Sukses

Lifestyle

5 Alasan Mengapa Perempuan Harus Memiliki Keuangan yang Stabil

Fimela.com, Jakarta Memiliki kondisi keuangan yang stabil merupakan sebuah hal yang harus diperjuangkan oleh setiap orang, termasuk bagi perempuan. Adanya budaya berumah tangga dan laki-laki sebagai kepala keluarga bukan berarti dimaksudkan bahwa perempuan harus selalu meminta atau tidak perlu memikirkan kondisi finansialnya sendiri. Perempuan dengan kondisi keuangan yang tidak stabil bisa menjadi ancaman bagi dirinya sendiri.

Setiap orang bertanggungjawab atas dirinya sendiri begitu juga perempuan. Ada baiknya jika sedari muda dan masih single kamu memiliki kondisi keuangan yang aman dan terjamin. Tidak hanya untuk hari ini tetapi untuk hari kedepan yang akan datang. Memiliki keuangan yang stabil akan membuatmu menjadi perempuan mandiri yang tidak merepotkan orangtua ataupun orang lain.

Salah satu cara untuk mendapatkan kondisi keuangan yang stabil, sedari awal kamu harus membiasakan diri dengan menabung dan juga menetapkan skala prioritas. Hal ini penting agar kamu tidak boros dan bisa memiliki cadangan keuangan yang sekiranya kamu butuhkan untuk keadaan genting yang tidak terduga.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan tips 5 alasan mengapa perempuan harus memiliki keuangan yang stabil. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Sebagai Dana Cadangan

Alasan mengapa perempuan harus memiliki keuangan stabil yang pertama ialah karena perempuan harus memiliki dana cadangan. Jangan dianggap sepele, kita tidak pernah tahu kapan kejadian berat datang dan kita akan sangat membutuhkan banyak uang. Jika perempuan memiliki dana cadangan yang cukup maka dalam kondisi apapun, perempuan dapat mengatasinya.

Dengan memiliki dana cadangan, kamu akan terhindar dari lilitan hutang dan juga rasa malu karena harus meminjam uang. Salah satu ketenangan dalam hidup bisa diwujudkan ketika kamu memiliki cukup cadangan dana untuk kamu pergunakan di situasi penting sehingga kamu tidak perlu merasa gusar atau khawatir tentang masa depan.

Kebutuhan yang Banyak

Kedua, alasan mengapa perempuan harus memiliki keuangan yang stabil berkaitan dengan kebutuhan perempuan itu sendiri yang biasanya sangat banyak. Bisa dikatakan bahwa kebutuhan perempuan sangat kompleks, mulai adri perawatan wajah, fashion, hingga urusan yang paling primer seperti kebutuhan konsumsi sehari-hari.

Dibanding pria, perempuan juga belanjaannya lebih banyak karena situasi pasar menghendaki hal tersebut. Berbeda dengan pria yang kebutuhannya sedikit dan tidak begitu banyak pembaharuan produk, kebutuhan perempuan justru berkembang dengan sangat pesat. Contohnya adalah produk makeup yang launching setiap 2 atau 3 bulan sekali yang pastinya akan memancing perempuan untuk tetap membelinya sekalipun produk yang ia beli bulan lalu belum habis.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Beirkutnya, alasan keetiga mengapa perempuan harus memiliki keuangan yang stabil adalah agar kamu dapat memiliki rasa percaya diri dan pastinya kebanggaan pada dirimu sendiri. Semakin dewasa apa yang dianggap penting dan berharga senantiasa mengalami perubahan. Jika pada masa kuliah kita brelomba untuk mendapatkan nilai ipk yang bagus agar percaya diri, kini jumlah uang ditabunganmu menjadi standar apakah kamu orang yang cukup berhasil atau tidak.

Memang standar tersebut tidak sepenuhnya benar, namun dengan memiliki keuangan yang stabil setidaknya dalam status sosial masyarakat, kamu sudah berada pada posisi aman. Tidak bisa dipungkiri bahwa jenis pekerjaan dan juga besaran gaji bisa memengaruhi cara pandang orang terhadap kita. Sebagai perempuan, kamu bisa mendapatkan rasa hormat dan percaya diri apabila kondisi keuanganmu stabil.

Tidak Bergantung Pada Orang Lain

Dengan kondisi keuangan yang stabil, kamu akan bisa berdiri di kaki sendiri secara mandiri tanpa perlu bergantung pada orang lain. Kondisi seperti inilah yang seharusnya diperjuangkan oleh setiap perempuan agar keberadaannya terpandang dalam status sosial. Penindasan pada perempuan kerap kali terjadi akibat perempuan tidak memiliki keuangan yang stabil dan juga bergantung pada orang lain.

Memiliki keuangan yang stabil tidak hanya tentang ketenangan dalam berbelanja tetapi juga ketenangan dalam menjaga diri. Jadilah perempuan tangguh yang memiliki keuangan stabil agar kamu terhindar dari segala macam tindakan buruk yang biasanya terjadi pada perempuan.

Bekal Untuk Berkeluarga

Terakhir, alasan mengapa perempuan harus memiliki keuangan yang stabil ialah karena kelak perempuan akan berkeluarga dan untuk membuat keutuhan rumah tangga terjaga dari keretakan akibat masalah ekonomi, ada baiknya jika perempuan memiliki tabungan yang cukup untuk membantu keluarga. Ini bukan berarti melangkahi kewajiban seorang pria dalam menafkahi keluarga, ini tentang bagaimana setiap pasangan berjuang bersama untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Maka dari itu, jangan salah kaprah mengartikan ketika perempuan berusaha untuk memiliki penghasilan maka ia bermaksud untuk menindas kewajiban suami. Bukan seperti itu, setiap istri dan suami sudah memiliki hak dan kewajiban masing-masing tetapi perkara untuk menjaga keberlangsungan keluarga adalah tanggungjawab bersama.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading