yang bisa membantu meredakan iritasi pada saluran pencernaan, dan mengurangi kontraksi lambung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading