Sukses

Lifestyle

10 Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Jahe merupakan tanaman jenis rimpang yang sangat terkenal di dunia kesehatan maupun kecantikan. Dari zaman dahulu, tanaman jahe ini dikenal sebagai tanaman herbal yang bisa membantu mengobati beberapa macam penyakit yang menyerang tubuh manusia.

Jahe memiliki kandungan yang bersifat sebagai antiinflamasi, antibakteri dan antioksidan yang baik untuk mengobati berbagai macam penyakit, meningkatkan sistem imunitas tubuh dan merawat kecantikan kulit.

Jahe sangat cocok untuk dinikmati pada saat malam hari, karena jahe bisa membantu menghangatkan badan dan mengatasi sakit flu. Berikut 10 manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan, dilansir dari Liputan6.com:

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Saat sedang tidak badan, biasanya disarankan untuk mengonsumsi minuman jahe, agar tubuh menjadi lebih segar dan lebih hangat. Jahe memiliki kandungan yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat, dan tidak mudah terinfeksi oleh virus. Selain membantu menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat, jahe juga memiliki beberapa manfaat lain yaitu:

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Jahe dipercaya bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga terhindar dari penyakit kembung, sembelit dan asam lambung yang sering menyerang sistem pencernaan.

2. Menyembuhkan Migrain

Saat orang mengalami migrain atau sakit kepala, biasanya ditandai dengan mual dan terlalu peka terhadap suara atau cahaya. Rutin mengonsumsi jahe bisa membantu menyembuhkan migrain.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Jahe bisa membantu menjaga kesehatan jantung, karena kandungan yang terdapat di dalam jahe bisa membantu melancarkan aliran darah di dalam tubuh, dan membantu mengontrol tekanan darah agar tidak menyebabkan hipertensi.

4. Mencegah Diabetes

Minuman jahe juga cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Karena kandungan yang terdapat di dalam jahe bisa membantu mengontrol kadar gula darah, mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid.

5. Melegakan Tenggorokan

Karena jahe memiliki sifat sebagai antiinflamasi, sehingga jahe mampu menyembuhkan penyakit tenggorokan, yang biasanya disebabkan karena infeksi virus.

Manfaat Jahe untuk Kecantikan

Selain membantu menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi jahe juga baik untuk menjaga kecantikan kulit. Karena kandungan antiinflamasi, antibakteri dan antioksidan yang mampu mengatasi masalah kulit seperti kulit berjerawat. Berikut beberapa manfaat jahe untuk kecantikan:

1. Mengatasi Jerawat

Jahe memiliki sifat sebagai antibakteri yang bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, sifat antiinflamasi yang terkandung di dalam jahe, bisa membantu menyembuhkan peradangan karena jerawat.

2. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini disebabkan karena faktor usia, terlalu sering terkena sinar matahari, terlalu sering menggunakan riasan dan lain sebagainya. Sifat antioksidan yang terdapat di dalam jahe, bisa membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.

3. Mengencangkan Kulit

Sifat antioksidan yang terdapat di dalam jahe, juga bisa membantu mengencangkan kulit, karena antioksidan membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit.

4. Menghilangkan Selulit

Selulit yang tampak pada kulit, biasanya disebabkan karena obesitas atau sedang hamil. Jahe memiliki manfaat untuk menghilangkan selulit. Karena jahe bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu regenerasi sel kulit.

5. Mencerahkan Kulit

Kandungan yang terdapat di dalam jahe, bisa membantu mencerahkan kulit yang belang akibat paparan sinar matahari. Selain mencerahkan, jahe juga bisa membuat kulit menjadi lebih halus.

Resep Minuman Teh Jahe dan Lemon

Jahe bisa diolah menjadi wedang jahe, yang dicampur dengan teh dan lemon. Perpaduan tiga bahan ini bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Bahan yang diperlukan:

  • 750 ml air
  • 2 batang serai
  • 2 cm jahe parut
  • 1 sdm teh hitam
  • Lemon 
  • 1 sdm madu atau sesuai selera

Cara membuat:

  1. Semua bahan direbus kecuali buah lemon. Setelah air rebusan tinggal setengah, angkat dan saring.
  2. Sajikan dengan cara memasukkan potongan lemon sesuai selera.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading