Sukses

Lifestyle

4 Manfaat Membaca Al Qur’an Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Fimela.com, Jakarta Al Qur'an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Dengan mempelajari dan mengamalkan Al Qur'an, hidup kita akan terarah dan berada di jalan yang benar. Selain mengarahkan hidup kita ke jalan yang benar Al Qur'an juga memiliki banyak keutamaan jika kita membacanya. Membaca Al Qur’an bisa kita lakukan setiap hari namun, akan lebih berlipat lagi pahalanya jika kita membacanya di bulan-bulan yang istimewa seperti bulan Ramadhan.

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh an-Nu'man ibn Basyir yang artinya: Rasuluallah shallahu'alaihi wassallam bersabda, "Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al Qur'an." (HR. al-Baihaqi).

Manfaat membaca Al Qur'an begitu menakjubkan. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut: "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

Dari sekian banyak manfaat membaca Al Qur’an yang mengagumkan, beberapa diantaranya dapat berdampak baik pada kesehatan jiwa. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 4 manfaat membaca Al Qur’an bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Membantu Menghilangkan Stress dan Rasa Cemas

Manfaat membaca Al Qur’an yang pertama ialah dapat membantu menghilangkan stres dan rasa cemas yang sedang menyelimuti. Ketika kamu mulai membaca Al Qur’an, pada saat itu juga kamu akan mendapatkan ketenangan jiwa sehingga rasa gelisah seketika hilang, berganti dengan harapan dan keyakinan.

Manfaat ini ternyata pernah dibuktikan dalam studi di Universitas Salford, Inggris. Studi itu membuktikan, orang-orang yang membaca dan melantunkan Al-Qur’an menjadi lebih rileks dan tenang dibanding mereka yang membaca buku biasa.

Dapat Menstabilkan Tekanan Darah dan Denyut Jantung

Manfaat membaca Al Qur’an yang kedua ialah dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan denyut jantung. Hal ini karena pada saat membaca Al Quran, tubuhmu sedang merasakan efek relaksasi. Efek tersebut akhirnya efektif untuk menormalkan tekanan darah dan denyut jantung.

Proses relaksasi yang merangsang pengaktifan sekaligus pengendalian saraf otonom (saraf simpatis dan parasimpatis) sehingga akan menciptakan tekanan darah juga denyut jantung yang stabil. Jadi, jika kamu merasa denyut jatung berdetak secara cepat karena kamu takut akan suatu hal atau sedang dalam keadaan bimbang, baca dan resapi Al Qur’an agar denyut jantungmu kembali stabil.

Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Berikutnya, manfaat membaca Al Qur’an yang ketiga ialah dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Hal ini bisa dikatakan sebagai efek yang ditimbulkan saat kamu sudah mulai terbiasa membaca Al Qur’an. Lantunannya mampu mempertajam konsentrasi dan lebih fokus.

Hal itu sangat dianjurkan bagi kamu sebelum bekerja untuk membaca Al-Quran selama 10 hingga 15 menit di pagi hari untuk membantu kamu agar lebih fokus. Jadi, yang kamu dapatkan tidak hanya pahala tetapi juga kemampuan untuk mengingat dan belajar secara lebih baik.

Membantu Menghancurkan Sel-Sel Kanker

Selain ketiga manfaat di atas membaca Al-Quran  bisa menghancurkan sel-sel kanker. Hal itu dilihat dari penelitian Dr Ahmed Al-Qadhi. Ia menyebutkan, lantunan ayat suci Al-Quran mengembalikan keseimbangan sel-sel sehat dalam tubuh sehingga dapat melawan sel-sel kanker.

Selain itu, membaca dan mendengar lantunan ayat Al-Quran juga sangat baik untuk meningkatkan sel-sel imun sehingga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan virus dan bakteri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading