Sukses

Lifestyle

Bacaan Doa Sesudah Makan, Lengkap Beserta Hadistnya

Fimela.com, Jakarta Sebagai umat muslim, aktivitas seperti belajar, pergi ke suatu tempat, bahkan makan sekalipun memiliki doa dan adabnya. Hal ini perlu diatur bukan untuk merepotkan tetapi untuk keselamatan dan kebaikan kita sebagai manusia.

Hendaknya suatu aktivitas selalu diiringi dengan doa agar kita senantiasa diberi perlindungan oleh Allah SWT. Ketika berdoa, kita berharap agar segala aktivitas yang kita lekukan selalu lancar dan berkah serta terhindar dari godaan setan yang terkutuk.

Apalagi untuk aktivitas makan sehari-hari, sebaiknya kita mengawalinya dengan doa dan menutupnya juga dengan doa agar makanan yang kita konsumsi menjadi berkah dan menyehatkan tubuh. Nah, maka dari itu, kamu perlu tahu bacaan doa sebelum dan sesudah makan agar dapat diterapkan dalam kehidupan.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan bacaan doa sesudah makan, lengkap beserta haditsnya. Dilansir dari Liputan6.com, simak bacaan doanya berikut ini.

Bacaan Doa Sebelum Makan

Sebelum mengonsumsi makanan, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa sebelum makan. Hal ini dianjurkan sebagai bentuk rasa syukur karena telah diberi rizki untuk bisa makan dengan makanan yang layak dan didapatkan dengan cara yang halal. Berikut doa sebelum makan:

“Alloohumma barik lanaa fiimaa razatanaa waqinaa ‘adzaa bannar”

Artinya :

“Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka”.

Doa Sesudah Makan

Sesudah makan pun, kita dianjurkan untuk membaca doa sebagai wujud rasa syukur atas rizki makanan yang telah kita konsumsi sehingga kita terhindar dari kelaparan. Adab membaca doa sebelum dan sesudah makan hendaknya diajarkan pada anak sejak dini dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut bacaan doa sesudah makan:

“Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin“

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam”.

Hadits Tentang Doa Sebelum Makan

Anjuran untuk membaca doa saat akan mengonsumsi makanan hingga sesudahnya telah diriwayatkan dalam hadits. Selain itu, terdapat beberapa hadits yang menganjurkan membaca bismilah baik sebelum maupun sesudah makan. Sebagaimana disebutkan oleh An Nawawi dalam kitabnya Al Adzkar:

روينا في كتاب ابن السني عن عبد اللّه بن عمرو بن العاص رضي اللّه عنهما عن النبيّ صلى اللّه عليه وسلم أنه كان يقول في الطعام إذا قُرِّبَ إليه : ” اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا فِيما رَزَقْتَنا وَقِنا عَذَابَ النَّارِ باسم اللَّهِ “

Telah diriwayatkan dalam kitab Ibnus Sunni dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa ketika makanan didekatkan kepadanya, beliau biasa mengucapkan “Allahumma baarik lanaa fii maa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar, bismillah”.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading