Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Mengejutkan dari Tertawa yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Meskipun terlihat sepele, tertawa ternyata memberikan manfaat luar biasa yang jarang kita sadari. Mungkin selama ini kita menganggap bahwa tertawa hanyalah bagian dari emosi yang ditunjukkan ketika kita bahagia dan senang melihat hal yang lucu. Lebih dari itu, tertawa menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh maupun mental.

Tertawa tidak hanya membuat kita bahagia tetapi juga membuat kita sehat. Kemudian, kita juga terkadang tertawa untuk mengekspresikan banyak hal, tidak hanya untuk menunjukkan rasa bahagia, tetapi juga menunjukkan rasa sedih hingga kecewa. Dalam hal ini, kita bisa tertawa pada beberapa hal buruk karena menganggapnya sebagai lelucon.

Percaya atau tidak, tetapi manusia sebenarnya membutuhkan ekspresi ini. Tertawa sama pentingnya dengan tersenyum, merasa bahagia, marah, kecewa, sampai menangis. Jika kita jarang tertawa, maka bisa dipastikan bahwa hidupmu kurang berwarna. Perlu kamu tahu juga, bahwa orang-orang yang mengalami depresi biasanya memiliki gejala awal yakni, sulit tertawa.

Nah, begitu pentingnya bentuk ekspresi tertawa dalam kehidupan, sehingga kamu perlu tahu apa saja manfaatnya. Dilansir dari Liputan6.com, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat dari tertawa yang jarang disadari. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Menguatkan Sistem Imun

Manfaat mengejutkan yang pertama dari tertawa ialah dapat menguatkan sistem imun tubuh. Mungkin kamu tidak menyadarinya, namun ada banyak penelitian yang menemukan hasil bahwa tertawa dapat menyehatkan tubuh karena pada saat tertawa, suasana hati kita sedang merasa bahagia.

Tertawa dapat menurunkan hormon stres, meningkatkan sirkulasi darah dan konsumsi oksigen. Dengan melepaskan energi negatif, tertawa dapat memperkuat sistem imun dalam tubuh. Tak hanya itu, tertawa dapat membuat tubuh melawan bakteri dan infeksi saluran pernapasan.

Membantu Optimalisasi Fungsi Organ

Manfaat mengejutkan yang kedua dari tertawa ialah dapat membantu mengoptimalisasi fungsi organ. Tertawa rupanya membuat sistem organ dalam tubuh bekerja dengan optimal, seperti jantung, otak, dan paru-paru. Tertawa menjadi salah satu penanganan terbaik pada mereka yang mengalami penyakit jantung.

Selain itu, tertawa dapat membuat tekanan darah menjadi normal dan meningkatkan aktivitas aerobik. Oleh karena itu, jika kamu ingin hidup sehat lebih lama, maka tertawalah sebagai bentuk emosi bahagia yang kamu keluarkan.

Mempertajam Daya Ingat

Manfaat mengejutkan yabg ketiga dari tertawa ialah bahwa bentuk emosi ini dapat mempertajam daya ingat. Tertawa diyakini dapat membuat kinerja otak menjadi lebih optimal. Hal ini karena tertawa dapat mengurangi hormon kortisol atau hormon penyebab stres pada tubuh. Hasilnya, daya ingat pun akan menjadi lebih kuat dan tajam

Ketika tertawa, hormon endorfin dan dopamin pada tubuh pun meningkat sehingga otak akan merasa lebih nyaman. Tidak hanya itu saja, tertawa akan membuat tubuh mengalami relaksasi seperti sedang melakukan meditasi dan yoga.

Meringankan Ketegangan Otot

Manfaat mengejutkan yang keempat dari tertawa berikutnya ialah dapat membantu meringkankan ketegangan otot yang tengah kita rasakan. Perlu diketahui bahwa tertawa memiliki keterkaitan langsung dengan peregangan otot di tubuh. Menariknya, efek relaksasi yang  dirasakan bukan hanya pada otot wajah saja, melainkan seluruh tubuh.

Selain itu, tertawa dapat melepaskan hormon yang membuatmu menjadi lebih bahagia. Oleh sebab itu, jika ingin menghilangkan ketegangan baik secara fisik dan mental, sebaiknya tertawalah. Ini juga yang menjadi alasan pada setiap acara untuk diselingi ‘ice breaking’ agar audience atau pendengar tidak merasa begitu tegang dalam mengikuti suatu kegiatan.

Memberikan Energi Positif

Terakhir, manfaat mengejutkan yang kelima dari tertawa ialah bahwa dengan tertawa kamu bisa mendapatkan sekaligus menyebarkan energi positif untuk dirimu maupun untuk orang lain. Tertawa amat berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang.

Banyak orang menghadapi depresi, kesedihan, dan kecemasan setiap harinya. Hal ini kerap membuat kamu merasa kesulitan dalam menghadapinya. Namun demikian, tertawa rupanya menjadi salah satu obat terbaik. Hal ini karena dengan tertawa, kamu akan lebih optimis dan percaya diri dalam menjalani hidup.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading