Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Mengonsumsi Ketan Hitam untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Fimela.com, Jakarta Ketan hitam adalah makanan yang mudah ditemui di Indonesia. Ketan hitam ini bisa diolah menjadi berbagai macam makanan tradisional seperti bubur, tape ketan dan cendil.

Ketan hitam memiliki bentuk seperti beras jika belum di masak. Jika dimasak akan memiliki tekstur lembut seperti nasi, berwarna hitam dan memiliki rasa yang manis. Sejak zaman dulu, ketan hitam banyak digemari orang-orang yang sedang menjalankan program diet.

Ketan hitam juga memiliki kandungan yang kaya akan zat besi, protein, karbohidrat, serat, vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Berikut manfaat mengonsumsi ketan hitam untuk meningkatkan sistem imun tubuh, dilansir dari Brilio.net:

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat yang pertama mengonsumsi ketan hitam adalah dapat meningkatkan sistem imun tubuh, agar tubuh selalu kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Ketan hitam memiliki kandungan serat dan protein, yang bisa membantu meningkatkan pembentukan sel dan jaringan di dalam tubuh.

Ketan hitam juga memiliki kandungan mineral yang juga memiliki sifat antioksidan. Antioksidan bisa membantu menjaga sel agar tidak mudah rusak karena radikal bebas. Kandungan ini juga bisa membantu meregenerasi sel.

Mencegah Penyakit Anemia

Manfaat mengonsumsi ketan hitam bisa membantu mengatasi penyakit anemia. Anemia bisa menyebabkan seseorang menjadi pingsan, karena kekurangan sel darah merah.

Ketan hitam memiliki kandungan yang kaya akan zat besi. Kandungan ini bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh, melancarkan sirkulasi darah dan mencegah penyakit anemia.

 

Menurunkan Berat Badan

Ketan hitam adalah makanan yang sangat cocok di konsumsi, untuk kamu yang sedang menjalankan program diet. Karena ketan hitam memiliki kandungan serat, yang bisa membantu perut kenyang lebih lama.

Selain itu, kandungan probiotik di dalam ketan hitam, bisa membuat sistem pencernaan lebih lancar, membuat perut tidak buncit dan membantu mencegah sembelit.

 

Membantu Membuang Racun

Mengonsumsi ketan hitam, bisa membantu memproses dan memperlancar pembuangan racun di dalam tubuh. Sebenarnya proses detoksifikasi di dalam tubuh terjadi secara alami.

Ketan hitam memiliki kandungan yang kaya akan protein, tannin dan flavonoid. Kandungan ini berfungsi untuk membersihkan zat-zat kimia di dalam tubuh, seperti merkuri, pestisida dan lain sebagainya yang didapatkan dari aktivitas sehari-hari.

Jika tubuh menyimpan banyak racun karena detoksifikasi kurang lancar, hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih mudah sakit, sistem kerja organ bisa rusak hingga menyebabkan masalah pada kulit.

Menjaga Kecantikan Kulit

Manfaat terakhir mengonsumsi ketan hitam, yaitu bisa membantu menjaga kesehatan kulit agar tetap cantik. Dari zaman dulu, ketan hitam dipercaya bisa membantu mencerahkan kulit dan membantu mencegah proses penuaan dini pada kulit.

Karena ketan hitam memiliki kandungan yang bisa membantu meningkatkan produksi kolagen, yang senyawa alaminya mampu menghaluskan kulit, mengencangkan kulit, menutrisi kulit dan melembapkan kulit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading