Sukses

Lifestyle

Mengenal Humidifier Sebagai Alat Pengatur Kelembapan Udara, Lengkap Beserta Manfaat dan Cara Penggunaannya

Kelembapan dan kualitas udara tentunya harus dijaga setiap hari, salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan menggunakan humidifier. Humidifier merupakan alat pelembap udara yang bekerja dengan menyemprotkan uap air ke udara. Uap air ini akan meningkatkan kelembapan udara hingga batas ideal.

Alat humidifier ini mulai populer semenjak wabah virus corona menyebar karena kini banyak orang sangat memerhatikan kualitas dan kelembapan udara di rumah. Sekalipun nampaknya rumah dalam keadaan bersih namun hal tersebut tidak menjamin sepenuhnya bahwa kualitas udara yang ada bersih dari kuman dan bakteri. Maka dari itu, kamu perlu humidifier untuk menetralkannya.

Dengan menjaga kelembapan udara tetap ideal dalam ruangan, maka hal tersebut dapat membantu risiko penyebaran virus, bakteri, dan juga jamur. Tidak perlu repot, dengan humidifier kamu bisa mengatasi masalah kelembapan udara yang kering atau basah. Selain pengaturan udara, humidifier juga memiliki segudang manfaat lain yang baik untuk kesehatan.

Nah, untuk kamu yang ingin mulai mencoba alat ini, perlu tahu informasi lebih banyak mengenai manfaat dan cara penggunaannya. Maka dari itu, Fimela.com kali ini akan mengulas secara lengkap tentang humidifier, lengkap beserta manfaat dan cara penggunaannya. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mengenal Humidifier Sebagai Alat Pengatur Kelembapan Udara

Humidifier adalah alat pelembap udara yang bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara. Uap air ini akan meningkatkan kelembapan udara sehingga berada dalam kisaran yang ideal.

Fungsi lain dari humidifier selain mengatur kelembapan udara ialah bermanfaat untuk mengatasi iritasi yang ditimbulkan akibat udara kering, seperti kulit kering, bibir pecah-pecah, pilek, hingga sakit tenggorokan. Meski demikian, pemakaian humidifier yang berlebihan juga dapat memperburuk masalah pernapasan.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan alat ini dirumah, ada baiknya kamu berkonsultasi dulu dengan dokter jika sebelumnya kamu sudah memiliki riwayat penyakit pernapasan seperti asma. Melakukan konsultasi bisa menjadi tindakan preventif agar kamu tahu dan merasa aman saat menggunakan humidifier.

Manfaat Humidifier

Tidak hanya bermanfaat untuk mengatur kelembapan udara, namun dampak yang ditimbulkan dari humidifier juga akhirnya menghasilkan sejumlah manfaat lain yang berguna bagi kesehatan dan juga kecantikan. Hal ini karena komponen dan kualitas udara memegang peranan penting dalam kesehatan sehari-hari. Adapun beberapa manfaat dari humidifier yang baik untuk kesehatan yakni:

Menjaga Kelembapan Kulit agar Tidak Kering

Humidifier dapat menjaga kelembapan kulit dan membuat kulitmu tidak mudah kering melalui uap yang dihasilkan. Penggunaan lotion saja tidak cukup efektif untuk membuat kulitmu tetap lembap, kamu butuh humidifier untuk menghidrasi kulit lebih baik.

Mencegah Sakit Tenggorokan

Selain menjaga kelembapan kulit, humidifier juga bermanfaat untuk mencegah sakit tenggorokan. Hal ini karena kelembapan udara yang terjaga dapat mempercepat penyembuhan dan mencegah sakit tenggorokan terulang kembali.

Mencegah Mimisan dan Radang Tenggorokan

Humidifier juga ternyata ampuh untuk mencegah mimisan dan radang tenggorokan. Hal ini karena pengaturan udara yang dihasilkan oleh humidifier dapat menghambat permasalahan pada saluran pernapasan yang menjadi pemicu mimisan dan juga radang tenggorokan. Adapun permasalahannya ialah infeksi virus dan bakteri lewat udara.

Melindungi Mata dari Iritasi

Pada udara yang kering, debu dan partikel asing bertebaran dengan sangat cepat, hal ini bisa mengakibatkan iritasi pada permukaan mata kamu. Menggunakan alat pelembap ruangan bisa melembapkan udara di sekitar dan menghambat penyebaran partikel debu di udara.

Cara Penggunaan Humidifier

Setelah tahu manfaat dari humidifier, kamu juga perlu tahu cara penggunaannya, karena jika tidak digunakan secara tepat maka kamu tidak bisa mendapatkan manfaatnya. Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah memastikan bahwa alat ini tidak ditempat terlalu dekat dengan orang-orang yang ada di ruangan. Selain itu, ada beberapa cara menggunakan humidifier agar tetap aman. Berikut ulasannya yang telah dilansir dari Liputan6.com:

1. Menggunakan Air Suling atau Air Mineral

Ketika menggunakan air untuk alat pelembap ruangan, pastikan jangan menggunakan air keran. Air keran dapat mengandung mineral yang dapat mendorong jamur untuk tumbuh. Oleh karena itu, gunakan air yang telah melalui proses penyaringan. Hal ini untuk membantu memastikan kualitas kelembapan dari alat tersebut.

2. Mengganti Air Setiap Hari

Selain memilih kualitas air yang baik, kamu juga perlu mengganti airnya setiap hari. Hal ini untuk mencegah terjadinya pertumbuhan jamur di dalam alat tersebut. Oleh karena itu, pastikan untuk mengganti air pada alat pelembap ini.

3. Rajin Membersihkannya Setiap Minggu

Bakteri dan jamur merupakan sangat mudah muncul di alat pelembap udara. Bakteri dan jamur yang tumbuh pada alat ini bisa berisiko menyebabkan ragam penyakit. Oleh karena itu, penting untuk memberishkannya secara rutin, minimal sekali dalam seminggu.

4. Mengganti Filter Secara Teratur

Tidak semua alat pelembap udara memiliki filter. Namun, apabila kamu mempunyai alat pelembap dengan filter, pastikan untuk menggantinya secara berkala. Ganti filter humidifier dengan kualitas baik yang dianjurkan oleh pabrik atau penjual. Apabila kamu tidak rutin menggantinya, akan mengakibatkan jamur dan bakteri terperangkap di alat dan dilepaskan ke udara sekitar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading