Sukses

Lifestyle

Mengenal Kemampuan Kepemimpinan, Berikut Pengertian, Unsur, Manfaat, dan Cara untuk Mengembangkannya

Kemampuan leadership atau kemampuan kepemimpinan adalah soft skill yang seringkali dibutuhkan dalam dunia kerja. Tidak hanya dunia kerja, ranah akademik pun membutuhkannya karena kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk mencapai sesuatu atau target serta untuk menciptakan kondisi yang stabil.

Untuk kemampuan leadership sendiri, ada beberapa orang yang memang sudah memiliki bakat tersebut dari lahir, namun ada juga yang didapatkan dari berlatih organisasi. Baik lingkungan dalam skala kecil seperti kelompok tugas atau kelompok kerja sampai pada organisasi pemerintahan dan negara, semuanya membutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan leadership.

Biasanya orang yang memiliki bakat leadership dianggap memiliki aura yang khas dan berbeda sehingga mudah menjadi pusat perhatian dan diikuti oleh banyak orang. Terutama ketika berbicara didepan umum, biasanya orang yang kemampuan kepemimpinannya bagus pasti mampu meraih semua perhatian dari semua orang. Tidak mengherankan jika orang dengan kemampuan leadership juga biasanya cerdas secara emosional.

Nah, buat kamu yang sering mendengar kata ‘leadership’ namun belum terlalu paham dengan maknanya bisa melihat ulasan lengkapnya berikut ini. Fimela.com akan mengulas pengertian, unsur, manfaat, dan cara untuk mengembangkan kemampuan leadership. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Leadership

Berangkat dari definisi atau pengertiannya, leadership adalah seni, fungsi, proses dan kemampuan dalam mempengaruhi dan mengarahkan orang-orang dengan cara kepatuhan, kepercayaan dan kesetiaan agar berbuat sesuatu sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Istilah leadership sendiri berasal dari serapan bahasa Inggris yang berarti kepemimpinan. Kata leadership memiliki kata dasar leader berarti pemimpin, serta kata to lead yang keduanya mengandung beberapa arti yang saling berhubungan, yaitu: bergerak lebih awal, berjalan di awal, mengambil langkah awal, berbuat paling dulu, memelopori, mengarahkan pikiran-pikiran-orang lain, membimbing, dan menggerakkan.

Secara garis besar, leadership atau kepemimpinan adalah proses mempengaruhi orang untuk memahami dan setuju dengan apa yang perlu dilakukan secara efektif serta proses untuk memfasilitasi individu dan kolektif untuk mencapai tujuan bersama. Leadership juga merupakan sebuah kemampuan untuk menggerakkan, memberi motivasi, dan mempengaruhi orang-orang agar bersedia melakukan tindakan-tindakan yang terarah pada pencapaian tujuan melalui keberanian mengambil keputusan tentang kegiatan yang harus dilakukan.

Biasanya kemampuan leadership dimiliki oleh orang-orang yang memegang jabatan penting atau menduduki posisi strategis dalam sistem dan hierarki kerja dan tanggung jawab pada sebuah organisasi. Berhasil tidaknya suatu organisasi salah satunya ditentukan oleh kepemimpinannya dalam memimpin organisasi, bahkan maju mundurnya suatu organisasi sering diidentikkan dengan perilaku kepemimpinan dari pimpinannya.

Unsur-Unsur Leadership

Dalam membangun dan mempelajari leadership, kamu harus memahami dan emmenuhi unsur-unsurnya. Letak unsur ini penting agar kemampuan leadership yang kamu miliki benar-benar berkembang dan berpengaruh. Unsur-unsur dalam leadership terdari dari 3 hal, berikut penjabarannya:

Kekuatan Untuk Mempengaruhi

Unsur yang pertama ialah kekuatan untuk mempengaruhi, hal ini penting karena leadership berbicara mengenai sejauh mana kamu dapat memengaruhi orang lain. Kekuatan untuk mempengaruhi ini bisa datang dari dalam diri, bisa juga datang karena hal dari luar. Contohnya, kemampuan public speaking yang baik akan menunjang kepemimpinan seseorang karena mampu memengaruhi lewat kata-kata.

Memiliki Pengikut

Setelah berhasil memengaruhi orang lain, unsur selanjutnya yang harus terpenuhi adalah pengikut atau yang biasa kini dikenal dengan istilah followers. Adanya pengikut dapat menjadi bukti bahwa kamu memiliki pengaruh sehingga disukai bahkan diikuti oleh banyak orang.

Adanya Tujuan yang Hendak Dicapai

Berikutnya, unsur yang ketiga yakni adanya tujuan bersama yang ingin dicapai. Salah satu strategi untuk tampil menjadi seorang pemimpin bagi banyak orang adalah mampu menampilkan bukti bahwa kamu dan mereka memiliki satu tujuan yang sama lalu meyakinkan bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk mewujudkan hal tersebut.

Manfaat Leadership

Sebagai suatu sikap atau kepribadian yang baik, memiliki kemampuan leadership pasti akan mendatangkan sejumlah manfaat, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Hal ini karena leadership erat kaitannya dengan sosial dan perubahan maka dari itu, dampak yang ditimbulkannya pun biasanya besar tergantung dari skala lingkungannya. Aadapun beberapa manfaat dari leadership yakni:

  • Untuk mengembangkan bakat kepemimpinan yang nantinya akan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja dan sosial.
  • Mampu menjadi penggagas untuk melakukan hal-hal besar yang bisa membawa pada perubahan yang positif.
  • Memaksimalkan potensi untuk mencapai target atau tujuan yang diinginkan.
  • Membuat kerja tim menjadi lebih cepat dan efektif karena adanya peran pemimpin yang berupaya untuk memberi arahan dan contoh yang baik pada pengikutnya.
  • Menciptakan ketertiban secara sosial karena pada prosesnya kemampuan leadership menuntut hal-hal yang sifatnya rapi dan terstruktur.

Cara Membangun dan Mengembangkan Leadership

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kemampuan leadership yang dimiliki seseorang bisa datang dari dua hal, karena bakat atau dilatih. Untuk yang memang sudah memiliki bakat dari lahir, maka orang tersebut harus tahu cara yang tepat untuk mengembangkannya. Sedangkan yang datang karena dilatih, maka harus tahu juga cara yang efektif untuk membangunnya.

Berikut beberapa cara untuk membangun sekaligus mengembangkan kemampuan leadership secara umum:

  1. Belajar untuk menjadi sosok yang disiplin terhadap waktu karena sikap disiplin merupakan cerminan dari orang yang bertanggungjawab.
  2. Mampu menjadi inspirasi sekaligus memberikan motivasi yang positif pada orang lain.
  3. Tidak pernah lelah untuk terus belajar hal atau cara-cara baru demi membangun dan memertahankan kemampuan leadership yang baik.
  4. Mampu mengelola dan memberdayakan tim saat proses pencapain tujuan dengan cara memberi arahan dan juga contoh nyata.
  5. Mengenal potensi dan kekuatan diri serta kelompok lalu tahu cara yang tepat untuk menggunakannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading