Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan Tubuh, Mulai dari Cegah Penyakit Kronis hingga Ampuh Atasi Depresi

Fimela.com, Jakarta Selain menjadi minuman kekinian yang banyak digemari, kopi hitam juga ternyata memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Kopi hitam disukai karena aromanya yang khas apalagi jika dihidangkan saat masih hangat, dijamin saat meminumnya kamu akan merasa nyaman dan semakin bersemangat untuk memulai hari.

Selain aromanya, kopi hitam juga memiliki rasa yang nikmat. Banyak orang tertarik mengonsumsi kopi karena percaya bahwa kopi bisa menghilangkan kantuk. Hal tersebut didasari karena adanya beberapa zat yang terkandung di dalam kopi yang memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh seseorang.

Mengonsumsi kopi diyakini akan bisa membuat tubuh lebih terjaga dan salah satunya adalah ampuh mengusir rasa kantuk. Sebuah studi terbaru mengungkap hal tersebut. Hanya dengan melihat secangkir kopi di pagi hari sudah cukup membuat tubuh terjaga. Bahkan, hanya dengan membayangkan sajian kopi tertentu seperti latte atau espresso sudah mampu membuat kesadaran kembali.

Tetapi manfaat kopi hitam tidak sampai disitu saja, masih ada manfaat lainnya yang akan membuatmu terkejut. Dilansir dari Merdeka.com, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat kopi hitam bagi kesehatan tubuh. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Dapat Meningkatkan Energi

Manfaat kopi hitam yang pertama adalah dapat membantu meningkatkan energi tubuh. Hal ini karena kandungan kafein yang ada dalam segelas kopi ternyata memberikan manfaat untuk tingkatkan energi agar tidak mudah lelah. Stimulan yang terkandung dalam kopi hitam juga efektif dalam meningkatkan kadar adrenalin dalam darah manusia dan bantu persiapkan tubuh untuk beraktivitas secara intens.

Namun hal tersebut juga dengan catatan bahwa kamu tidak hanya meminum kopi hitam sebelum menjalankan aktivitas fisik tetapi juga mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat agar energi yang dihasilkan oleh tubuh menjadi maksimal.

Membantu Proses Pembakaran Lemak

Manfaat kopi hitam bagi kesehatan yang kedua adalah membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Zat antioksidan yang terdapat di dalam kafein juga bermanfaat untuk membakar lemak dalam tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan laju metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10 persen pada orang gemuk dan 29 persen pada orang kurus. Namun, hal tersebut akan berkurang jika kamu meminum kopi hitam secara terus menerus dalam jangka waktu panjang.

Minumlah kopi sebelum melakukan olahraga seperti berlari ataupun jogging, terutama pada 30menit sampai satu jam setelah kopi diminum. Waktu tersebut merupakan waktu terbaik untuk membakar lemak secara cepat.

Mencegah Penyakit Kanker

Berikutnya, manfaat kopi hitam yang ketiga ialah dapat mencegah penyakit kanker. Sebagai informasi, kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia. Namun , kamu tidak perlu khawatir karena kopi hitam ternyata dapat menurunkan resiko kanker hati. Menurut The British Liver Trust, kopi disebut baik untuk kesehatan hati.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kanker hati hingga 40 persen lebih rendah. Senyawa yang terdapat di dalam kopi memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, antikarsinogen dan manfaat lainnya yang menjelaskan mengapa ia membantu mencegah munculnya kanker hati.

Eskipun begitu, kamu tidak disarankan mengonsumsi kopi dalam jumlah yang terlalu banyak, apalagi untuk orang-orang tertentu seperti perempuan yang sedang hamil. Terlalu banyak kafein dalam tubuh juga bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan.

Mengurangi Risiko Alzheimer

Keempat, kopi hitam juga dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kurangi risiko alzheimer. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Kanada dari Krembil Brain Institute dan diterbitkan di Frontiers dalam Neuroscience menemukan bahwa minum kopi sebenarnya bisa melindungi otak anda dari penyakit alzheimer.

Menurut penelitian, manfaat tersebut karena senyawa phenylindanes, yang muncul sebagai hasil dari proses roasting. Senyawa ini dapat mencegah atau menghambat penggumpalan beta amyloid dan dua fragmen protein yang umum berada di alzheimer.

Efektif Meringankan Stres dan Depresi

Terakhir, manfaat kopi hitam bagi kesehatan tubuh ialah dapat membantu meringankan stres dan depresi.  Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard yang telah diterbitkan pada tahun 2011 telah mengungkapkan bahwa  wanita yang minum 4 cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah untuk mengalami depresi.

Kopi akan memberikan pengaruh zat kimia di otak untuk membuat seseorang lebih waspada dan dampaknya adalah neurotransmitter akan membantu tubuh melawan gejala stres. Oleh sebab itu, manfaat kopi hitam yang dapat bermanfaat untuk Anda adalah dapat mengurangi stres dan depresi yang sedang dialami. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi kopi secara berlebihan karena bisa menyebabkan kecanduan dan bisa berakibat buruk bagi kesehatan

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading