Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatasi Serangan Panik yang Bisa Dicoba

Fimela.com, Jakarta Serangan panik adalah gangguan kesehatan mental yang bisa menyerang siapa saja, tanpa mengenal waktu dan tempat. Oleh karena itu, jika serangan panik mulai menghampirimu maka kamu harus tahu cara yang tepat untuk mengatasinya. Pada kenyataannya, ada banyak hal dan kejadian disekeliling kita yang tidak bisa dikontrol dan kerap kali memberikan tekanan hingga kita mengalami serangan panik.

Serangan panik atau biasa dikenal dengan istilah panic attack adalah sesuatu yang tidak bisa kita remehkan. Menurut Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-5), gangguan panik adalah jenis gangguan kecemasan yang ditandai dengan serangan panik yang ekstrem dan cukup sering.

Ketakutan dan kecemasan dapat menjadi reaksi normal terhadap situasi tertentu dan peristiwa yang membuat stres. Gangguan panik berbeda dari rasa takut dan kecemasan normal ini karena seringkali ekstrem, dan mungkin tampak tiba-tiba.

Seseorang yang mengalami gangguan panik merasakan perasaan teror yang hebat, pernapasan cepat, dan detak jantung yang cepat. Orang dengan gangguan panik mungkin mengalami serangan ini secara tak terduga dan tanpa alasan yang jelas, tetapi mereka juga dapat didahului dengan semacam peristiwa atau situasi yang memicunya.

Nah, untuk kamu yang pernah atau sedang mengalami serangan panik, harus tahu cara yang tepat untuk mengatasinya. Dilansir dari Liputan6.com, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 cara mengatasi serangan panik yang bisa kamu coba. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Ambil Waktu Untuk Menenangkan Diri

Cara mengatasi serangan panik yang pertama ialah dengan mengambil waktu untuk menenangkan diri. Hal ini penting agar kamu keadaan panik yang tengah kamu rasakan tidak memotivasi kamu untuk melakukan hal-hal diluar kontrol.

Pada saat kamu mendapatkan serangan panik, tinggalkan sejenak pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Kamu bisa duduk di tempat yang jauh lebih rendah dari kursi atau bisa juga dengan berbaring. Tenangkan pikiran dan ambil napas panjang secara berulang agar kamu tetap dalam kendali dan tidak mudah tersulut emosi.

Meluapkan Emosi dengan Berteriak

Cara mengatasi serangan panik yang kedua ialah dengan berteriak. Berteriak bisa jadi langkah alternatif yang aman untuk kamu meluapkan emosi yang sedang kamu tahan. Semua rasa takut, gelisah, kecewa luapkan saja dengan berteriak sekencang-kencangnya.

Namun, usahakan agar kamu memilih waktu dan tempat yang tepat untuk melakukannya. Pastinya kamu tidak mungkin berteriak ditempat yang ramai karena akan mengundang perhatian dan mengganggu banyak orang. Kamu bisa berteriak di kamar atau ditempat tenang yang kamu tahu. Untuk lebih aman, kamu juga bisa mengajak satu teman yang kamu percaya untuk menemani dan menjagamu.

Jangan Ragu Untuk Menangis

Ketiga, cara mengatasi serangan panik ialah dengan menangis. Jangan ragu untuk menangis jika kamu sudah tidak kuat lagi dengan tekanan panik yang sedang kamu rasakan. Menangis bukan tanda bahwa kamu lemah, itu adalah bukti bahwa kamu sudah mencoba untuk kuat. Kamu menghindari hal-hal berbahaya yang bisa dilakukan karena emosi dna memilih untuk meluapkannya dengan cara menangis, itu jelas lebih baik.

Menangis juga bisa membuatmu rileks karena kamu telah mampu menerjemahkan apa yang kamu rasakan dalam bentuk tangisan. Memang sudah alamiah jika dalam kondisi tertentu manusia memilih untuk menangis bahkan hal itu bisa saja kamu lakukan secara tiba-tiba sebagai bentuk reflex.

Menelpon Orang yang Kamu Percaya

Selanjutnya, cara mengatasi serangan panik yang keempat ialah dengan menelpon orang yang kamu percaya untuk kamu berbagi cerita dan mengutarakan apa yang sedang kamu rasakan. Sebenernya menelpon atau bertemu secara langsung adalah pilihan, hanya saja disarankan menelpon karena sebenarnya saat mengalami serangan panik kamu butuh waktu untuk menenangkan diri sendiri.

Walupun tidak menghilangkan sebab atau hal yang membuatmu panik, setidaknya dapat menjadikan bebanmu terasa lebih ringan. Setelah kamu bercerita semuanya, kamu akan merasa lebih baik dan tahu bahwa kamu selalu punya tempat untuk berbagi, kamu tidak sendiri.

Melarutkannya dengan Tidur

Terakhir, cara mengatasi serangan panik yang bisa kamu coba ialah dengan tidur. Memang terdengar aneh dan lucu tetapi biasanya seseorang yang lelah menangis secara tidak sadar dirinya akan terlelap tidur. Lebih baik tertidur dariapada menyikapi serangan panik dengan melakukan hal-hal yang berisiko dan berbahaya.

Sekali lagi, tidur memang tidak akan menghilangkan penyebab dari serangan panik yang kamu rasakan, namun setelah bangun dari tidur, otakmu akan menjadi lebih jernih untuk berpikir. Kamu pun akan lebih bisa tenang dalam menyikapi kejadian yang membuatmu panik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading